Penyebab Hemoglobin (Hb) Tinggi dan Cara Mengatasinya

Penyebab Hemoglobin (Hb) Tinggi dan Cara Mengatasinya

Penulis: Novi | Editor: Handa

Kadar hemoglobin yang tinggi dalam darah umumnya terjadi saat jumlah oksigen dalam tubuh mengalami penurunan. Peningkatan hemoglobin dalam darah bisa terjadi pada siapapun.

Hemoglobin adalah suatu kandungan molekul di dalam sel darah merah yang memiliki fungsi untuk mengikat oksigen dalam darah dan mengangkutnya ke seluruh tubuh, terutama paru-paru. Warna merah pada sel darah merah pun disebabkan karena adanya hemoglobin.

Dalam jumlah tertentu, hemoglobin bisa dikatakan tinggi pada seseorang, tetapi tidak pada orang yang lain. Hal tersebut disebabkan karena jumlah normal hemoglobin pada setiap orang tidaklah sama, tergantung pada usia dan jenis kelamin. Berikut kisaran normal hemoglobin dalam darah.

  • Pria paruh baya, yaitu 12,4 – 14,9 mg/dL
  • Wanita paruh baya: 11,7 – 13,8 mg/dL
  • Pria dewasa: 14 – 18 mg/dL
  • Wanita dewasa: 12 – 16 mg/dL
  • Anak-anak: 11 – 13 mg/dL
  • Bayi satu bulan: 11 – 15 mg/dL
  • Bayi satu minggu: 15 – 20 mg/dL
  • Bayi baru lahir: 17 – 22 mg/dL

Apa itu Hemoglobin (Hb) Tinggi?

Hemoglobin tinggi adalah kadar hemoglobin di dalam darah yang melebihi batas normal. Apakah jumlah sel darah berlebih menyebabkan tingginya kadar hemoglobin dalam darah? Belum tentu. Hal tersebut disebabkan setiap sel darah merah tidak selalu memiliki jumlah atau kadar hemoglobin yang sama. Akibatnya, tingginya hemoglobin dalam darah belum tentu sejalan dengan tingginya jumlah sel darah merah di dalam tubuh.

Hemoglobin memiliki peran yang penting dalam menjaga bentuk sel darah. Bentuk sel darah yang menyerupai donat (bulat dan pipih pada bagiannya tengahnya), bisa mengalami perubahan bentuk jika kadar hemoglobin dalam sel darah tersebut melebihi normal.

Bahkan, tingginya kadar hemoglobin dalam darah juga bisa menyebabkan hambatan pada fungsi dan aliran dalam pembuluh darah. Tingginya hemoglobin (Hb) dalam darah terjadi sebagai reaksi dari menurunnya kadar oksigen dalam tubuh. Oleh karena itu, hemoglobin akan meningkat dengan tujuan untuk meningkatkan pasokan oksigen bagi tubuh.

Baca Juga : Ketahui Penyebab Penyempitan Pembuluh Darah

Gejala Hemoglobin Tinggi

Umumnya, jumlah hemoglobin dalam darah tidak menunjukkan gejala bagi tubuh dan hanya akan diketahui saat Anda melakukan pemeriksaan darah. Meski demikian, ada pula gejala yang mungkin terjadi, seperti:

  • Warna kulit menjadi kebiruan.
  • Kelelahan.
  • Penglihatan kabur.
  • Pusing dan sakit kepala.
  • Insomnia.
  • Kesulitan bernapas.
  • Terjadinya gangguan pada mental.

Penyebab Hemoglobin Tinggi

Tingginya kadar hemoglobin dalam darah dapat terjadi karena penurunan kadar oksigen dalam tubuh. Selain itu, tingginya hemoglobin dalam darah bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain, yaitu:

1. Berada Di Dataran Tinggi

Di dataran tinggi, jumlah oksigen cenderung rendah dibanding di tempat lain. Hal tersebut kemudian akan memengaruhi kondisi hemoglobin di dalam darah Anda ketika berada di dataran tinggi. Hemoglobin tersebut meningkat sebagai upaya untuk menjaga kecukupan asupan oksigen untuk tubuh.

