Kenali Jenis Gangguan Kecemasan dan Gejalanya

kecemasan
Image : www.cbhs.com.au

Penulis: Dita | Editor: Atsa

Kecemasan adalah bentuk emosi yang wajar dan hampir semua orang pernah mengalaminya. Rasa cemas saat baru tempat kerja, rasa cemas karena kesulitan keuangan hingga rasa cemas karena hubungan dengan pasangan. Tapi kecemasan bisa lebih berbahaya dari penyebabnya dan bisa mengganggu keseharian Anda. Jika ini yang Anda alami, ada kemungkinan Anda mengalami gangguan kecemasan atau yang lebih dikenal dengan istilah anxiety disorder.

Bagi orang-orang yang memiliki gangguan kecemasan, rasa khawatir dan ketakutan datangnya konstan dan kadang di luar batas. Di saat orang lain menganggap masalah tersebut adalah hal biasa, penderita anxiety disorder cenderung merasakan tekanan yang berlipat. Perasaan itu kadang menghalangi mereka untuk bisa beraktivitas dengan normal. Tapi tidak usah khawatir karena dengan pengobatan dan perawatan yang tepat, penderitanya bisa menjalani hidup normal kembali.

Jenis-Jenis Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan bisa datang dengan berbagai bentuk sebagai berikut:

1. Panic Disorder

Panic disorder adalah ketika Anda merasakan serangan kecemasan mendadak. Penderita biasanya akan berkeringat, merasakan nyeri di dada dan jantung yang berdegup kencang. Kadang ada perasaan tercekik seperti sedang terkena serangan jantung.

2. Social Anxiety Disorder

Dikenal dengan nama lain fobia sosial, social anxiety disorder adalah kondisi ketika penderita merasakan kecemasan dan rasa khawatir berlebihan pada situasi sehari-hari. Misalnya saja ketika Anda mendapatkan undangan dari teman-teman sekolah dulu, Anda sudah merasa khawatir kalau Anda akan dipermalukan atau orang-orang akan menilai Anda seenaknya di acara tersebut.

3. Fobia

Fobia atau ketakutan yang berlebih terhadap sesuatu juga termasuk ke dalam jenis gangguan -kecemasan. Fobia ini bermacam-macam jenisnya. Ada yang takut ketinggian, takut ruang sempit dan takut pada objek tertentu. Rasa takut yang muncul ini umumnya melebihi dari apa yang dirasakan orang pada umumnya dan membuat penderita berusaha menghindarinya sekuat tenaga.

4. Gangguan Kecemasan Umum

Gangguan kecemasan umum adalah hal yang juga umum terjadi pada penderita anxiety disorder. Penderita biasanya merasakan rasa cemas dan ketakutan yang tidak masuk akal. Kadang rasa cemas bahkan muncul karena alasan kecil atau tanpa alasan sama sekali.

Baca Juga: Cara Tingkatkan Serotonin agar Terhindar dari Depresi

Gejala Gangguan Kecemasan

Adapun gejala yang sering muncul pada penderita anxiety disorder adalah sebagai berikut:

  • Rasa cemas berlebih. Rasa cemas berlebih adalah gejala yang paling umum yang sering muncul. Jika Anda merasakan kecemasan terhadap sesuatu yang dirasakan sepanjang hari dalam jangka waktu setidaknya 6 bulan dan sulit dikontrol, bisa jadi itu adalah tanda Anda mengalami gangguan kecemasan.
  • Merasa gelisah. Ketika seseorang merasa cemas, saraf simpatik akan bereaksi berlebih. Ini bisa menyebabkan denyut nadi menjadi cepat, telapak tangan berkeringat, tangan gemetar dan mulut kering. Ini adalah reaksi yang menunjukkan bahwa tubuh sedang merasakan adanya bahaya.
  • Merasa resah. Ketika Anda mengalami rasa cemas, biasanya akan terlihat dari gerak-gerik tubuh yang tidak seperti biasanya. Misalnya Anda jadi sering mondar-mandir sendiri atau melakukan sesuatu berulang-ulang tanpa sadar.
  • Mudah lelah. Mudah lelah merupakan salah satu gejala yang sering muncul pada gangguan kecemasan umum. Masih belum jelas apakah kelelahan ini disebabkan karena sulit tidur atau tegang otot (yang sering dialami ketika seseorang mendapatkan serangan kecemasan) atau karena faktor hormon dari kecemasan kronis. Perlu diingat bahwa mudah lelah juga bisa menjadi pertanda depresi atau gangguan kesehatan lainnya jadi tidak bisa dijadikan sebagai acuan tunggal untuk mendiagnosis anxiety disorder.
  • Susah berkonsentrasi dan mudah marah. Hampir 90% dari orang yang mengalami gangguan kecemasan mengaku sulit berkonsentrasi. Sebanyak 90% dari penderita gangguan kecemasan umum juga mudah tersinggung dan marah ketika kecemasan sedang mencapai puncak.

Tidak ada cara khusus untuk memprediksi tentang apa penyebab seseorang mengalami gangguan kecemasan. Tapi ketika rasa cemas yang Anda rasakan dirasa sudah melebihi batas normal, ada baiknya Anda mencari pertolongan tenaga medis karena seperti penyakit lain, kecemasan juga bisa semakin parah jika tidak segera ditangani. Jangan lupa untuk aktif beraktivitas, lakukan kegiatan yang Anda sukai serta hindari obat-obatan dan alkohol.

Baca Juga: Kenali Gejala Depresi Ringan

 

Sumber:
HelpGuide (2019). Anxiety Disorder and Anxiety Attacks. www.helpguide.org
Webmd (2017). What Are Anxiety Disorder? www.webmd.com
Mayo Clinic (2019). Anxiety Disorder. www.mayoclinic.org
Healthline (2018). 11 Signs and Symptoms of Anxiety Disorder. www.healthline.com