Daftar Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Maag

maag
Image : drweil.com

Penulis : Nia Happy | Editor : Atsa

Maag adalah penyakit umum yang sering dialami oleh banyak orang, terutama para wanita. Pada umumnya gejala maag munculnya rasa perih dan mual. Selain itu, bisa juga timbul keluhan lain seperti perut kembung, berkurangnya nafsu makan, hingga sering sendawa.

Penyakit maag sendiri terjadi karena peningkatan asam lambung yang berlebihan di dalam lambung kita. Sering terlambat makan atau makan tidak teratur juga dapat menjadi penyebab timbulnya sakit maag, lho.

Karena itu, penderita maag juga harus menjaga asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Hal ini perlu dilakukan supaya maag tidak mudah kambuh, dan asam lambung tidak naik seketika. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari bagi Anda penderita maag.

Baca JugaKenali Perbedaan Viscelar Fat vs Body Fat

1. Makanan Pedas

Efek dari capsaicin, kandungan yang membuat cabai memiliki rasa yang pedas memang bisa menimbulkan sensasi perut melilit bagi beberapa orang. Rasa perih dan melilit tersebut memang menyerupai maag.

Meski tidak ada bukti ilmiah bahwa makanan pedas merupakan penyebab sakit maag, namun konsumsi makanan pedas berlebihan bisa memperburuk kondisi lambung bagi Anda yang memiliki riwayat maag. Jadi, supaya lebih aman, hindari makanan pedas, ya.

2. Makanan Asam

Sering mengkonsumsi makanan yang rasanya sangat asam bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti maag, lho. Cobalah untuk perlahan-lahan mengurangi makanan asam. Jangan terlalu banyak menambahkan perasan jeruk nipis pada soto, dan bakso. Selain itu, jangan konsumsi berlebih cuko kuah saat menyantap pempek. 

Hindari juga buah-buahan yang memiliki rasa asam yang tinggi, seperti nanas, jeruk, berri, lemon dan limau. Kalau ingin konsumsi jeruk, pilih jeruk yang manis dan tidak asam, ya.

3. Gorengan

Gurih dan renyahnya makanan yang digoreng memang bisa bikin lupa diri. Mengonsumsi makanan gorengan dalam porsi besar kerap dihubungkan dengan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Nah, nggak cuma itu saja, gorengan kaya dengan lemak trans atau lemak jahat yang dapat memperlambat kerja pencernaan. Makanan jadi sulit dicerna, kerja lambung terganggu, sehingga memicu munculnya maag. Batasi gorengan, terutama makanan-makanan yang mengandung banyak lemak, ya.

4. Kafein

Menikmati kopi seraya mendengarkan musik memang asik, tapi jangan senang dulu ternyata kopi tidak baik  bagi Anda yang memiliki maag, lho. Kafein yang  terdapat dalam kandungan kopi telah terbukti merangsang produksi asam lambung. Sehingga, dapat memicu terjadinya maag bagi anda yang tidak kuat kafein.

Jadi, ada baiknya Anda mulai mengurangi dan membatasi asupan kopi. Cara lainnya adalah dengan memilih kopi yang rendah cafein, seperti kopi arabika dan kopi hijau yang lebih rendah kafeinnya daripada robusta.

5. Minuman Bersoda

Salah satu minuman yang harus dihindari penderita maag adalah minuman bersoda. Minuman yang juga dikenal dengan istilah minuman berkarbonasi mengandung gas karbondioksida. Sehingga, menambah gas di lambung, memicu sendawa gas karbondioksida, dan memicu kambuhnya maag.

Minuman bersoda memang bukan penyebab terjadinya maag, jadi aman bagi lambung orang yang tidak memiliki riwayat maag. Tapi, kalau Anda sudah memiliki maag, sebaiknya hindari konsumsi minuman bersoda, ya.

Baca JugaTips Diet Aman bagi Penderita Maag

Itulah daftar makanan dan minuman yang harus dihindari supaya maag tidak kambuh lagi. Kondisi setiap orang bisa saja berbeda, beberapa makanan dan minuman ada yang hanya perlu dibatasi saja. Teliti dengan kondisi lambung anda, ya.

Sumber :
Verywellhealth (2018). Foods to Eat and Avoid With a Peptic Ulcer. www.verywellhealth.com
Netdoctor (2018). Acid reflux: symptoms, causes and foods to avoid. www.netdoctor.uk
Liputan 6. (2018). Jangan Khawatir, Penderita Maag Juga Bisa Minum Kopi. www.liputan6.com
Lifestyle Kompas. (2014). Minuman Bersoda Aman bagi Lambung asal. www.lifestyle.kompas.com