10 Perawatan Alami Rambut yang Dapat Dilakukan di Rumah

10 Perawatan Alami Rambut yang Dapat Dilakukan di Rumah

Penulis: Mustika | Editor: Umi

Rambut merupakan mahkota wanita, yang berarti rambut memerlukan perawatan khusus agar dapat menjaga keindahannya. Apalagi rambut akan menjadi sedikit kusam dan rusak dari waktu ke waktu. Namun, Anda tak perlu khawatir karena beberapa solusi alami berikut ini telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan rambut apalagi jika masalah rambut Anda terkait dengan stres.

1. Massage Rambut

Memijat kulit kepala dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan meningkatkan ketebalan rambut. Metode ini dapat dilakukan bersamaan dengan penggunaan minyak atau masker rambut. Selain itu, meluangkan waktu untuk memijat kulit kepala setiap hari juga dapat membantu Anda menghilangkan stres dan ketegangan.

2. Alpukat

Selain baik untuk Anda yang sedang menjalani diet, alpukat juga bermanfaat dalam menjaga keindahan rambut. Kandungannya yang kaya akan vitamin dan asam lemak esensial mampu menjaga kelembaban rambut Anda. Tak hanya itu, alpukat juga memiliki zat beta-karoten dan mineral yang menjadikan rambut lebih sehat.

Gunakan alpukat sebagai masker rambut sebelum mencuci rambut Anda. Hancurkan setengah alpukat dan berikan beberapa tetes minyak esensial atau minyak zaitun. Oleskan masker pada rambut, lalu biarkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

3. Masker dari Yogurt

Produk rambut yang berat dan polusi udara dapat membuat rambut kering serta kusam. Oleh karena itu, produk susu seperti yogurt dapat membantu mengembalikan kerusakan tersebut. Kandungan asam laktat pada yogurt dapat menghilangkan kotoran secara lembut. Cara ini bisa digunakan untuk semua jenis rambut, bahkan protein dalam yogurt sangat bagus untuk meningkatkan keriting secara alami.

Baca Juga :6 Cara Ampuh Rambut Anak Lebat dan Hitam

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang bisa meresap ke dalam batang rambut dan menstimulasi pertumbuhan rambut. Perawatan ini dapat digunakan sebelum atau setelah Anda mencuci rambut tergantung pada jenis rambut Anda.

Jika rambut Anda cenderung berminyak, Anda bisa melakukan perawatan selama beberapa jam sebelum mencucinya. Sedangkan untuk rambut kering, gunakan pada malam hari semalaman. Pijatkan minyak kelapa dari kulit kepala hingga seluruh rambut.

5. Masker Bawang Merah

Jika Anda dapat menangani aroma bawang, Anda mungkin bisa menemukan manfaat dari masker jus bawang merah. Dilansir dari Healthline, masker ini dapat mengobati alopecia areata dengan meningkatkan pertumbuhan rambut. Bahkan kandungan seperti enzim katalase, vitamin C, tembaga, dan asam folat dalam bawang merah juga bisa mengembalikan warna alami rambut serta menunda uban muncul.

Anda bisa melakukan perawatan ini seminggu sekali dengan mengoleskan bawang yang telah dihaluskan pada kulit kepala hingga ujung rambut secara menyeluruh. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas rambut dan keramas seperti biasa.

6. Lemon

Perawatan rambut menggunakan lemon dipercaya dapat meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut. Oleskan perasan air lemon segar ke kulit kepala dan rambut Anda selama 15 menit sebelum keramas. Anda juga bisa menggunakan minyak lemon yang dilarutkan ke dalam air sebagai masker rambut.

Baca Juga :6 Penyubur Rambut Alami untuk Rambut Tebal

7. Pisang dan Minyak Zaitun

Pisang dan minyak zaitun memiliki beragam manfaat untuk tubuh, terutama untuk rambut. Keduanya memiliki kandungan potasium dan lemak baik yang membantu mengembalikan pH rambut. Pisang mengandung kalium dan kadar air yang tinggi sehingga dapat mencegah rambut bercabang, melembutkan, dan meningkatkan elastisitas rambut.

Untuk menggunakannya, campurkan minyak zaitun dengan satu buah pisang yang sudah dihaluskan. Lalu oleskan secara menyeluruh pada rambut Anda, dari kulit kepala sampai ujung rambut. Biarkan selama satu jam dan bilas dengan air hangat.

8. Minyak Esensial Rosemary atau Geranium

Rosemary adalah salah satu minyak esensial yang paling dipercaya oleh seluruh wanita di dunia. Penelitian yang dipublikasi dalam U.S. National Library of Medicine menunjukkan bahwa Berbagai kandungan nutrisi dalam minyak esensial rosemary terbukti mampu merangsang pertumbuhan rambut baru dan mengobati androgenetic alopecia.

Di samping itu, minyak esensial geranium juga bermanfaat untuk melembabkan, memperkuat, serta meningkatkan pertumbuhan rambut. Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam sampo atau kondisioner yang Anda gunakan. Jangan gunakan minyak esensial ini langsung pada kulit, usahakan untuk selalu mencampurkannya dengan bahan lain.

9. Masker Teh

Jika Anda memperhatikan rambut Anda terlihat agak kusam, teh hitam adalah cara yang bagus untuk menambahkan kilau rambut. Dilansir dari Lifealth, membilas rambut dengan teh berguna untuk membantu melembabkan dan menambah kilau pada helai rambut Anda.

Cara ini juga dipercaya mampu menambahkan nutrisi bagi Anda yang memiliki rambut keriting. Seduh teh dan diamkan sampai dingin. Siram rambut dengan teh dan diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas rambut Anda.

10. Madu dan Lidah Buaya

Tahukah Anda jika rambut bisa mengalami dehidrasi? Dehidrasi pada rambut dapat disebabkan karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Madu merupakan pelembab alami yang bisa menjaga kelembaban pada rambut Anda.

Pijat rambut anda dengan ½ cangkir madu, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Anda juga bisa menambahkan dengan gel lidah buaya untuk membuat madu lebih mudah diaplikasikan. Cara ini bisa bekerja dengan baik pada semua jenis rambut.

Penting bagi Anda untuk meluangkan waktu agar fokus untuk menutrisi rambut sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Jadilah kreatif dengan solusi di atas dan Anda bisa mencampur bahan-bahan tersebut sebanyak yang Anda suka. Tetap lakukan gaya hidup sehat juga akan melengkapi perawatan rambut Anda.

Baca Juga : Perawatan Rambut Panjang agar Kuat dan Sehat

Sumber :
Hello Glow. 2018. 10 Homemade Hair Treatments for Dry, Dull or Frizzy Hair. helloglow.co
NDTV Food. 2019. 6 Amazing Benefits of Aloe Vera for Hair, Skin and Weight-Loss. food.ndtv.com
The Healthy. 2019. How to Repair Damaged Hair with Items You Already Have at Home. www.thehealthy.com
Healthline. 2017. 10 Tips to Naturally Regrow Your hair. www.healthline.com
Lifealth. 2018. Green tea for hair: Green tea hair masks for healthy hair. www.lifealth.com
U.S. National Library of Medicine. 2015. Rosemary oil vs minoxidil 2% for the treatment of androgenetic alopecia. www.ncbi.nlm.nih.gov