Kenali Manfaat Casein Protein

walmart.com
Casein Protein merupakan salah satu jenis protein yang paling dominan dalam kandungan susu sapi. Ketika dilakukan proses penyaringan susu seperti pada pembuatan keju, bagian yang larut disebut whey, sementara pada bagian yang mengendap terdapat casein. Casein membentuk 80% dari susu, dan whey merupakan 20% sisanya. Keduanya memiliki kandungan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Casein dan whey juga sama-sama bekerja untuk pembentukan dan pemulihan otot pada tubuh. Namun, jika whey protein sangat cepat diserap oleh tubuh, casein protein lebih lambat dicerna. Tubuh memerlukan waktu 5-7 jam untuk mencerna casein. Baca Juga : Mengenal Whey Protein

Tekstur dan Rasa

Umumnya casein tersedia dalam rasa coklat, vanila, pisang, dan strawberry. Casein perlu dilarutkan dalam air. Tekstur casein seperti susu biasa, hanya saja saat masuk ke dalam perut akan berubah menjadi gel dan melepaskan asam amino secara perlahan.

Manfaat Casein Protein

1. Kenyang Lebih Lama

Casein yang berubah menjadi gel di perut serta proses penyerapannya yang perlahan akan membuat kenyang lebih lama. Karena itu casein biasa dikonsumsi sebelum tidur untuk mencegah rasa lapar, serta untuk menjaga keseimbangan protein dalam tubuh saat beristirahat.

2. Membangun dan Memulihkan Massa Otot

Casein juga dikenal sebagai antikatalobik untuk mencegah kerusakan otot, membangun massa otot, memelihara jaringan otot, serta membantu dalam pemulihan cidera otot karena menghasilkan aliran aminos yang stabil. Sehingga, membantu penyembuhan otot berjalan lebih cepat. Casein juga tinggi kandungan leucin, salah satu kelompok asam amino esensial yang membantu dalam memperbaiki kerusakan otot.

3. Menjaga Protein dalam Tubuh dan Otot

Keunggulan casein sebagai salah satu jenis protein karena tingkat penyerapan yang lebih lambat dari saluran pencernaan ke darah. Sehingga, selain suplai protein yang tetap terjaga, pembentukan massa otot juga tetap berjalan bahkan saat anda tidur.

4. Menurunkan Kadar Lemak dalam Tubuh

Konsumsi susu casein sangat bermanfaat bagi manajemen berat badan. Casein akan mencegah anda merasa lapar dan ingin ngemil saat malam. Pola makan anda juga akan lebih terkontrol karena kerja lambat casein dalam pencernaan membuat anda kenyang lebih lama. Sisa-sisa lemak dalam tubuh anda akan terbakar, dan otomatis anda bisa melakukan defisit kalori.

5. Mengurangi Radikal Bebas pada Tubuh

Salah satu kandungan dari rantai asam amino yang terdapat pada casein adalah peptida. Bioaktif peptida pada casein dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh. Antioksidan pada casein juga akan memberikan efek terhadap peningkatan imunitas tubuh, sehingga badan terasa lebih segar dan fit.

Waktu Konsumsi dan Cara Konsumsi

Karena casein lebih lama diserap tubuh, cara mengkonsumsinya bukan saat akan berolahraga seperti whey, namun sebelum tidur. Casein menjaga ketersediaan protein dan asam amino dalam tubuh lebih lama, khususnya saat beristirahat. Sejak tidur hingga bangun tubuh anda tetap menyimpan protein. Sehingga sangat baik untuk pemulihan dan pertumbuhan otot. Ada berbagai cara konsumsi casein protein. Cara yang paling sering digunakan adalah dengan melarutkan dua sendok susu casein dalam segelas air, atau kocok dalam shaker bottle. Bisa juga diblander dengan air dan es batu. Jika bosan dengan cara di atas, anda juga bisa berkreasi dengan menambahkan sedikit air pada bubuk casein hingga bertekstur creamy, lalu masukan dalam freezer selama 10 menit. Casein akan menjadi seperti ice cream, sangat cocok jika anda membeli casein dengan rasa seperti coklat, pisang, dan strawberry.

Sumber : APKI. Kasein, Salah Satu Jenis Protein Terbaik. www.apki.or.id Casein Protein. www.theproteinworks.com Jeff. Whey vs. Casein Protein : Which is better for you?. www.nutritionexpress.com Oktariani Putri. Kasein : Salah Satu Jenis Protein Terbaik.  Jakarta : Indonesia Fitness Trainer Association Rudy Mawer. (2016). Why Casein is One of The Best Proteins You Can Take. www.healthline.com What’s Difference Between Whey and Casein . www.bodybuilding.com