Jaga Janin Anda dengan 7 Buah-buahan ini

Image: energytherapy.com

Penulis : Helen | Editor : Nia Happy

Salah satu cara menjaga rahim Anda selama dalam proses mengandung, adalah mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, yang sehat untuk janin. Hal ini bermanfaat untuk pemenuhan gizi untuk ibu hamil dan Janin. Menurut penelitian, jika ibu hamil tidak mengkonsumsi buah dan sayuran terutama dalam trimester pertama, hal ini berpengaruh pada perubahan secara fisiologi dan metabolisme dalam rahim, sehingga memicu munculnya berbagai penyakit.

Namun, tidak semua buah-buahan cocok untuk dikonsumsi selama proses hamil, lho. Kira-kira buah-buahan apa saja ya yang baik dikonsumsi bagi ibu hamil?

Baca Juga : 6 Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil Agar Janin Sehat

1. Mangga

Buah yang berbentuk lonjong dan warna hijau kekuningan ini, ternyata cocok untuk ibu hamil lho. Mengapa demikian? Mangga kaya akan vitamin A dan C. Vitamin A pada mangga dapat membantu pembentukan gigi dan tulang bayi, serta melancarkan perkembangan sistem mata, sistem jantung, paru-paru, hingga ginjal pada bayi Anda lho.

Namun Anda perlu mengontrol dalam mengonsumsinya, sebab makan mangga berlebihan dapat menyebabkan sakit perut dan diare. Tidak hanya itu, mangga juga termasuk buah yang tinggi gula, sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat meningkat berat badan saat hamil. Untuk itu, konsumsilah sewajarnya ya!

2. Pisang

Selain cocok untuk para wanita yang sedang menjalankan program diet, pisang ternyata cocok juga untuk para wanita yang sedang mengandung. Kira-kira kandungan apa yang ada di dalam pisang? Pisang adalah sumber kalium lain yang baik. Mereka juga mengandung vitamin B-6, vitamin C, dan serat.

Sekitar setengah dari semua wanita mengalami sembelit selama kehamilan. Sembelit selama kehamilan dapat disebabkan oleh tekanan uterus pada usus. Dengan mengonsumsi pisang kaya serat dapat membantu Anda menghilangkan rasa sembelit lho. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa vitamin B-6 pada pisang dapat membantu meringankan mual dan muntah di awal kehamilan.

3. Apel

Apel dikemas dengan nutrisi untuk membantu pertumbuhan janin, termasuk vitamin A dan C, serat, kalium. Satu studi menemukan bahwa makan apel saat hamil dapat mengurangi kemungkinan bayi terserang asma dan alergi seiring waktu. Apel baik untuk sistem kekebalan tubuh selama kehamilan dan kaya akan vitamin C, A, E, D.

Apel memiliki antioksidan, yang penting untuk pertumbuhan bayi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan apel mengurangi risiko asma dan eksim, yang dapat memengaruhi anak Anda di kemudian hari. Apel juga merupakan sumber serat yang sangat baik, yang baik untuk sistem pencernaan Anda.

4. Aprikot

Aprikot memiliki rasa yang lezat. Baik daging buah maupun bijinya bisa dimakan. Dilansir dari Healthline (21/3/2019), Aprikot merupakan buah yang cocok untuk wanita yang sedang mengandung lho. Beberapa kandungan vitamin di dalam buah Aprikot juga dibutuhkan untuk menjaga kandungan.

Aprikot memiliki semua nutrisi yang mampu membantu perkembangan bayi untuk menjadi sehat, karena buah ini vitamin A, C, E, Beta Karoten, Fosfor, Silikon, Kalsium, Zat Besi dan potassium. Seberapa sering kita boleh mengkonsumsi Aprikot? Anda bisa mengkonsumsi dua hingga empat Aprikot setiap hari. Dagingnya juga bermanfaat dikonsumsi selama masa kehamilan dan ibu menyusui juga lho.

5.  Jeruk

Buah berbentuk bulat berwarna kuning ini, ternyata juga merupakan buah yang baik untuk para wanita yang sedang mengandung. Jeruk adalah sumber yang bagus untuk mendapatkan nutrisi bagi Anda yang sedang dalam masa mengandung, hal ini dikarenakan  Jeruk memiliki kandungan folat, Vitamin C dan air.

Jeruk sangat bagus untuk menjaga seseorang terhindar dari dehidrasi serta menjaga tubuh tetap dalam keadaan sehat. Vitamin C dapat membantu mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi.

Folat dapat membantu mencegah bayi kita terkena cacat tabung saraf, yang dapat menyebabkan kelainan otak dan sumsum tulang belakang.

Cacat tabung saraf dapat menyebabkan kondisi seperti spina bifida, di mana sumsum tulang belakang tidak berkembang dengan baik, dan anencephaly, yaitu sebagian besar otak dan tengkorak hilang.

6. Stroberi

Jika Anda mendengar kata Stroberi, dibenak Anda pasti tersirat buah yang kecil dan rasanya masam, Sehingga mungkin tidak banyak orang yang suka mengkonsumsi buah ini. Namun, siapa sangka dibalik rasanya yang asam, buah berwarna merah ini juga cocok untuk ibu hamil juga lho. Mengkonsumsi satu mangkok stroberi, dapat membuat Anda memiliki nutrisi, vitamin serta serat. Seperti mangga, stroberi memiliki kandungan folat yang tinggi serta potassium yang dibutuhkan oleh si janin agar membuat tulangnya menjadi kuat.

7. Semangka

Selain cocok untuk dibuat rujak ataupun pencuci mulut, Semangka juga buah yang cocok untuk para wanita yang sedang dalam masa mengandung. Mengapa demikian? Semangka jadi sumber vitamin A, C, B6, magnesium, dan potasium.

Semangka juga banyak mengandung mineral dan kaya serat yang ideal untuk kondisi ibu hamil. Ditambah lagi, semangka membantu mengatasi mual selama morning sickness. Di trimester terakhir, semangka berkhasiat untuk mengurangi dari heartburn, bengkak pada tangan dan kaki, kram otot, serta terhindar dari dehidrasi karena kandungan airnya yang melimpah.

Nah, tujuh buah ini tidak susah dicari bukan? Jadi, untuk bayi yang sehat konsumsilah buah-buahan dan makanan sehat lainnya ya!

Baca Juga :  Mengenal Prenatal Yoga Bagi Ibu Hamil

Source :
Medicalnewstoday. (2018) Which fruits should you eat during pregnancy?.www.medicalnewstoday.com
healthline.(2016). 7 Nutritious Fruits You’ll want to Eat during pregnancy. www.healthline.com
Momjunction(2018) 24 Nutritious Fruit to eat during pregnancy. www.momjunction.com
LiveScience(2018). Pregnancy Diet & Nutrition : What to eat, what not to eat. www.livescience.com