Gejala dan Komplikasi Kanker Mulut yang Wajib Diketahui

Gejala dan Komplikasi Kanker Mulut yang Wajib Diketahui

Penulis: Elisa | Editor: Umi

Mengalami sariawan dan sakit gigi yang tidak kunjung sembuh walaupun sudah minum obat? Bila gejala tersebut masih tetap berlanjut, hal ini bisa menjadi indikasi menderita kanker mulut.

Apa itu Kanker Mulut

Kanker mulut merupakan kanker yang berkembang dalam jaringan mulut atau tenggorokan dan masuk kategori kanker pada kepala dan leher. Kanker ini akan menyerang mulut, gusi, bibir, lapisan dalam pipi, dan dasar lidah. 

Penyebab kanker mulut karena adanya pertumbuhan sel genetik yang tidak terkendali pada beberapa area mulut. Juga, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, dan kurangnya asupan sayur dan buah-buahan yang dapat meningkatkan risiko mengalami kanker mulut. 

Baca Juga : Kanker Mulut: Penyebab dan Faktor Risikonya

Gejala Umum Kanker Mulut

Bila seseorang mengalami kanker mulut, biasanya akan ada beberapa gejalanya. Berikut adalah beberapa tanda kanker mulut yang patut Anda ketahui, yaitu:

1. Bercak Putih atau Merah di dalam Mulut

Munculnya bercak merah (erythroplakia) dan bercak putih keabuan (leukoplakia) pada mulut seperti sariawan bisa menjadi pertanda pra kanker mulut. Bercak merah atau putih ini bisa timbul di bagian gusi, lidah, bawah lidah atau bagian mulut lainnya.

Bila bercak ini tidak kunjung sembuh dalam beberapa minggu, gejala ini akan memburuk dan menjadi kanker.

2. Luka yang Tidak Dapat Disembuhkan

Luka atau lepuh pada bagian mulut atau bibir dan tidak dapat sembuh bisa menjadi sinyal lain dari adanya kanker mulut. Gejala ini paling umum terjadi bagi mereka yang didiagnosa mengalami kanker mulut. Jika luka tersebut tidak menghilang dari bagian bibir atau mulut, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

3. Nyeri Terus-menerus

Merasakan sakit nyeri yang menyeluruh pada bagian mulut atau tenggorokan yang tidak mereda, ini bisa menjadi salah satu gejala umum lainnya dari penyakit kanker mulut. 

4. Adanya Pembengkakan

Jika dirasakan pembengkakan atau benjolan yang terletak pada bagian pipi, rahang, atau leher, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan. Dalam beberapa kasus, pembengkakan ini terjadi disertai dengan mati rasa atau nyeri tidak tertahan di daerah tersebut.

5. Kesulitan Menggerakan Mulut

Mengalami kesulitan dalam menggerakkan rahang atau menggerakkan lidah bisa menjadi indikasi gejala dari adanya kanker mulut.

Selain itu, penderita akan mengalami kesulitan untuk mengunyah yang berdampak pada susah makan, serta merasakan kesulitan berbicara yang berakibat pada perubahan suara dan mimik seseorang.

Gejala Langka Kanker Mulut

Selain gejala umum, terkadang juga penderita ada yang mengalami gejala langka dari kanker mulut. Gejala ini mirip dengan yang terjadi pada gangguan sendi temporomandibular, neuralgia trigeminal, atau masalah telinga, seperti:

  • Mengalami sakit telinga yang mungkin menjalar ke rahang dan pipi
  • Merasakan telinga tersumbat
  • Mendengar suara dengungan di telinga
  • Adanya nyeri pada otot wajah atau otot yang digunakan untuk mengunyah
  • Mengeluhkan sensasi wajah seperti terbakar atau kesemutan.

Bila Anda tengah merasakan beberapa gejala tersebut, jangan ragu untuk segera periksa kesehatan mulut Anda kepada dokter. Tentunya, hal ini dapat membantu Anda dalam mendeteksi kanker sedini mungkin dan mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga : Waspadai Penyebab Kanker Tenggorokan dan Gejalanya

Komplikasi Kanker Mulut

Berdasarkan tahapan dari penyakit kanker mulut, terdapat beberapa komplikasi yang terjadi penderita kanker mulut, seperti: 

Pengangkatan Gigi, Lidah, dan/atau Tulang Rahang

Bila infeksi kanker mulut sudah menjalar hingga tulang rahang atau lidah, upaya operasi pengangkat dapat dilakukan pada bagian terinfeksi tersebut.

Namun, jika seseorang sedang mengalami terapi radiasi untuk kanker mulut, pengangkatan beberapa atau semua gigi bahkan sebagian rahang untuk mencegah infeksi dan kematian tulang pada rahang.

Dengan adanya kemajuan dalam tindakan bedah, pembangunan kembali struktur tulang dapat meminimalisasi komplikasi ini.

Adanya Masalah pada Pernapasan

Permasalahan yang mungkin terjadi pada penderita kanker mulut dapat terjadi pada bagian pernapasan.

Bila sudah ada tumor yang menghalangi sebagian jalan napas, tindakan dapat berupa pembuatan lubang di bagian depan leher yang mengarah ke tenggorokan. Hal ini dilakukan untuk membuat jalan napas baru bagi penderitanya.

Mengalami Malnutrisi dan Dehidrasi

Gangguan mengunyah dan menelan ternyata juga menjadi komplikasi dari kanker mulut karena penderita tidak mendapatkan nutrisi yang mencukupi. Butuh bantuan pemasangan selang makanan pada tubuh agar dapat mengalirkan nutrisi makanan ke perut penderitanya.

Baca Juga : Cara Ampuh Obati Luka Sariawan

Sumber

Healthline. (2020). Oral Cancers. www.healthline.com

Mayo Clinic. (2020). Mouth cancer. www.mayoclinic.org

NHS UK. (2019). Mouth cancer. www.nhs.uk

Verywell Health. (2019). Causes and Risk Factors of Oral Cancer. www.verywellhealth.com

Verywell Health. (2020). Symptoms of Oral Cancer. www.verywellhealth.com