Efek Negatif dan Positif Gadget pada Anak

Image: chalktalk.pf

Penulis: Gladiola | Editor: Niahappy

Banyak peneliti telah mempelajari bahwa anak-anak menghabiskan rata-rata uang mereka waktu di berbagai gadget seperti handphone, radio, TV, game, Xbox, dan iPod. Anak-anak menggunakan gadget untuk berbagai keperluan seperti bermain permainan, menonton video, mendengarkan lagu, mengobrol dengan teman-teman mereka, serta menjelajahi berbagai situs web.

Mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk bermain gadget tanpa memperhatikan postur tubuh mereka, kecerahan layar, dan jarak layar dari mata mereka yang akhirnya mempengaruhi penglihatan dan kesehatan mereka. Menatap layar elektronik terus menerus untuk waktu yang lama menyebabkan anak-anak menderita berbagai masalah seperti iritasi mata atau memiliki kesulitan untuk fokus pada hal tertentu.

Pada era ini, kita tidak bisa menjauhkan diri atau anak-anak kita dari perangkat ini. Kurangnya pengawasan orang tua juga menjadi salah satu faktor anak-anak bergantung pada gadget-nya. Maka dari itu, sebagai orang tua, Anda dapat mencoba meminimalkan dampak perangkat ini pada anak-anak.

Terlalu banyak menggunakan gadget juga dapat memengaruhi visi jangka panjang ditambah pula peluang miopia juga meningkat pada anak-anak ketika mereka menghabiskan sekitar 8 jam setiap hari untuk gadget. Tidak dapat dipungkiri gadget memiliki dampat positif terhadap perkembangan anak, seperti:

1. Anak-anak memiliki keterampilan motorik yang lebih baik

Keterampilan motorik adalah keterampilan yang dikaitkan dengan otot-otot kecil gerakan seperti bibir, jari, pergelangan tangan, lidah dan jari kaki. Jadi saat balita bermain game di tablet atau gadget lain yang jari dan tangan mereka seolah sedang berlatih. Ini adalah latihan yang sehat untuk anak-anak yang sedang tumbuh. Menggunakan keyboard dan keypad modern atau perangkat genggam memiliki risiko cedera atau ancaman yang rendah dibandingkan dengan bermain di luar sehingga, mereka lebih tahu penggunaan tangan dan jari mereka dan menjadi sangat efisien dalam waktu singkat.

2. Peningkatan keterampilan kognitif

Keterampilan kognitif adalah kemampuan untuk memproses informasi, penalaran, mengingat dan menghubungkan objek dengan objek lain. Keterampilan ini terkait langsung dengan memori, dan bahasa. Dengan adanya teknologi seperti gadget, yang biasanya terdapat permainan seperti teka-teki didalamnya, dapat membantu pengembangan keterampilan kognitif yang lebih cepat dan lebih baik pada anak-anak.

3. Keterampilan Bersaing

Anak-anak suka bermain video game. Saat bermain game dengan orang lain di seluruh dunia dan kerabat mereka, maka mereka akan merasakan perasaan bersaing yang meningkatkan keterampilan kompetisi mereka dan memungkinkan mereka untuk mengelola diri mereka sendiri di lingkungan yang bersaing.

Namun, tetap tidak dapat diabaikan, sangat banyak efek negatif yang diakibatkan oleh penggunaan gadget yang dapat memepengaruhi psikis anak. Simak ulasannya di bawah ini:

Baca Juga : Dampak Bahaya Gadget pada Kesehatan Mata

1. Keterlambatan Pengembangan Motorik

Gadget membatasi pergerakan motorik anak. Menurut Cris Rowan, pakar terapi okupasi dari British Columbia University dalam artikelnya yang berjudul “Dampak Teknologi terhadap Sensorik Anak dan Perkembangan Motorik”, memberikan teknologi kepada anak di bawah 12 tahun akan menyebabkan kerugian dalam perkembangan dan kemampuan belajar anak.

2. Obesitas

Gadget membatasi aktivitas motorik anak karena seorang anak akan lebih suka menghabiskan waktu lama di depan layar daripada melakukan aktivitas fisik yang bermakna dan berkeringat, ini dapat berisiko anak mengalami obesitas.

3. Radiasi

Paparan radiasi WHO mengklasifikasikan ponsel sebagai risiko 2b (mungkin karsinogen atau pemicu kanker). Maka tidak dapat dibayangkan akibat dari anak-anak yang bermain dengan gadget berjam-jam setiap harinya.

4. Ketergantungan

Kebanyakan anak, jika mereka sudah diperkenalkan dengan gadget, tidak dapat berpaling atau menjauhkan diri darinya. Tentunya, ini dapat memiliki efek ketergantungan.

5. Digital Dementia

Seorang anak yang menggunakan gadget akan mengalami kesulitan untuk fokus pada hal lain, sehingga ini dapat memengaruhi konsentrasi mereka dalam belajar.

6. Agresif

Berdasarkan penelitian oleh Craig Anderson, yang berjudul “Efek Video Game Kekerasan pada Anak-anak dan Remaja: Teori, Penelitian, dan Kebijakan Publik”, pada tahun 2007, seorang anak yang menggunakan gadget, terutama yang suka bermain video game penuh dengan kekerasan, adalah cenderung memiliki sifat agresif dalam seksualitas dan kriminalitas.

Oleh karena itu, sebagai orang tua ada baiknya jika Anda membatasi serta melakukan pengaasan lebih terhadap anak Anda agar terhindar dari dampak negatif penggunaan gadget. Gunakan gadget dengan cermat bagi anak-anak.

Sumber:
Child Development Institute. (2017). How Gadgets And Digital Screens Are Harming Your Children. www.childdevelopmentinfo.com
Journal Of Depression And Anxiety. (2018). The Impact Of Using Gadgets On Children. www.longdom.org
Milna. (2018). What Are The Effects Of Gadgets For Children. www.milna.com
Playground Equipment. (2019). 9 Effects Of Modern Gadgets On Children Development. www.playgroundequipment.com