Fungsi Enzim Jantung dan Penyakit yang Berkaitan

Fungsi Enzim Jantung dan Penyakit yang Berkaitan

Penulis: Justina | Editor: Ratna

Enzim merupakan suatu protein yang diproduksi tubuh untuk mempercepat reaksi kimia tertentu yang terjadi di dalam tubuh. Enzim jantung atau biomarker jantung sendiri merupakan suatu zat yang dilepaskan oleh jantung ketika mengalami kerusakan atau stres karena kekurangan oksigen.

Fungsi Enzim Jantung

Ketika terjadi kerusakan jantung, maka jantung akan melepaskan enzim jantung. Tingkat troponin dan kreatinin fosfokinase (CPK) akan meningkat setelah serangan jantung.

Peningkatan kadar enzim jantung juga dapat mengindikasikan adanya sindrom koroner akut atau iskemia. Petugas layanan kesehatan biasanya akan menggunakan tes penanda enzim atau tes darah untuk mengukur enzim jantung.

Petugas kesehatan akan mengukur tingkat biomarker jantung untuk:

  • Skrining kerusakan jantung dan masalah lainnya
  • Mendiagnosis kondisi jantung yang dapat menimbulkan gejala seperti nyeri dada, sesak napas, dan angina.
  • Memantau seberapa baik obat jantung dan operasi jantung bekerja.

Penyakit yang Berkaitan dengan Enzim Jantung

Adanya enzim jantung atau biomarker jantung membantu petugas kesehatan untuk mengetahui apakah gejalanya disebabkan karena serangan jantung atau infark miokard, angina, gagal jantung, atau masalah lain.

Peningkatan enzim jantung juga dapat menunjukkan terjadinya sindrom koroner akut (ACS) atau inskemia miokard. Perawatan untuk mengatasi kondisi tersebut bervariasi. Oleh karena itu, diperlukan diagnosis yang akurat untuk memastikan pasien mendapatkan perawatan yang tepat.

Jenis Enzim Jantung

Ada berbagai jenis dari enzim jantung. Semuanya merupakan enzim atau protein. Peningkatan enzim jantung dapat menunjukkan bahwa tubuh mengalami penyakit kardiovaskular atau masalah jantung lainnya.

Karena jantung adalah satu-satunya organ yang membuat troponin, maka tes biomarker untuk enzim ini adalah tes untuk mendeteksi kerusakan jantung akibat serangan jantung atau ACS. Tingkat troponin dapat meningkat hingga 12 jam setelah serangan jantung. Akan tetapi, tingkat troponin akan tetap tinggi sampai dua minggu. Pasien mungkin mendapatkan beberapa tes enzim jantung yang berjarak beberapa jam atau hari untuk mengukur biomarker ini.

Petugas kesehatan juga dapat menguji:

  • Kreatinin fosfokinase (CPD) dan myoglobin (MB) yang membantu untuk mengukur kerusakan jantung akibat serangan jantung. Beberapa laboratorium merujuk CPK sebagai kreatinin kinase (CK). CPK atau CK juga dikenal sebagai enzim otot.
  • Albumin termodifikasi iskemia (IMA) dapat menjadi tanda iskemia miokard. Masalah aliran darah di jantung ini dapat terjadi karena penyakit arteri koroner atau kejang koroner.
  • Peptida, yang dapat menandakan adanya stres pada jantung yang disebabkan karena gagal jantung.
  • Protein C-reaktif (CRP), homosistein, dan ligan CD40 terlarut, dapat menunjukkan adanya peradangan jantung yang bisa terjadi karena aterosklerosis. Petugas kesehatan mungkin juga akan menggunakan tingkat CRP untuk mengukur risiko masalah jantung di masa depan.

Orang yang Membutuhkan Tes Enzim Jantung

Petugas kesehatan akan meminta Anda melakukan tes enzim jantung jika Anda mengalami gejala kemungkinan masalah jantung, seperti:

  • Sakit pada dada
  • Pusing
  • Mual
  • Berkeringat banyak
  • Sesak napas

Kisaran Normal Enzim Jantung

Hasil enzim jantung akan bervariasi tergantung pada enzim jantung tertentu dan tes yang dilakukan. Tes mengukur tingkat enzim jantung dalam nanogram per mililiter (ng/mL).

Kebanyak orang tidak mengalami kerusakan jantung jika kadar troponinnya di bawah 0,02 ng/mL. Jika angka tersebut lebih tinggi, maka dapat menunjukkan kerusakan jantung yang parah.

Tingkat troponin dan CPK dapat meningkat sampai 12 jam setelah kerusakan jantung terjadi. Untuk alasan ini, petugas kesehatan akan sering memesan beberapa tes enzim jantung dengan jarak beberapa jam.

Selain tes enzim jantung, petugas kesehatan mungkin akan melakukan tes lainnya seperti hitung darah lengkap, tes gas darah, dan panel metabolik komprehensif.

Baca Juga: Apa itu Troponin dan Hubungannya dengan Serangan Jantung?

Sumber

Cleveland Clinic. (2021). Cardiac Enzymes (Cardiac Biomarkers). clevelandclinic.org

Healthline. (2022). Everything You Need to Know about Cardiac Enzymes. healthline.com

Medical News Today. (2018). What Do Elevated Cardiac Enzyme Levels Mean?. medicalnewstoday.com

Patient. (2017). Cardiac Enzymes. patient.info