2. Dehidrasi

Saat tubuh mengalami dehidrasi, volume plasma darah akan meningkat. Hal tersebut menyebabkan jumlah atau kadar hemoglobin dalam darah juga meningkat.

Baca Juga : Dehidrasi : Bahaya, Penyebab, dan Cara Mencegahnya

3. Merokok

Jika Anda termasuk seorang perokok, Anda perlu berhati-hati akan mengalami peningkatan hemoglobin dalam darah. Pasalnya, hemoglobin yang seharusnya mengikat oksigen justru mengikat karbon monoksida yang sedang Anda hisap.

Akibatnya, tubuh menjadi ‘panik’ sehingga kadar hemoglobin meningkat sebagai respon tubuh. Apabila hal tersebut dibiarkan, lama-kelamaan hemoglobin akan kesulitan mendeteksi anemia dalam darah.

4. Mengonsumsi Obat Peningkat Hormon

Mengonsumsi obat peningkat hormon dapat meningkatkan hemoglobin dalam darah. Salah satu obat peningkat hormon yang dapat meningkatkan hemoglobin dalam darah adalah Erythropoietin. Obat ini digunakan untuk meningkatkan hormon yang bisa membantu mengatasi anemia bagi penderita penyakit ginjal.

5. Emfisema

Emfisema adalah gangguan pada paru-paru yang menyebabkan napas menjadi pendek. Penyakit tersebut termasuk dalam kelompok penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) yang menyerang kantung udara di paru-paru, tepatnya alveolus.

Kerusakan alveolus tersebut bersifat permanen. Penyakit ini menyebabkan permasalahan pada keluar masuknya oksigen ke dalam tubuh. Akibatnya, kadar oksigen yang masuk atau sampai ke dalam aliran darah menjadi berkurang. Karenanya, hemoglobin akan meningkat secara alami.

6. Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan merupakan penyakit karena adanya kelainan struktur jantung yang terjadi sejak lahir. Penyakit ini menyebabkan adanya gangguan sirkulasi dalam darah.

Gangguan sirkulasi darah tersebut membuat asupan oksigen dalam darah terganggu. Akibatnya, jumlah hemoglobin dalam darah meningkat secara alami sebagai reaksi dari kurangnya oksigen dalam darah.

Cara Menurunkan Hemoglobin dalam Darah

Jumlah hemoglobin yang tinggi dalam darah sebenarnya tidak menimbulkan risiko yang fatal untuk tubuh. Hanya saja, akan lebih baik jika Anda tetap menjaga jumlah hemoglobin tetap normal.

Untuk menurunkan jumlah hemoglobin dalam darah bisa dilakukan dengan beberapa cara, antara laini:

  • Mengonsumsi banyak air putih. Hal tersebut disebabkan karena dehidrasi menjadi salah satu penyebab tingginya jumlah hemoglobin (Hb) dalam darah.
  • Berhenti merokok. Dengan mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok, jumlah hemoglobin dalam darah akan turut menjadi stabil.
  • Kurangi konsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan rutin melakukan aktivitas olahraga.

Selain itu, Anda pun bisa melakukan konsultasi ke dokter untuk memastikan penyebab terjadinya peningkatan hemoglobin dalam darah, terutama jika terjadi dalam kurun waktu yang lama. Hal tersebut menjadi penting, karena dalam keadaan tertentu, seperti penyakit jantung bawaan atau emfisema, tingginya jumlah hemoglobin hanya bisa diatasi dengan mengatasi terlebih dahulu faktor penyebabnya.

Baca Juga : Penyebab Perdarahan Vagina Setelah Berhubungan Intim

Sumber

Cleveland Clinic. (2018). High Hemoglobin Count. my.clevelandclinic.org
Healthline. (2019). Hemoglobin (Hgb) Test Results. www.healthline.com
Mayo Clinic. (2020). High Hemoglobin Count. www.mayoclinic.org
Medicine Net. (2021). Hemoglobin: Normal, High, Low Levels and Causes. www.medicinenet.com
Medical News Today. (2020). What’s to Know About Hemoglobin Levels?. www.medicalnewstoday.com
Middle East Hospital. High Hemoglobin Count. www.mehospital.com
Self Decode. (2021). Causes of Low/High Hemoglobin Levels & How to Improve. labs.selfdecode.com