Cara Merawat Rambut dan Kulit Kepala Bagi Perempuan Berhijab

Image : naukrinama.com

Penulis : Adhenda | Editor : Atsa

Salah satu perjuangan yang dihadapi perempuan berhijab adalah menjaga rambut mereka agar tetap sehat dan dalam kondisi yang baik meskipun tertutup oleh hijab. Rambut adalah hal yang sangat feminim yang membuat perempuan terlihat lebih cantik, bahkan jika Anda mengenakan hijab bukan berarti mengabaikan kesehatan rambut.

Disadari atau tidak, kelenjar di kulit kepala Anda secara konstan melepaskan keringat dan sebum ketika kepala ditutupi dengan hijab, hal itu dapat memicu munculnya bakteri dan jamur yang mengakibatkan gatal, lengket dan bau yang tidak sedap. Berikut ini adalah cara merawat rambut dan kulit kepala bagi Anda yang berhijab.

1. Cuci Rambut 2-3 Kali Seminggu

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa kelenjar kulit kepala secara konstan melepaskan kelenjar dan minyak saat kepala tertutup hijab. Karena itulah rambut dan kulit kepala terasa lebih mudah lepek dan gatal.

Meski rambut Anda tidak terkena polusi karena tertutup hijab, jangan malas untuk mencuci rambut supaya kulit kepala tetap bersih dari minyak berlebih dan jauh dari masalah rontok serta ketombe. Pastikan juga untuk memakai shampoo yang sesuai dengan kondisi kulit kepala dan rambut.

2. Pastikan Rambut Anda Benar-Benar Kering Sebelum Diikat

Banyak dari Anda mungkin sudah tahu cara ini. Mengikat rambut yang basah sudah diketahui dapat merusak akar rambut, tetapi itu bisa lebih buruk terjadi bagi Anda yang berhijab karena rambut Anda tidak kering secara alami dan tetap diikat selama berjam-jam.

Anda bisa menghindari hal tersebut dengan merencanakan keramas beberapa jam sebelum Anda akan bepergian sehingga Anda memiliki banyak waktu untuk mengeringkan rambut sebelum harus mengikatnya dan mengenakan hijab. Jika Anda terburu-buru dan tidak bisa menunggu sampai rambut kering secara alami, gunakan hair dryer supaya rambut anda lebih cepat kering.

3. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Menggunakan kuncir rambut yang terlalu kencang bisa memperlambat sirkulasi di kulit kepala yang dapat menyebabkan rambut rontok, merangsang munculnya ketombe, dan produksi minyak. Jika rambut Anda panjang dan perlu di kuncir, ikat rambut dengan longgar, sehingga masih ada ruang untuk bernapas. Selain itu, biarkan rambut Anda terurai saat Anda sedang bersantai di rumah dan tidak mengenakan hijab.

4. Memijat Kulit Kepala

Memijat kulit kepala adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan rambut bagi Anda yang berhijab, karena dapat merangsang sirkulasi darah dan mencegah kekeringan pada rambut. Pastikan untuk memijat kulit kepala Anda dengan gerakan memutar menggunakan minyak alami setiap hari selama lima menit.

5. Menggunakan Masker Rambut

Bagi Anda perempuan berhijab yang memiliki masalah rambut rontok dan lepek dapat mencoba masker rambut yang terbuat dari minyak zaitun dan pisang. Kandungan yang terdapat dalam keduanya dipercaya ampuh untuk mengatasi berbagai masalah rambut dan kulit kepala.

Masker ini dapat Anda buat sendiri di rumah. Cara pemakaiannya, yaitu dengan mengoleskan masker rambut tersebut satu kali seminggu. Pijat-pijat lembut kulit kepala Anda dan diamkan kurang lebih 30 menit kemudian bilas bersih rambut Anda dengan shampo.

Krim, vitamin, dan beberapa pijatan lembut akan membantu rambut Anda tumbuh lebih baik dan lebih sehat. Ya memang sedikit ribet, tapi tenang saat ini sudah banyak kok salon kecantikan yang menawarkan perawatan rambut menggunakan bahan-bahan alami seperti diatas. Selain mampu menyehatkan rambut, bahan alami pastinya aman di kulit kepala.

6. Pilih Bahan Hijab yang Tepat

Sering kali perempuan tergoda untuk mendapatkan hijab yang motifnya bagus dan paling trendi. Sebenarnya memilih hijab sama seperti perawatan kulit, ada bahan yang harus dan tidak harus Anda gunakan. Beberapa bahan dapat membuat kepala Anda lebih berkeringat daripada yang lain. Kepala yang berkeringat dapat menyebabkan kulit kepala gatal, masalah jamur dan akhirnya menyebabkan rambut rontok.

Baca Juga6 Penyubur Rambut Alami untuk Rambut Tebal

Sumber :
Aboutislam (2018). Just For Women: How to Take Care of “Hijab-Hair”. www.aboutislam.net
Asateerscarves (2018). Hair Care Tips for Women Who Wear Hijab. www.assteerscarves.com
Dreachong (2018). Beauty Guide | Haircare Tips Every Muslim Woman Needs To Know. www.dreachong.com
Hijabforum (2018). 7 Simple and Easy-To-Do Hijab Hair Care Tips: Hair Care Under the Hijab. www.hijabforum.com
Larissa (2018). Perawatan Rambut Lepek Untuk Wanita Berhijab. www.larissa.co.id
Themuslimgirl (2018). Hair Care Tips for Hijabis. www.themuslimgirl.com