Inilah 5 Manfaat Ikan Kakap Merah untuk Bayi

Inilah 5 Manfaat Ikan Kakap Merah untuk Bayi

Penulis: Dhiya | Editor: Niahappy

Ditinjau oleh: dr. Putri Purnamasari

Terakhir ditinjau: 15 Juli 2020

 

Ikan adalah salah satu hewan air yang kerap kali dijadikan sebagai menu harian yang sehat. Mengonsumsi ikan tertentu membuat kita mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Salah satunya adalah ikan kakap merah yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Tidak hanya orang dewasa, bayi pun dapat mengonsumsi ikan yang satu ini. Ikan kakap merah adalah cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi penting bagi bayi. Selain enak dan sehat, ikan kakap merah memiliki beberapa manfaat kesehatan untuk bayi Anda, simak ulasan selengkapnya berikut ini:

Baca Juga : Tips Memilih Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

1. Sebagai Metabolisme Tubuh

Pada umumnya kondisi tubuh bayi masih rentan terhadap berbagai penyakit. Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda bisa menyajikan ikan kakap merah untuk bayi Anda. Ikan kakap merah mengandung beberapa jenis mineral seperti selenium, magnesium, dan kalium yang dibutuhkan dalam tubuh bayi. Selenium berperan sebagai antioksidan dan menangkal radikal bebas, magnesium membantu memproduksi energi, serta kalium yang sangat dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil.

Selain itu, terdapat potasium berperan sebagai metabolisme tubuh. Semua kandungan tersebut akan menjaga sistem imun sistem bayi Anda sehingga mencegah bayi dari infeksi atau penyakit. Selain itu, ikan kakap merah juga dapat membantu peningkatan sel darah putih yang dapat memerangi bakteri atau virus.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Ikan kakap merah mengandung vitamin A yang merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin A memiliki manfaat untuk menjaga organ penglihatan. Bentuk vitamin A adalah retinoid dan beta karoten yang keduanya dapat ditemukan dalam ikan kakap merah.

Karena dikenal dengan kandungan vitamin A yang tinggi, dengan hanya 3 ons kakap merah yang dimasak, maka kebutuhan vitamin A harian bayi Anda dapat terpenuhi. Selain itu, vitamin A juga berperan dalam memproduksi sel-sel di dalam tubuh. Jika bayi Anda mendapatkan jumlah vitamin A yang cukup, maka dapat terhindar dari masalah kesehatan mata sedini mungkin.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Tidak hanya orang dewasa, bayi pun perlu diperhatikan kesehatan jantungnya. Kandungan potasium dalam ikan kakap merah dapat berperan dalam kontraksi jantung. Selain itu, kandungan omega-3 dalam ikan kakap merah dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Setiap 3 ons ikan kakap merah yang dimasak, menyediakan 41 miligram asam eikosapentaenoat dan 232 miligram asam docosahexaenoic.

4. Mencegah Gigi Berlubang

Kesehatan gigi harus diperhatikan sejak bayi supaya anak Anda tidak berisiko mengalami masalah gigi di masa depan. Terutama jika bayi Anda senang mengonsumsi makanan manis yang dapat berisiko pada kerusakan gigi. Ikan kakap merah mengandung kalsium yang dapat menjaga kesehatan gigi bayi.

Mirip dengan tulang, gigi juga membutuhkan mineral kalsium untuk mencegah gigi bayi Anda dari gigi berlubang. Karena jika gigi bayi berlubang, maka berpengaruh pada berkurangnya nafsu makan yang akan berpengaruh pada kesehatan organ tubuhnya.

5. Mengontrol Berat Badan

Jika biasanya orang dewasa yang khawatir dengan berat badan, bayi juga harus Anda perhatikan berat badannya. Jangan sampai masa pertumbuhannya membuat ia berlebihan dalam mengonsumsi segala makanan yang akan berdampak pada kesehatan tubuhnya. Ikan kakap merah mengandung protein tinggi yang dapat menjadi nutrisi yang memuaskan untuk pencernaan dan mengurangi rasa lapar.

Satu porsi ikan kakap merah seberat 3 ons hanya mengandung 109 kalori dan 22 gram protein. Ikan kakap merah tidak hanya bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan yang berlebihan, namun ikan yang satu ini juga bermanfaat untuk mengurangi riisko diabetes dan osteoarthritis.

Selain manfaat di atas, Anda juga harus memperhatikan penyajian ikan kakap merah yang baik untuk bayi Anda. Karena cara menyajikannya akan mempengaruhi pada nilai gizi dan manfaaat kesehatan dari ikan kakap merah ini. Untuk bayi Anda, sebaiknya berikan ikan kakap merah yang diolah menjadi sup yang dicampur dengan sayuran hijau. Sehingga kandungan nilai gizi pada ikan kakap merah tidak akan hilang.

Baca Juga : Manfaat Memberikan Finger Food pada Bayi

Sumber:
Manfaat.co.id. (2018). 10 Manfaat Ikan Kakap untuk Bayi Sebagai Asupan Nutrisi Sehat. www.manfaat.co.id 
Indonesia Tuna Factory. (2018). Red Snapper Fish Benefits. www.redsnapperfish.com
DrHealthBenefts.com. (2018).  15 Proven Health Benefits of Red Snapper Fish. Drhealthbenefits.com
Oureverydaylife. What Are the Health Benefits of Red Snapper? Oureverydaylife.com