5 Cara Menggemukan Badan dengan Sehat

5 Cara Menggemukan Badan dengan Sehat

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Menambah berat badan secara sehat dengan meningkatkan massa otot sebenarnya sama sulitnya dengan menurunkan berat badan. Kekurangan berat badan juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan, sama seperti obesitas. 

Supaya tidak salah dalam menggemukan badan, berikut beberapa cara untuk menambah berat badan secara menyehatkan.

1. Makan lebih sering

Seseorang yang kekurangan berat badan akan merasa lebih cepat kenyang. Karena itu, akali dengan makan lebih sering meskipun dalam porsi kecil.

Penting untuk memilih makanan yang kaya nutrisi, supaya tidak hanya berat badan yang naik, namun nutrisi juga menjadi lebih baik. Daging tinggi protein baik daging merah, daging ayam dan ikan harus diperbanyak porsinya. 

Perbanyak juga makan buah dan sayur-sayuran. Jika sudah tidak ingin makan besar, Anda bisa mengakali dengan cemilan sehat seperti roti gandum, sereal terfortifikasi, dan sumber protein dengan lemak baik seperti alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Ingat, meski Anda ingin menaikan berat badan, perhatikan kelebihan gula dan lemak. Sepotong pai sesekali dengan es krim tidak apa-apa. Tetapi kebanyakan camilan harus sehat dan memberikan nutrisi selain kalori. Muffin roti gandum, yogurt, dan granola bar adalah pilihan yang baik untuk cemilan.

2. Minum susu setiap hari

Susu menggemukan badan dan membangun massa otot yang paling efektif. Minum susu setiap hari memberikan keseimbangan yang baik antara protein, karbohidrat, dan lemak. Susu juga merupakan sumber kalsium yang baik, serta kaya akan vitamin dan mineral.

3. Susu protein

Mengonsumsi susu protein adalah strategi umum yang dilakukan atlet dan binaragawan yang ingin menambah berat badan atau massa otot. Ada banyak jenis susu protein yang tersedia, seperti whey protein dan casein protein.

Suplemen susu protein dapat membantu Anda menambah massa otot, terutama bila dikombinasikan dengan latihan kekuatan. Suplemen protein ini mungkin menjadi lebih penting jika Anda juga melakukan latihan beban atau otot, karena Anda memerlukan lebih banyak protein untuk membentuk otot sehingga badan lebih berisi secara sehat (karena massa otot yang bertambah bukan lemak). Anda dapat meminum susu protein sebelum atau sesudah berolahraga.

4. Minum smoothies setiap hari

Minum smoothie bisa menjadi cara yang bergizi dan cepat untuk menambah berat badan. Membuat smoothie sendiri adalah cara terbaik karena jika Anda membeli smoothies jadi, sering kali ditambahkan dengan gula, komposisi terbatas dan kurang nutrisi. Smoothie yang dibuat sendiri juga memberi Anda kendali penuh atas rasa dan kandungan nutrisi.

Jika Anda tidak suka susu, campuran smoothie dan susu juga merupakan cara yang enak untuk menambahkan asupan susu ke dalam makanan Anda. Untuk meningkatkan protein pagi hari dengan mudah, coba campur buah-buahan, susu biasa atau susu protein, dan madu.

5. Latihan Otot / Kekuatan

Sama seperti olahraga dapat membantu orang menurunkan berat badan, olahraga juga dapat membantu untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat. 

Olahraga seperti latihan kekuatan dapat membantu Anda menambah berat badan dengan membangun otot. 

Baca Juga: 8 Sumber Protein Alami untuk Membentuk Otot

Sumber

Mayo Clinic. (2020). Nutrition and healthy eating. www.mayoclinic.com

Health Line. (2020). The 18 Best Healthy Foods to Gain Weight Fast. www.healthline.com

Verywell Fit. (2021). 13 Tips to Help You Gain Weight Fast. www.verywellfit.com

Nourish by WebMD. (2015). Healthy Ways to Gain Weight. www.webmd.com