Kenali Refleks Rooting pada Bayi

Kenali Refleks Rooting pada Bayi

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Refleks rooting memungkinkan bayi yang baru lahir menemukan payudara atau botol untuk mulai menyusu. Ini adalah salah satu dari beberapa refleks atau gerakan tak sadar, yang digunakan bayi sejak lahir untuk membantu mereka melewati minggu atau bulan pertama kehidupan mereka.

Bayi yang baru lahir mungkin mengandalkan refleks rooting selama beberapa bulan pertama kehidupannya, tetapi sekitar 3 minggu kebanyakan bayi baru lahir akan memutar kepalanya secara alami dan dapat menggerakkan kepalanya ke posisinya untuk mulai mengisap. 

Refleks rooting bisa terjadi saat sudut mulut bayi menyentuh kulit atau puting. Anda juga dapat memicu refleks dengan mengelus atau menyentuh lembut sudut mulut bayi. Bayi kemudian akan secara refleks akan memutar kepalanya untuk mengikuti dan “mengakar” ke arah itu.

Mengenal Refleks Rooting pada Bayi

Jika bayi Anda merasakan sentuhan kulit di wajahnya, instingnya adalah mengarahkan wajahnya ke arah sentuhan dan menemukan puting susu. Ini membantu bayi Anda berkomunikasi bahwa mereka lapar dan perlu disusui.

Refleks menghisap berjalan seiring dengan refleks rooting. Begitu puting susu — apakah itu payudara atau botol — menyentuh langit-langit mulutnya, bayi akan mulai mengisap secara otomatis. Mereka secara naluriah tahu bahwa rooting akan menghasilkan puting susu dan mengisap berarti nutrisi.

Penting untuk dipahami bahwa meskipun dimulai sebagai refleks, pada akhirnya rooting pada bayi Anda akan berkembang menjadi keterampilan menyusui yang terasah dengan baik. Pada saat itu, refleks akan menjadi respons sadar untuk menyusui atau mengambil botol.

Berapa Lama Refleks Bertahan?

Refleks ini berlangsung hingga bayi Anda berusia empat bulan. Saat bayi semakin baik dalam menyusu, refleks rooting akan mulai hilang. Bayi akan semakin baik dalam memahami menyusui atau minum botol.

Mereka tahu bahwa mereka tidak perlu mencari-cari puting karena mereka akan diberi makan secara teratur. Mereka belajar tentang isyarat lapar sebagai gantinya dan tidak menanggapi setiap sentuhan dengan kebutuhan untuk menyusui. Jika ditawari botol atau, bayi Anda mungkin akan memalingkan muka jika sudah kenyang.

Dengan setiap tonggak kognitif si kecil Anda akan mengembangkan kemandirian yang lebih besar. Mereka akan lebih sadar tentang apa yang terjadi, menguji bagaimana mereka dapat terhubung dan bereaksi, selangkah demi selangkah.

Apalah Refleks Rooting Tanda Bayi Lapar?

Kadang-kadang refleks rooting sepertinya berteriak “beri aku makan”, saat bayi Anda mencoba melakukan root pada apa pun yang mereka bisa – boneka, mainan, bahkan baju Anda. Tapi, rooting reflex juga bisa terjadi saat menjelajahi lingkungan sekitar atau lelah dan berusaha menenangkan diri untuk kembali tidur. Jadi, jika disertai pemicu lain dari lingkungan maupun sentuhan maka itu bisa menjadi tanda yang salah dan bukan tanda lapar.

Baca Juga: Perkembangan Oromotor Bayi yang Tepat

Sumber

Cleveland Clinic. (2022). Rooting Reflex. my.clevelandclinic.org

WebMD. (2021). What Is the Rooting Reflex?. www.webmd.com

Nested Bean. (2022). Rooting Reflex in Newborn. www.nestedbean.com