Doyan Makan Petai? Ketahui Manfaat Petai bagi Kesehatan

Doyan Makan Petai? Ketahui Manfaat Petai bagi Kesehatan

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Petai (pete) merupakan tanaman yang banyak ditemukan di daerah tropis seperti Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Filipina. Tanaman polong ini kaya akan mineral dan vitamin, bijinya memiliki kandungan total polifenol, fitosterol, dan flavonoid yang tinggi. Ini menunjukkan adanya kandungan antioksidan yang baik, sehingga kaya akan manfaat yang baik bagi tubuh. Berikut benerapa manfaat petai bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Kesehatan Tulang

Setiap 100 gram petai mengandung 115 mg fosfor yang merupakan sekitar 14 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Fosfor merupakan mineral esensial yang melindungi tulang dari osteoporosis serta mendukung fungsi sel normal dalam tubuh. Mineral ini juga penting untuk kesehatan gigi.

2. Kesehatan Otak

Petai kaya akan kalium, mineral penting dalam tubuh manusia yang baik untuk kesehatan sistem saraf dan otak. Selain itu, dengan menetralkan asam metabolik, mineral dalam petai juga mencegah hilangnya kalsium melalui urin.

3. Meningkatkan Mood

Petai juga memiliki kandungan magnesium dan potasium yang cukup tinggi. Magnesium berperan penting dalam mengendalikan stres dan meningkatkan suasana hati Anda. Penelitian juga telah menetapkan bahwa individu dengan kadar magnesium yang rendah lebih mudah lelah. 100 gram kacang petai memiliki 29 mg magnesium yaitu sekitar 8 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Potasium adalah mineral penting yang akan membantu menstabilkan detak jantung, mengirimkan oksigen ke otak, dan mengatur keseimbangan air dalam tubuh manusia. Saat kita cemas, laju metabolisme kita meningkat, oleh karena itu kadar potasium kita menurun. Ini dapat diimbangi dengan bantuan konsumsi petai yang tinggi potasium.

4. Terhindar dari Anemia

Mengandung banyak zat besi, petai membantu pembentukan hemoglobin di dalam darah, dan dengan demikian membantu kasus anemia. Zat besi adalah salah satu komponen hemoglobin, zat dalam sel darah merah yang membantu darah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. 

Jika tidak ada cukup zat besi, tubuh akan kesulitan untuk membawa oksigen secara efektif, yang pada akhirnya membuat Anda lebih mudah merasa lelah, baik secara mental maupun fisik. Setiap 100 gram petai memiliki 2,7 mg zat besi, atau sekitar 15 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. 

5. Cegah Diabetes

Petai juga membantu penderita diabetes untuk mengontrol gula darah. Petai memiliki sifat hipoglikemik atau membantu menurunkan gula darah sehabis makan. 

6. Antioxidant

Petai memiliki jumlah senyawa fenolik yang tinggi. Fenol bertindak sebagai antioksidan kuat yang juga memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang kuat. Beberapa senyawa fenolik dianggap kemopreventif kanker, yang berarti dapat menurunkan risiko terkena kanker.

7. Menjaga Tekanan Darah

Petai mengandung banyak potasium yang membuatnya ideal untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Potasium dalam petai cenderung rendah natrium, sehingga juga baik untuk kesehatan jantung.

 

Sumber

Health Benefits Times. Health benefits of Petai. www.healthbenefitstimes.com

NCBI. 2013. Parkia speciosa Hassk.: A Potential Phytomedicine. www.ncbi.nlm.nih.gov

Detik Health. 2019. 10 Manfaat Petai, dari Atasi Depresi hingga Sembelit. www.health.detik.com

Kompas. 2020. 6 Manfaat Petai bagi Kesehatan, Apa Saja?. www.kompas.com