Dianggap Sepele, Kenali Gejala Kanker Sebelum Terlambat

Dianggap Sepele, Kenali Gejala Kanker Sebelum Terlambat

Penulis: Heldania | Editor: Opie

Menurut American Cancer Society, hampir satu dari tiga orang di Amerika Serikat mengalami kanker.

Di Indonesia sendiri, data Globocan menunjukkan bahwa angka kejadian kanker di Tanah Air dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Tercatat setidaknya 348.809 kasus baru pada tahun 2018. Angka tersebut terus meningkat menjadi 396.914 kasus di tahun 2020.

Besarnya jumlah kasus baru maupun kematian akibat kanker membuat banyak orang khawatir akan penyakit ini. Tidak sedikit pula yang ingin mengetahui gejalanya untuk melakukan deteksi lebih dini.

Baca Juga: 4 Stadium Kanker Tulang dan Pengobatannya

Gejala Kanker Secara Umum

Jika Anda mengalami gejala yang tidak kunjung reda setelah beberapa minggu, temui dokter untuk dapat didiagnosis dan diobati sedini mungkin. Kanker sering tidak menimbulkan rasa sakit, jadi jangan menunggu merasa sakit dulu sebelum menemui dokter. Beberapa gejala kanker paling umum adalah:

1. Batuk yang mengeluarkan darah

Batuk berdarah dapat menjadi gejala umum dari berbagai macam penyakit, termasuk kanker.

Ketika ini terjadi, Anda perlu mulai khawatir jika batuk berlangsung hingga lebih dari empat minggu dan disertai darah.

Gejala ini bisa jadi tanda Anda menderita kanker paru-paru. Kondisi ini juga bisa disertai dengan gejala lain berupa rasa letih berlebihan, kehilangan nafsu makan, dan penurunan berat badan.

2. Nyeri di ulu hati yang tidak hilang

Rasa nyeri di ulu hati yang tidak segera hilang dan terasa sangat mengganggu bisa jadi merupakan salah satu gejala kanker ovarium, kanker tenggorokan, dan kanker lambung. Terlebih jika gejala yang Anda alami tidak berkurang setelah menggunakan pengobatan biasa.

3. Depresi yang disertai dengan sakit perut

Gejala ini memang jarang terjadi, namun perlu dikhawatirkan dan diperhatikan karena depresi yang disertai dengan sakit perut terus-menerus yang tidak kunjung sembuh juga bisa menjadi gejala kanker pankreas.

Baca Juga: Kanker Tiroid: Jenis, Penyebab, dan Perawatannya

4. Perdarahan

Jika Anda mengalami perdarahan di luar waktu menstruasi atau waktu menstruasi Anda lebih lama dari waktu normal dan mengeluarkan jumlah darah yang berlebihan, Anda perlu khawatir terhadap kemungkinan adanya kanker endometrium atau kanker pada dinding rahim Anda.

5. Rasa nyeri berlebihan atau berkepanjangan

Anda perlu khawatir jika bagian tubuh tertentu mengalami nyeri berlebihan atau berkepanjangan, misalnya saja sakit kepala terus-menerus. Kondisi ini bisa menjadi gejala tumor pada otak.

Selain itu,  rasa nyeri di punggung menandakan risiko kanker usus, kanker dubur, dan kanker ovarium.

6. Perubahan warna kulit dan munculnya benjolan 

Gejala-gejala seperti warna kulit berubah, kemerahan pada kulit, permukaan kulit mengeras atau bersisik, muncul tahi lalat yang terus membesar atau melebar, hingga munculnya benjolan asing di permukaan kulit Anda bisa jadi adalah tanda-tanda Anda mengalami kanker.

7. Terdapat perubahan pada payudara

Jika menderita kanker payudara, gejala yang bisa Anda rasakan adalah munculnya benjolan pada payudara.

Selain itu, Anda mungkin juga mengalami gejala lain berupa munculnya rasa nyeri, berkerutnya kulit payudara menyerupai kulit jeruk dan berwarna kemerahan, serta muncul cairan atau darah dari puting.

8. Selalu merasa lelah

Jika Anda merasakan kelelahan yang terasa terus-menerus dan tidak kunjung reda walaupun sudah beristirahat dengan cukup, Anda mungkin berisiko mengalami kanker.

Perlu Anda ketahui, kelelahan semacam ini bisa jadi tanda kanker tengah berkembang.

Gejala Kanker yang Sering Diabaikan

Meski tampak tidak mengancam, beberapa gejala berikut, jika terjadi secara berkepanjangan, mungkin merupakan tanda dari masalah kesehatan yang serius.

Berikut adalah 10 gejala utama kanker yang sering diabaikan:

  1. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
  2. Demam yang tidak diketahui asalnya
  3. Keringat malam
  4. Rasa sakit asing atau tidak dapat dijelaskan
  5. Sakit maag yang terus-menerus
  6. Luka mulut atau lidah yang tidak kunjung sembuh
  7. Kembung
  8. Pola buang air besar tidak teratur
  9. Benjolan yang tidak dapat dijelaskan
  10. Kesulitan menelan

Walaupun begitu, gejala-gejala di atas sering salah diidentifikasi karena tidak spesifik hanya untuk kanker dan dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan lainnya.

Kapan Mengubungi Dokter?

Untuk mengetahui gejala apa yang dapat menandakan lebih dari satu masalah kesehatan, kuncinya adalah memeriksakan diri ke dokter, terutama jika Anda mengalami gejala-gejala di atas selama lebih dari dua minggu.

Dokter lebih mampu membantu memahami penyebab gejala, mendiagnosis gejala dengan benar, dan terus memantau masalah, atau merujuk Anda ke spesialis. Dalam hal pencegahan kanker, kepekaan Anda adalah langkah terbaik.

Baca Juga: Waspadai Penyebab Kanker Lidah dan Cara Pengobatannya

Sumber

EMedicineHealth. (2020). 18 Common Cancer Symptoms and Signs. www.emedecinehealth.com

National Cancer Institute. (2019). Symptoms of Cancer. www.cancer.gov

American Cancer Society. (2020). Signs and Symptoms of Cancer. www.cancer.gov

Cancer Treatment Centers of America. (2018). 10 cancer symptoms you may overlook. www.cancercenter.com