Kenali Asma : Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

Kenali Asma : Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

Penulis: Dita | Editor: Atsa

Asma adalah penyakit infeksi yang menyerang saluran udara menuju paru-paru. Penyakit ini akan membuat penderitanya susah bernapas bahkan kesulitan melakukan beragam aktivitas. Beberapa di antara kasus parah yang terjadi bahkan membuat penderitanya tidak bisa melakukan kegiatan tertentu yang bisa dilakukan oleh orang normal.

Pada seseorang yang normal, setiap kali bernapas udara akan masuk ke hidung menuju tenggorokan kemudian ke saluran udara lalu berakhir di paru-paru. Ada banyak saluran di paru-paru kita yang membantu penyebaran oksigen ke seluruh tubuh. Gejala asma terjadi ketika lapisan dari saluran udara membengkak dan otot-otot di sekitarnya mengencang. Akibatnya, lendir akan mengisi saluran udara dan mengurangi kapasitas udara yang bisa melaluinya. Di sinilah sesak akan muncul sebagai reaksi.

Baca Juga: Gejala dan Cara Pencegahan Pneumonia

Penyebab Asma

Asma bisa menyerang semua orang di berbagai rentang usia. Namun diagnosisnya biasanya sudah bisa dibaca sejak seseorang masih kanak-kanak. Masih belum jelas apa yang bisa menyebabkan munculnya gejala asma. Namun seperti yang kita ketahui, ada beberapa trigger yang bisa memicu serangan asma seperti kontak dengan udara atau bau-bauan tertentu hingga aktivitas fisik yang melelahkan. Ini bisa membuat penderitanya semakin sulit bernapas.

Selain itu, asma cenderung dapat kambuh karena temperatur yang dingin atau kelembapan yang tinggi. Merokok, obesitas hingga stress juga sebaiknya dihindari agar tidak menyebabkan kekambuhan yang berulang pada penderita.

Kombinasi dari faktor genetik dan lingkungan bisa menjadi penyebab semakin parahnya gejala asma seseorang. Beberapa faktor risiko yang harus diwaspadai antara lain:

  • Jenis kelamin. Anak laki-laki umumnya lebih banyak terdiagnosis asma saat masih kecil. Namun pada kasus orang dewasa, penderitanya justru lebih banyak wanita
  • Genetik. Anak yang lahir dari orang tua yang menderita asma, kemungkinan besar akan mengalami kondisi yang sama juga.
  • Sejarah kesehatan. Orang-orang yang memiliki riwayat kesehatan khusus seperti alergi dan eksim, memiliki risiko lebih tinggi menderita asma
  • Umur. Asma bisa muncul saat penderitanya sudah dewasa, tapi lebih banyak kasus terjadi sejak anak-anak
  • Lingkungan. Tinggal di kawasan dengan udara berpolusi akan meningkatkan risiko seseorang terkena asma
  • Berat badan. Anak-anak dan orang dewasa yang mengalami obesitas, memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita asma

Gejala dan Cara Mengobatinya

Tidak semua penderita mengalami gejala asma yang sama. Bahkan dari satu serangan ke serangan berikutnya, gejala yang muncul kadang berbeda. Sesekali gejala ringan muncul tapi tidak menutup kemungkinan akan terjadi yang lebih parah nantinya. Asma tidak menyebabkan demam, menggigil atau sakit tenggorokan. Gejala yang paling umum timbul antara lain adalah

  • Sering batuk
  • Napas memendek
  • Mengi/napas berdecit-decit
  • Dada terasa sempit

Pencegahan yang baik dapat menghentikan berbagai gejala asma yang mungkin Anda alami. Salah satunya adalah dengan menghindari trigger yang bisa memicu munculnya gejala. Penanganan yang paling umum untuk penderita asma adalah inhalers (bronchodilators) untuk membuka pembengkakan di saluran udara.

Pemberian obat-obatan jangka panjang mungkin akan dilakukan oleh tenaga kesehatan untuk mencegah asma yang diderita pasien semakin parah. Beberapa jenis pengobatan itu antara lain adalah pemberian kortikosteroid yang dihirup, pengubah Leukotriene, Theophylline dan lain sebagainya.

Untuk asma yang berhubungan dengan alergi, dokter mungkin akan memberikan anti alergi secara berkala. Jika obat asma jangka panjang dan inhaler tidak bisa membuat kondisi pasien membaik, ada terapi termoplasti bronkial yang bisa dilakukan. Namun untuk saat ini, pengobatan jenis ini masih belum tersedia secara luas.

Baca Juga: Pemicu Terjadinya Aritmia dan Pencegahannya

 

Sumber

Mayo Clinic (2018). Asthma. www.mayoclinic.org

Medical News Today (2018). What is Asthma? www.medicalnewstoday.com

Healthline (2018). What do You Want to Know About Asthma? www.healthline.com

Webmd (2018). Asthma and Cold. www.webmd.com



Add Your Comment