6 Bahan Alami yang Mampu Cerahkan Kulit Ketiak

Image: jeyyu.com

Baca Juga: 5 Hal Penyebab Kulit Ketiak Hitam

1. Lemon

Vitamin C dan antioksidan dalam lemon dapat cerahkan kulit, tidak hanya ketiak tapi juga siku dan leher. Antiseptik pada lemon juga berguna untuk bunuh bakteri dan usir bau tubuh.

Caranya iris lemon dan ekstrak airnya. Lalu campur dengan ½ sdm gula dan aduk hingga rata. Balurkan pada ketiak selama 10 menit atau hingga kering. Bilas dengan air serta keringkan dengan handuk yang lembut.

Namun asam lemon tidak cocok pada beberapa kulit sensitif. Jadi hati-hati dalam pemakaiannya, lebih baik dicoba terlebih dulu pada bagian tubuh yang lain. Jangan lupa pakai pelembab setelahnya, sebab lemon bikin kulit jadi kering.

2. Tomat

Tomat mengandung vitamin A, C, dan K yang bermanfaat untuk cerahkan kulit kusam. Selain itu, tomat juga bisa hilangkan tumpukan sel kulit mati di permukaan kulit.

Untuk mencerahkan ketiak, anda hanya perlu cincang tomat dan campur dengan 1 sdm madu. Balurkan pada ketiak dan tunggu hingga kering. Jika ingin didiamkan sepanjang malam pun boleh.

3. Timun

Manfaat timun sudah tidak asing lagi di dunia kecantikan kulit. Timun dikenal sebagai bahan alami yang handal untuk hilangkan mata hitam. Ternyata timun pun efektif untuk hilangkan kulit kehitaman di bawah ketiak.

Kandungan vitamin C timun stimulasi pertumbuhan sel kulit baru. Sehingga kulit mati kehitaman pun tergantikan dengan kulit baru yang fresh. Plus kandungan air timun yang bisa melembapkan kulit.

Cukup iris timun dan letakkan di daerah yang hitam. Bisa juga dicampur dengan madu dan air lemon. Diamkan hingga kering atau semalaman.

4. Kentang

Sebagai agen pemutih, kentang lebih aman dipakai oleh kulit sensitif dibandingkan dengan lemon dan tomat. Sama seperti timun, kandungan airnya pun bisa lembapkan kulit.

Anda dapat langsung letakkan irisan kentang di ketiak. Bila ingin dicampur bahan lain, blender terlebih dulu kentang dan saring airnya. Kemudian campur air tersebut dengan bahan lain seperti madu atau gula.

5. Kunyit

Curcumin adalah antioksidan yang terkandung dalam kunyit. Curcumin dapat  menghambat pigmentasi kulit serta kurangi bekas hitam. Oleh sebab itu tidak jarang kunyit dijadikan masker wajah juga.

Kunyit akan lebih efektif bila dicampur dengan air lemon. Setelah dihaluskan, campur kunyit dengan 2 sdm ekstrak lemon. Oleskan pada ketiak dan diamkan 15-30 menit. Untuk hasil maksimal, gunakan rutin setiap hari.

6. Kulit Jeruk

Kandungan asam sitrat pada kulit jeruk dapat memutihkan kulit kehitaman. Asam mungkin kurang cocok pada orang dengan kulit sensitif. Jadi, cobalah sedikit dulu pada bagian tubuh yang lain.

Sebelum dipakai, kulit jeruk harus dikeringkan selama 4-5 hari. Baru kemudian digiling hingga bubuk dan simpan dalam wadah kedap udara. Saat akan digunakan, campur bubuk tersebut dengan air. Oleskan pada ketiak dan biarkan 15 menit hingga kering.

Wah ternyata bahan alami disekitar kita punya banyak manfaat, ya! Tidak hanya bagus untuk kesehatan, tapi juga bisa mempercantik diri. Bahan alami pun relatif lebih aman dibandingkan bahan kimia buatan. Selamat mencoba!

 

Sumber:
How to Lighten Under Arm? 2017. www.healthline.com
How to Lighten Dark Arm? 5 Miraculous Beauty Remedies. 2018. www.food.ndtv.com
13 Natural Remedies to Get Rid Dark Underarm. 2018. www.healthnbodytips.org
Tomato for Skin. 2018. www.newhealthguide.org