Cara Mengatasi Permasalahan Pori Besar pada Wajah

Image : www.cosrx.co.kr

Kulit memiliki jutaan pori-pori, termasuk pada kulit wajah. Namun, pori-pori yang sehat tidak akan terlihat oleh mata telanjang. Pori-pori yang terlihat besar sering kali bikin stress, tidak sedap dipandang, apalagi saat memakai makeup. Belum lagi, biasanya berhubungan dengan produksi sebum atau minyak wajah yang berlebih.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasi permasalahan pori besar, sehingga bisa meminimalisir tampilannya yang mengganggu kenyamanan pemilik kulit maupun yang melihatnya.

Baca JugaPerawatan Wajah yang Wajib Dilakukan Setiap Hari

1. Gunakan pembersih wajah dengan pH seimbang

Gunakan pembersih wajah dengan pH yang seimbang. Umumnya sabun wajah yang dijual di pasaran memiliki pH tinggi, bagi kulit berminyak mungkin terasa nyaman karena seperti mengangkat semua minyak di wajah. Namun justru hal tersebut akan membuat produksi minyak menjadi lebih banyak lagi, dan pori-pori menjadi semakin besar. Gunakan pembersih wajah yang gentle dengan pH seimbang namun bisa membersihkan sangat dalam hingga ke pori (deep cleanser).

Dermatologist Amerika, Patricia Wexler, mengungkapkan bahwa lapisan pelindung di permukaan kulit idealnya memiliki kadar pH 5,5. Untuk wanita dewasa, kondisi terbaik pH cenderung ke golongan asam atau berada di kadar 4,2 – 5,6. Kulit yang kadar pH-nya terlalu tinggi atau basa bisa menjadi terlalu kering dan sensitif. Sedangkan jika kadar pH kulit terlalu rendah atau asam (di bawah 4), kulit bisa meradang, berjerawat dan sakit saat disentuh.

2. Eksfoliasi kulit wajah dengan BHA chemical exfoliator

Wajah dengan pori-pori besar paling rawan dengan masuknya kotoran yang akan menyumbat pori, seperti munculnya komedo hitam (blackheads).

Eksfoliasi wajah dengan chemical exfoliator yang non-abrasive sangat cocok untuk masalah kulit berpori besar. Kandungan BHA dalam eksfoliator ini mampu membersihkan hingga ke dalam pori-pori wajah yang sulit dibersihkan.

3. Gunakan clay mask

Gunakan clay mask sekali dalam seminggu secara rutin. Clay mask sangat efektif dalam menyerap minyak, mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang terjebak dalam pori-pori, dan mengencangkan pori-pori. Nutrisi dari masker berbahan dasar clay dapat diserap oleh kulit ketika diaplikasikan pada wajah.

Selain itu, clay mask tidak seperti masker biasa yang membuat kulit terasa kering dan tertarik. Pemakaian clay mask justru sangat bagus dalam menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit, lho.

4. Gunakan skincare dengan kandungan yang sesuai

Gunakan skincare dengan kandungan yang sesuai untuk merawat pori-pori besar, seperti bentonite, kaolinite, dan niacinamide. Bentonite bekerja dengan menyeimbangkan produksi sebum pada kulit wajah, mengencangkan pori, dan menjaga elastisitas kulit. Kaolinite mampu menyerap minyak dan menyeimbangkan produksi sebum. Niacinamide membantu mengencangkan pori-pori, meregenerasi sel kulit mati, dan mengandung antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit wajah.

Hindari juga produk perawatan kulit dengan bahan penyumbat pori (pore-clog) dan komedogenik seperti coconut oil, isopropyl myristate, isopropyl palmitate, dan olive oil.

Baca Juga : Kenali Jenis Kulitmu dan Skincare yang Sesuai

Itulah beberapa cara untuk mengatasi permasalahan pori – pori besar pada wajah. Wajah dengan pori-pori besar memang rawan dengan masuknya kotoran yang akan menyumbat pori. Jadi, selalu rawat kulit wajah dan jaga kebersihan pada wajah, ya.

Sumber :
Editorial Femaledaily. (2015). Beta Hydroxy Acid (BHA), Eksfoliasi untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat. www.editorial.femaledaily.com
Karina Giglio. (2013). The Key to Great Skin. www.womenshealthmag.com
Leslie Bauman. (2017). How to Reduce the Size of Your Pores. www.lesliebaumannmd.com
SK II. 3 Cara Mengatasi Pori-Pori Besar. www.sk-ii.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.