7 Cara Hilangkan Lingkaran Hitam pada Mata Panda

Image: theactivetimes.com

Masalah lingkaran hitam kantung mata atau biasa disebut mata panda, sering jadi bahan diskusi para wanita maupun pria. Berbagai tips mulai dari cara tradisional hingga operasi bisa jadi solusi untuk masalah yang satu ini.

Hal yang perlu disadari adalah banyak penyebab timbulnya warna hitam pada kantung mata. Penanganan yang tepat sesuai penyebab akan lebih efektif dilakukan.

Baca Juga: 7 Penyebab Lingkaran Hitam pada Mata Panda

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Soal kesehatan kulit, vitamin C, E, dan K tidak akan pernah lepas. Sebab ketiganya punya peranan penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik.

Vitamin C

Vitamin C berperan dalam produksi kolagen. Kolagen merupakan protein tubuh yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan jaringan.

Konsumsi  makanan kaya akan vitamin C akan membuat lingkaran hitam kantung mata tersamarkan. Contohnya adalah buat citrus (lemon, orange), anggur, dan jambu.

Vitamin E

Vitamin E bertindak sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas, sebabkan kulit lebih cerah. Vitamin E juga bisa redakan bengkak dan pudarkan lingkaran mata hitam. Anda bisa temukan vitamin E dalam sayuran hijau serta kacang-kacangan.

Vitamin K

Selain vitamin E, sayuran hijau juga mengandung vitamin K. vitamin ini sering digunakan sebagai bahan krim perawatan wajah karena sifatnya sebagai anti koagulan.

Dengan sifatnya tersebut, vitamin K dapat mengencangkan dan menjaga pembuluh darah agar tetap sehat. Sebab, pembuluh darah yang melebar dapat timbulkan lingkaran hitam pada mata.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

2. Air

Lingkaran hitam mata juga bisa jadi karena dehidrasi. Kulit jadi kering dan pucat, sehingga pembuluh darah di bawah mata terlihat hitam. Oleh sebab itu, konsumsi cairan sebanyak 2 liter sehari agar kulit terhidrasi dengan baik

3. Istirahat Cukup

Saat terlalu lelah atau bergadang, kulit akan terlihat lebih pucat. Hal ini membuat pembuluh darah dan lingkaran hitam terlihat lebih jelas.

Hindari bergadang karena dapat sebabkan anemia dan berujung pada kulit pucat. Tidur lah 8 jam sehari untuk mengistirahatkan tubuh dan mata. Hindari pula menatap layar terlalu lama.

4. Kompres Air Dingin

Terkadang lingkaran hitam terjadi karena pembuluh darah sekitar mata yang melebar dan bengkak. Air dingin bisa bantu redakan peradangan tersebut. Kompres selama 20 menit dengan handuk lembut agar kulit tidak iritasi.

5. Gunakan Sunscreen & Pelembab

Salah satu penyebab lingkaran hitam pada mata panda adalah sengatan matahari langsung. Akibatnya kulit memproduksi lebih banyak melanin, pigmen pemberi warna coklat pada kulit. Daerah pada mata pun tampak lebih hitam.

Gunakan sunscreen dan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit anda. Penambahan topi, masker, dan kacamata juga sebaiknya dilakukan agar kulit terhindar dari terik matahari langsung

Baca Juga: Tips Memilih Sun Protection yang Tepat untuk Kulit Sensitif

6. Rutin Gunakan Masker Wajah

Masker wajah mengandung vitamin dan mineral yang bisa bantu regenerasi sel kulit. Masker wajah sederhana dari susu, air mawar, aloe vera, kunyit, tomat maupun madu punya efek anti radang yang bantu pemulihan kulit.

Jika tidak ingin ribet, masker instan pun tidak masalah. Hanya saja perlu pandai memilihnya sesuai jenis kulit anda.

Baca Juga:  9 Masker Wajah Homemade Ampuh, Praktis & Ekonomis

7. Krim Wajah

Krim wajah yang mengandung hidrokuinon, asam glikolat, asam azelat, dan asam kojik bisa cerahkan kulit dan samarkan lingkaran hitam. Untuk dosis serta pengunaannya harus konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Ternyata berbeda penyebab harus diatasi dengan cara yang berbeda. Sebenarnya ada cara pintas untuk menghilangkan kantung mata yang hitam, yaitu operasi laser. Tapi wajib konsultasi dengan dokter,ya!

 

 

Sumber:
Vitamin and Mineral That Eliminate Under Eye Circle. 2017. https://www.livestrong.com/article/536587-vitamins-minerals-that-eliminate-under-eye-circles/
Dark Circles Under Your Eyes: Causes and Treatment. 2017. https://www.healthline.com/health/dark-circle-under-eyes#causes
All about Dark Circles and How to Remove Them Permanently. 2017. https://www.femina.in/beauty/skin/all-about-dark-circles-and-how-to-treat-them-57696.html
Is It Possible to Get Rid of Dark Circles Permanently? 2017. https://www.livestrong.com/article/226752-how-to-get-rid-of-dark-circles-permanently/