Cara Mengatasi Flek pada Kulit Wajah

Image : www.baomoi.com

Masalah kulit wajah yang membuat seseorang tidak percaya diri selain jerawat yaitu munculnya flek hitam pada wajah.

Kalau kamu khawatir dengan flek atau bintik hitam yang akan mengurangi kecantikan pada wajah, sekarang saatnya untuk mengetahui penyebab munculnya bintik hitam, dan bagaimana cara mengatasi flek pada wajah selamanya.

Apa Penyebab Munculnya Flek?

Flek pada wajah disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan. Hal tersebut bisa dipicu karena paparan matahari atau jerawat.Ya, umumnya semua pasti sudah menyadari kalau flek dipicu karena paparan matahari, tapi jerawat? Jerawat juga memiliki potensi untuk merangsang melanosit, sel-sel pembuat pigmen di kulit, untuk menjadi flek. Pasti banyak juga yang mengalami saat jerawat hilang justru meninggalkan bekas bintik kecokelatan.

Tapi ada juga orang-orang yang meski terpapar matahari atau jerawatnya sembuh, kulitnya tidak meninggalkan bintik-bintik hitam atau kecokelatan. Hal tersebut karena jenis kulitnya memang non-pigmented.

Bintik hitam juga akan muncul seiring bertambahnya usia. Kulit tidak bisa lagi memproduksi sel – sel kulit baru sebaik saat masih muda.

Baca Juga : Kenali Jenis Kulitmu dan Skincare yang Sesuai

Dengan kata lain, tingkat pigmentasi kulit setiap orang memang bervariasi, ada yang non-pigmented ada juga yang sedikit pigmented hingga cukup banyak.

Namun, terimakasih pada munculnya banyak inovasi skincare saat ini. Kini ada beragam produk dengan beragam pilihan harga dan kualitas yang dapat membantu dalam mengatasi flek atau bintik hitam pada wajah.

Rangkaian Skincare yang Diperlukan

Rangkaian skincare yang tepat akan membantu permasalahan flek dengan cara mengontrol jumlah melanin di dalam tubuh. Minimal skincare yang wajib dimiliki untuk permasalahan flek ada 3 rangkaian. Kamu juga bisa menambahkankan rangkaiannya sesuai kemampuan dan kebutuhan.

1. Tabir Surya

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari (UV) yang dapat memicu flek, pengaplikasian tabir surya tidak boleh dilewatkan setiap hari. Jangan sepelekan paparan sinar matahari, bahkan saat berada di dalam ruangan, tabir surya harus digunakan.

Gunakan tabir surya yang memiliki kandungan SPF dan PA yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah. Kalau kulitmu menjadi flek karena sinar matahari, maka gunakan SPF 50. Namun jika pigmentasi kulit terjadi karena bekas jerawat, SPF 30 sudah cukup. Gunakan juga tapir surya dengan PA minimal PA+++.

Baca Juga : SPF dan PA pada Tabir Surya

2. Serum Wajah

Serum wajah berupa cairan bertekstur ringan, mengandung bahan aktif yang cepat diresap oleh kulit.  Persentase bahan aktif dalam serum lebih kaya dan sangat terkonsentrasi daripada kandungan bahan aktif dalam toner dan krim wajah biasa

Serum bekerja secara khusus menargetkan isu-isu kulit yang lebih spesifik. Ada banyak sekali serum-serum yang ditujukan untuk permasalahan seperti bintik hitam dan flek. Kandungan bahan aktif yang diandalkan pada serum untuk bintik hitam pada wajah diantaranya galactomyces, niacinamide, dan ascorbyl glucoside.

3. Krim Wajah

Kulit wajah selalu memerlukan kelembaban atau hidrasi sepanjang hari. Penggunaan krim wajah membantu dalam memberikan hidrasi pada kulit.

Selalu gunakan day cream di pagi hari untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap polusi dan radikal bebas. Gunakan juga krim wajah khusus malam hari. Krim malam umumnya lebih kaya nutrisi yang bekerja ekstra saat beristirahat. Pada malam hari kulit juga lebih reseptif dalam merasap nutrisi skincare. Gunakan krim khusus untuk masalah flek wajah, atau gunakan krim pencerah sesuai jenis kulit.

Baca Juga : Perawatan Wajah yang Wajib Dilakukan Setiap Hari

Itulah cara mengatasi bintik hitam pada wajah. Terapkan rangkaiannya secara rutin, untuk hasil yang lebih sempurna bisa juga menambahkan rangkaian seperti toner dan essence. Lakukan juga eksfoliasi pada wajah seminggu sekali untuk membantu dalam meregenerasi kulit yang baru.

 

Sumber :
Gerhard Whitworth. (2018). How to Treat Skin Hyperpigmentation Naturally. www.healthline.com
Hani R. (2017). Penyebab, Ciri Flek Hitam di Wajah dan Solusinya. www.perfectbeauty.id
Marie Claire. (2018). Skin Pigmentation Products to Fight Blemishes, Dark Spots and Dull Skin. www.marieclaire.co.uk
Nivea. Benefits of Using Day and Night Cream. www.nivea.com.au
SK II. Cara Mendapatkan Kulit Cantik, Bebas Bintik Hitam. www.sk-ii.co.id