Memahami Apa Itu Glukosa dan Fungsinya untuk Tubuh

Memahami Apa Itu Glukosa dan Fungsinya untuk Tubuh

Penulis: Novi | Editor: Handa

Anda mungkin sering mendengar glukosa, akan tetapi masih bingung dengan penjelasannya. Glukosa merupakan bentuk karbohidrat paling sederhana dan menjadi salah satu sumber energi tubuh. Lantas mengapa keberadaan glukosa di dalam tubuh justru dikhawatirkan sebagian besar orang?

Hal ini karena sebagian besar orang berpikir bahwa kadar glukosa dalam tubuh tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan timbulnya penyakit. Akan tetapi, pemahaman seperti itu saja tidak cukup. Sehingga ada baiknya jika Anda mengetahui nutrisi ini serta fungsinya bagi tubuh.

Apa itu Glukosa?

Untuk mengetahui apa itu glukosa, Anda perlu terlebih dahulu mengenal karbohidrat. Karbohidrat adalah salah satu contoh senyawa organik, seperti halnya protein, vitamin, dan lemak. Karbohidrat terdiri atas beberapa atom, yakni karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O).

Karbohidrat dibagi menjadi empat kelompok, yaitu monosakarida, disakarida, oligosakarida, dan polisakarida. Glukosa sendiri termasuk dalam kelompok monosakarida yang merupakan jenis karbohidrat paling sederhana. Artinya, glukosa tidak bisa lagi dipecah atau diurai menjadi bentuk yang lebih kecil. Oleh karena itu, glukosa sering kali disebut sebagai gula sederhana.

Glukosa bisa Anda peroleh dari sayur dan buah atau yang dikenal juga sebagai gula alami. Glukosa pada sayur dan buah dihasilkan dari proses fotosintesis, selain oksigen. Berbeda dengan oksigen yang kemudian dilepaskan ke udara, karbohidrat justru diedarkan ke seluruh jaringan tumbuhan melalui floem.

Gunanya adalah untuk mendukung pertumbuhan pada tumbuhan. Di samping itu, glukosa juga menjadi pendorong utama pada pembentukan bunga dan perkembangan buah. Itulah alasan mengapa Anda bisa merasakan sensasi manis saat mengonsumsi sayur dan buah.

Manfaat Glukosa untuk Tubuh

Setiap harinya, tubuh membutuhkan asupan glukosa. Hal ini berkaitan dengan manfaatnya untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat glukosa untuk tubuh, antara lain:

  • Sebagai sumber energi. Artinya, glukosa menjadi bahan bakar utama dalam proses metabolisme (pencernaan, penyerapan, ataupun pengolahan) berbagai senyawa, seperti protein, lemak, dan vitamin. Hampir seluruh sel di dalam tubuh memanfaatkan glukosa sebagai bahan bakar, mulai dari sel otot, sel darah merah, sel saraf dan otak, sel pada ginjal, hingga beberapa sel pada lensa dan retina mata.
  • Mendukung proses pembuangan racun amoniak yang sangat berbahaya untuk sel saraf.
  • Sebagai pelindung untuk sel darah merah dari serangan radikal bebas yang mampu merusak organ dan jaringan tubuh.

Baca Juga : Manfaat dan Efek Samping Mengonsumsi Daun Salam

Metabolisme Glukosa dalam Tubuh

Metabolisme glukosa dan berbagai jenis karbohidrat lainnya di dalam tubuh sangatlah kompleks, seperti halnya manfaatnya untuk tubuh. Proses metabolisme glukosa perlu melalui beberapa proses pemecahan, mulai dari glikolisis, oksidasi piruvat, hingga siklus asam sitrat.

Mulanya, karbohidrat pada makanan akan dipecah menjadi glukosa oleh enzim pencernaan yang terdapat di mulut. Selanjutnya, glukosa (gula sederhana) akan diserap oleh darah. Glukosa yang sudah ada dalam aliran darah inilah yang sering disebut sebagai gula darah.

Kemudian, gula tersebut akan diedarkan ke seluruh bagian tubuh, termasuk otak, saraf, ginjal, hati, sel darah merah, otot, jaringan lemak, jaringan lainnya. Karena banyaknya jaringan tubuh yang memerlukan oksigen, maka kebutuhan akan glukosa (gula) ini menjadi banyak juga. Oleh sebab itu, glukosa digolongkan sebagai kelompok makronutrien atau nutrisi yang banyak dibutuhkan oleh tubuh.

Setelah sampai pada setiap organ dan jaringan, glukosa tersebut akan mengalami pemecahan kembali di dalam setiap sel organ ataupun jaringan. Proses glikolisis akan dilakukan di sitoplasma (cairan yang terdapat di luar nukleus atau inti sel). Proses glikolisis akan menghasilkan asam piruvat.

Asam piruvat pun akan melalui proses pemecahan yang terjadi pada mitokondria atau bagian sel yang menjadi tempat respirasi sel. Proses pemecahan asam piruvat tersebut akan menghasilkan siklus asam sitrat. Dari siklus asam sitrat inilah dihasilkan karbondioksida dan energi yang berbentuk ATP (Adenosin trifosfat). Karbon dioksida akan dikeluarkan dari dalam tubuh, sedangkan ATP menjadi sumber energi bagi tubuh.

Sementara itu, sebagian besar glukosa yang masuk ke dalam otot dan hati akan diubah menjadi glikogen yang dihasilkan melalui proses glikogenesis. Glikogen adalah cadangan energi yang bisa dijadikan sumber energi saat tidak ada asupan makan di dalam tubuh.

Berdasarkan penjelasan tersebut, Anda dapat mengetahui betapa pentingnya glukosa untuk tubuh. Meski demikian, Anda tetap perlu mengendalikan asupan karbohidrat sebagai sumber glukosa agar tidak menyebabkan gangguan bagi kesehatan tubuh. Salah satu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh tidak terkendalinya asupan glukosa dalam tubuh adalah diabetes dan glukoma.

Berapa Kadar Gula Darah yang Normal di Tubuh?

Sebagian besar orang tanpa diabetes, kadar normal gula darah sebelum makan berkisar antara 70-80 mg/dL. Namun, ada pula beberapa orang mungkin kaan memiliki kadar gula darah di angka 60 atau 90.

Jika Anda puasa atau tidak makan selama 8 jam, kadar gula darah yang normal adalah 100 mg/dL. Kemudian kadar tersebut harus kurang dari 140 mg/dL untuk dua jam setelah makan. Perlu Anda ketahui, ada berbagai faktor yang menyebabkan kadar gula darah meningkat, seperti:

  • Makan berlebihan
  • Mengidap penyakit tertentu
  • Kurangnya aktivitas fisik
  • Stres
  • Melewatkan pengobatan diabetes (bagi Anda yang mengidap diabetes)

Baca Juga : Glukosamin : Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Sumber

Access Pharmacy. Glucose Metabolism. accesspharmacy.mhmedical.com
Chemistry LibreTexts. 2020. Glucose (Dextrose). chem.libretexts.org
Britannica. Glucose. www.britannica.com
Chemistry LibreTexts. 2021. The Structure and Properties of D-Glucose. chem.libretexts.org
Dr. Dian Apriliana R,MMed.Ed. Metabolisme Karbohidrat. pspk.fkunissula.ac.id
Healthline. 2017. Everithing You Need to Know About Glucose. www.healthline.com
Medscape.2019. What is Glucose. www.medscape.com