Cara Mudah Mengobati Kulit Terbakar Matahari

Cara Mudah Mengobati Kulit Terbakar Matahari

Penulis: Anggita | Editor: Opie

Tinggal di daerah tropis memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah jumlah sinar matahari yang banyak. Meski demikian, beraktivitas di bawah sinar matahari dapat menyebabkan kulit Anda terbakar. Hal ini membuat Anda harus rajin menggunakan pelindung, seperti sunscreen.

Baca Juga: Kulit Wajah Mengelupas? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya 

Cara Mencegah Kulit Terbakar Matahari

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya sunburn, seperti:

1. Menghindari Sinar Matahari

Untuk menjaga kulit Anda agar tidak terbakar, Anda bisa berlindung di tempat yang teduh saat keluar rumah. Jika Anda benar-benar tidak bisa menghindari paparan matahari, maka gunakan pelindung seperti topi dan kacamata gelap. Sinar UV juga bisa merusak mata Anda, maka lebih baik melakukan tindakan preventif.

2. Menggunakan Pakaian yang Tepat

Menggunakan pakaian yang tebal bisa mencegah Anda dari paparan sinar UV. Namun, Anda mungkin akan berpikir dua kali karena kemungkinan akan gerah atau kepanasan di siang hari. Anda bisa mengenakan jaket saat pergi keluar rumah.

3. Memakai Tabir Surya

Sunscreen atau tabir surya adalah produk yang wajib Anda miliki dan gunakan setiap hari. Gunakanlah sunscreen dengan dengan jumlah SPF setidaknya 30. Pakai sunscreen kembali setelah dua jam.

Anda tidak bisa melihat perubahan pada kulit Anda langsung jika terbakar sinar matahari. Jika Anda memiliki kulit yang berwarna terang atau putih langsat, Anda bisa melihat kemerahan di kulit Anda langsung. Namun jika Anda memiliki kulit yang berwarna lebih gelap, akan lebih sulit untuk melihat warna merahnya. Terlebih lagi, kulit Anda dapat terbakar selama beberapa hari.

Meski sudah menutupi kulit dengan pakaian lengan panjang, kulit Anda tetap bisa terbakar sinar matahari. Hal ini disebabkan sinar UV yang sangat kuat, sehingga bisa menembus ke lapisan kulit Anda. Kulit yang terbakar matahari terus menerus bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit.

Gejalanya juga beragam, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Berikut adalah gejala-gejala ringan terjadinya kulit terbakar sinar matahari:

  • Warna kulit memerah
  • Nyeri
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Dehidrasi

Jika Anda mengalami gejala-gejala ringan, maka Anda tidak perlu begitu cemas dan segera mengobatinya sesuai dengan gejala yang terjadi.

Selain itu, ada beberapa gejala berat yang bisa membahayakan saat kulit Anda terbakar. Jika Anda merasakan gejala-gejala ini, Anda sebaiknya mengunjungi dokter dan memeriksa kondisi kulit Anda. Berikut adalah gejala-gejala parah yang bisa terjadi saat kulit Anda terbakar matahari:

  • Demam tinggi
  • Kedinginan
  • Nyeri di sekujur tubuh
  • Kulit melepuh
  • Kelelahan
  • Dehidrasi

Baca Juga: Mengenal Derajat Luka Bakar dan Pengobatannya

Cara Mengobati Kulit Terbakar Matahari

Meski sudah melindunginya dengan baik, kulit Anda masih tetap bisa terkena sinar UV. Jika sudah terbakar, maka Anda tidak perlu khawatir. Berikut adalah beberapa tips untuk mengobati kulit Anda yang terbakar sinar matahari:

1. Menenangkan Kulit Dengan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang dapat mengobati kulit Anda setelah terbakar matahari. Tanaman ini juga sudah sangat banyak dijual di pasaran dalam bentuk pelembab berbentuk gel. Anda bisa menemukan berbagai merek lidah buaya dengan keunggulan yang berbeda-beda. Gunakanlah pelembab lidah buaya dengan kadar lidah buaya yang tinggi.

2. Mandi dengan Air Berisi Daun Pandan

Daun pandan adalah tanaman yang mudah Anda tanam di rumah, sama seperti lidah buaya. Keduanya juga sama-sama memiliki khasiat yang baik untuk mengobati kulit yang terbakar paparan sinar matahari.

Anda hanya tinggal mengisi bak mandi Anda dengan beberapa lembar daun pandan. Mandilah dengan air tersebut. Kandungan daun pandan dapat menenangkan kulit Anda yang terbakar matahari.

3. Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Pereda nyeri merupakan obat yang memiliki  kadar anti-inflamasi atau anti peradangan. Sehingga, mengonsumsi obat jenis ini bisa membantu Anda untuk mengatasi radang pada kulit yang terbakar matahari. Selain itu, jika Anda mengalami gejala lain seperti sakit kepala dan nyeri, meminum obat ini juga bisa mengatasi gejala-gejala tersebut. Salah satu obat pereda nyeri yang bisa Anda temukan dengan mudah adalah ibuprofen atau aspirin.

4. Minum Banyak Air

Tidak hanya di dalam tubuh Anda, tapi ketika Anda terpapar sinar matahari, kulit Anda juga membutuhkan cairan yang banyak. Jagalah kulit Anda agar selalu terhidrasi dengan minum air putih. Minum air putih juga membuat kulit Anda lebih cepat membaik dari rasa terbakar matahari.

Baca Juga: Manfaat Masker Mentimun untuk Kulit dan Cara Penggunaannya

Sumber

Medical News Today. (2017). Sunburn: Treatments, home remedies, and prevention.  www.medicalnewstoday.com 

WebMD. (2020). Article Sunburn: Causes, Symptoms, and Treatment. www.webmd.com

WebMD. (2020). Article Sun Poisoning: Symptoms and Treatment. www.webmd.com

Nourish by WebMD. (2020). Pandan Health Benefits, Nutrients per Serving, Preparation Information, and More. www.webmd.com