Dari Bahan Alami Hingga Obat Dokter, Ini Cara Ampuh Mengatasi Kutu Air

Dari Bahan Alami Hingga Obat Dokter, Ini Cara Ampuh Mengatasi Kutu Air

Penulis: Marizka | Editor: Handa

Kutu air merupakan kondisi di mana muncul selaput putih pada sela-sela jari kaki yang disebabkan oleh infeksi jamur. Kondisi ini biasanya sering terjadi pada orang yang sering memakai sepatu ketat dan tertutup. Sehingga membuat kaki berkeringat dan lembab yang rentan terhadap infeksi jamur.

Meskipun bukan masalah yang serius, kutu air tetap harus diobati. Pasalnya, kondisi ini bisa mengganggu karena membuat Anda sibuk menggaruk sela-sela jari yang gatal. Selain itu, kulit yang terinfeksi juga menjadi pecah-pecah dan terkelupas. Ada berbagai cara untuk mengatasi kutu air. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Pengobatan Alami

Untuk mengobati kutu air, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami dan bisa dilakukan di rumah. Berikut bahan-bahan alami untuk mengatasi kutu air, di antaranya:

1. Bawang Putih

Tidak hanya sebagai bumbu dapur, ternyata bawang putih dapat menjadi pengobatan topikal yang murah dan efektif untuk mengatasi kutu air. Caranya, hancurkan 4-5 siung bawang putih, kemudian gosokkan ke area yang terkena. Lakukan ini dua kali sehari.

2. Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki sifat antijamur dan antibakteri, sehingga bisa digunakan untuk mengobati infeksi jamur. Caranya, campurkan minyak kelapa hangat dengan tea tree oil. Oleskan ke area yang terkena dua kali sehari, hingga gejala kutu air yang Anda alami mereda.

3. Minyak Mimba

Minyak mimba memiliki kemampuan antijamur luar biasa yang dapat membantu melawan penyakit kutu air. Anda dapat mengoleskan minyak ini langsung ke area yang terkena 2-3 kali sehari. MInyak mimba juga dapat membantu untuk mengobati infeksi yang berkembang di bawah kuku kaki.

4. Garam Dapur

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengobati kutu air adalah garam dapur. Hal ini karena garam berperan sebagai antiseptik alami yang berguna untuk membunuh jamur-jamur penyebab kutu air.

Untuk menggunakannya cukup mudah, yaitu campurkan garam secukupnya dengan air hangat. Kemudian rendam kaki selama 20 menit. Cara ini bisa Anda lakukan setiap hari hingga gejala yang muncul mereda.

Baca Juga : 12 Perawatan Alami untuk Mengatasi Kulit Kepala Gatal

5. Baking Soda

Baking soda dapat digunakan sebagai obat kutu air alami yang bisa Anda gunakan. Hal ini karena baking soda dapat melawan infeksi jamur yang memicu peradangan pada kulit.

Cara memanfaatkannya pun cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan setengah cangkir (115 gram) baking soda ke dalam ke dalam baskom berisi air hangat. Kemudian rendam kaki yang terinfeksi selama 15-20 menit sebanyak 2 kali dalam sehari.

6. Larutan Cuka

Jika kutu air yang dialami sudah parah, Anda dapat menggunakan larutan cuka untuk mengatasinya. Pasalnya, larutan cuka mengandung asam asetat yang memiliki sifat anti jamur.

Campurkan satu cangkir cuka dengan dua gelas air. Kemudian rendam kaki yang terinfeksi dalam larutan tersebut.

7. Bedak Tabur (Talek)

Bedak tabur (talek) ini dapat berfungsi sebagai obat untuk kutu air dengan menjaga area yang terinfeksi tetap kering dan bersih. Hal ini membuat jamur sulit berkembang biak dan menyebar karena keringat dan kelembaban tetap terkendali.

Oleh sebab itu, Anda dapat mengaplikasikan bedak tersebut langsung ke area kering yang terinfeksi setiap saat sebelum mengenakan kaos kaki. Namun, pastikan kaki Anda kering sebelum menaburkan bedak.

8. Hidrogen Peroksida

Pengobatan alami untuk kutu air selanjutnya yaitu dengan menggunakan hidrogen peroksida. Pasalnya, cairan ini secara efektif dapat membunuh bakteri dan jamur di area kaki.

Caranya, rendam kaki dalam campuran hidrogen peroksida dan air. Namun, Anda jangan kaget karena rendaman ini akan sedikit terasa menyengat di kaki, apalagi jika ada bagian kaki yang luka atau terkelupas. Anda bisa melakukan cara ini dua kali sehari hingga infeksi mereda.

Baca Juga : 6 Cara Ampuh Menghilangkan Kulit Belang

Pengobatan dalam Bentuk Topikal (Salep)

Pengobatan dalam bentuk topikal atau salep ini merupakan obat-obatan yang paling sering digunakan untuk mengobati kutu air. Anda bisa mendapatkan jenis obat ini di apotek-apotek. Namun, sebelum menggunakannya, pastikan Anda telah membaca petunjuk pemakaian.

Pengobatan dalam Bentuk Obat yang Diresepkan

Jika obat salep tidak cukup menyembuhkan kutu air yang Anda alami, biasanya dokter akan meresepkan obat tertentu untuk meredakannya. Meskipun bukan penyakit yang berbahaya, namun pengobatannya pun tidak boleh sembarangan.

Beberapa obat yang diresepkan dokter, di antaranya:

  • Obat anti jamur yang bisa diminum
  • Obat steroid topikal untuk mengurangi peradangan
  • Antibiotik, jika infeksi bakteri berkembang dan menyebabkan kulit lecet

Selama menjalani pengobatan kutu air di kaki, maka Anda harus selalu menjaga kebersihan kaki dan pastikan kaki selalu dalam keadaan kering. Hal ini karena jamur bisa tumbuh di area yang lembab. Sebaiknya ganti kaos kaki secara rutin dan jangan bertelanjang kaki di kolam renang umum atau area gym.

Baca Juga : Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering di Sekitar Mulut

Sumber


Mayo Clinic. Athlete’s foot. www.mayoclinic.org
Healthline. 2019. Home Remedies for Athlete’s Foot.www.healthline.com
WebMD. Home Remedies for Athlete’s Foot: What Works. www.webmd.com
NHS. Athlete’s foot. www.nhs.uk



Add Your Comment