Jantung Berdebar Kencang saat Hamil, Apakah Berbahaya?

Jantung Berdebar Kencang saat Hamil, Apakah Berbahaya?

Penulis: Opie | Editor: Handa

Ketika mengandung, tubuh Anda mengalami banyak perubahan, salah satunya adalah detak jantung yang lebih cepat dari biasanya. Denyut jantung normal orang sehat adalah antara 60 dan 80 per menit. Namun selama kehamilan, sangat umum terjadi peningkatan denyut jantung hingga 100 denyut per menit.

Jika Anda dalam masa kehamilan dan jantung berdebar lebih kencang dari biasanya, Anda tidak perlu panik. Hal ini merupakan kondisi yang umum dialami oleh ibu hamil. Lantas, apa penyebab jantung berdebar lebih kencang saat hamil? Simak ulasan di bawah ini.

1. Peningkatan Volume Darah

Salah satu penyebab jantung Anda berdebar lebih dari biasanya adalah meningkatnya volume darah dalam tubuh. Ketika Anda memasuki trimester ketiga, sekitar 20 persen darah dari tubuh akan menuju ke rahim. Hal inilah yang membuat tubuh membutuhkan pasokan darah ekstra.

Oleh sebab itu, jantung harus memompa lebih cepat untuk meningkatkan suplai darah di dalam tubuh, sehingga janin di dalam kandungan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Akibatnya, denyut jantung ibu hamil bisa meningkat bahkan bertambah hingga 10-20 denyut per menit.

2. Perubahan Hormon

Peningkatan kadar hormon progesteron juga bertanggung jawab terhadap peningkatan denyut jantung selama kehamilan. Hormon ini memengaruhi kinerja jantung agar aliran darah di dalam tubuh dapat mencukupi kebutuhan janin di dalam kandungan. Selain itu, peningkatan hormon progesteron saat hamil juga memegaruhi perubahan fisik dan emosional.

3. Perubahan Ukuran Payudara

Selama dan setelah kehamilan, kelenjar susu akan mempersiapkan tubuh Anda untuk menyusui. Ketika jaringan dan ukuran payudara membesar, aliran darah ke kelenjar susu akan meningkat. Artinya, jantung Anda akan memompa lebih banyak darah dari biasanya, sehingga membuatnya semakin berdebar kencang.

4. Stres dan Cemas

Mencemaskan kesehatan bayi Anda selama kehamilan adalah hal yang wajar. Tetapi jika kekhawatiran tersebut muncul secara berlebihan, itu akan memengaruhi kesehatan mental dan fisik Anda.

Perlu diketahui bahwa stres pada wanita yang sedang hamil dapat meningkatkan beban kerja jantung. Akibatnya, detak jantung wanita hamil pun mengalami peningkatan.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Atasi Hipersalivasi saat Hamil

5. Pengaruh Obat

Mengonsumsi obat flu atau obat alergi yang mengandung pseudoefedrin selama kehamilan dapat menyebabkan detak jantung Anda meningkat. Peningkatan detak jantung ini merupakan tanda tubuh Anda bereaksi negatif terhadap obat-obatan tersebut.

Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsi obat-obatan tertentu, ada baiknya jika konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda. Hal ini untuk menghindari kondisi yang membahayakan bagi Anda dan janin yang ada di dalam kandungan.

6. Mengonsumsi Kafein Berlebihan

Pada kasus tertentu, denyut jantung berdebar saat hamil juga bisa disebabkan oleh konsumsi kafein yang berlebihan. Meski tidak minum kopi, jangan Anda pikir tidak terpapar kafein. Sebab, kafein juga bisa terkandng di dalam coklat, teh, atau soda.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membatasi mengonsumsi makanan atau minuman berkafein. Pasalnya, asupan kafein yang berlebihan pada ibu hamil tidak hanya menyebabkan jantung berdebar cepat, tapi juga dapat meningkatkan risiko terjadinya berat bayi lahir rendah bahkan keguguran.

7. Penyakit atau Kondisi Medis Tertentu

Selain minuman berkafein, kondisi kesehatan ibu hamil juga turut berpengaruh terhadap peningkatan debaran jantung. Jika menderita tiroid, anemia, atau gula darah rendah, maka Anda bisa mengalami peningkatan detak jantung.

Meski jantung berdebar bukan kondisi yang berbahaya, namun Anda tidak boleh menyepelekannya. Pasalnya, kondisi ini terkadang bisa mengindikasikan adanya penyakit tertentu yang berbahaya.

Baca Juga : Dampak Ibu Hamil Kekurangan Kalsium (Hipokalsemia)

Sumber


Firstcry Parenting.2019.Fast Heartbeat During Pregnancy.www.parenting.firstcry.com
Healthline. 2017. Should Heart Palpitations During Pregnancy Concern Me?. www.healthline.com
Medical News Today. 2018. How to stop heart palpitations during pregnancy. www.medicalnewstoday.com
Southgate Medical Centre. Heart Palpitations And Pregnancy. southgatemedical.com.au
Verywell Family.2020.Heart Palpitations in Pregnancy.www.verywellfamily.com



Add Your Comment