Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah – Pecah

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Apa Anda mengalami masalah bibir kering? Pasti rasanya nggak enak sekali, ya. Selain karena mengganggu penampilan, bibir juga jadi rawan terluka dan terasa sakit. Bahkan sering juga saat tersenyum terasa tertarik dan jadi mudah luka.

Nah, untuk mengatasi bibir kering atau pecah-pecah, beberapa cara berikut bisa Anda terapkan. Simak pembahasannya.

1. Banyak minum air putih

Bibir kering bisa disebabkan oleh beragam faktor, tapi yang paing sering sebenarnya adalah kurang minum. Ketika tubuh kekurangan asupan cairan, beragam permasalahan organ dan tubuh bisa terjadi, salah satunya yaitu bibir kering dan mengelupas.

Cara utama untuk mengatasi bibir kering yaitu dengan mengonsumsi air putih yang yang cukup agar tubuh terhindar dari dehidrasi dan bibir tidak kering. Pastikan untuk mengonsumsi air putih minimal 2 liter per hari.

2. Banyak makan buah dan sayur

Buah dan sayur kaya nutrisi dan vitamin yang baik untuk kulit, termasuk untuk bibir. Anda juga bisa mengolahnya sebagai jus supaya lebih nikmat. Konsumsi sayur dan buah kaya vitamin A, C, B, dan mineral secara rutin supaya hidrasi pada bibir selalu terjaga.

3. Gunakan pelembab bibir

Gunakan pelembap bibir atau lip balm secara teratur dan setiap hari untuk mengatasi bibir kering. Pilih pelembab bibir dengan kemasan praktis, supaya Anda mudah membawanya kemanapun. Saat beraktivitas, jika bibir terasa mulai kering, segera oleskan kembali pelembab bibir Anda.

4. Masker dengan potongan timun atau tomat

Timun dan tomat kaya akan air dan vitamin C yang baik untuk mengembalikan dan menjaga kelembapan kulit. Bukan cuma kulit menjadi lebih lembab, warna bibir juga akan menjadi lebih cerah.

5. Oleskan madu

Jika punya madu murni di rumah, Anda juga bisa menggunakannya sebagai masker untuk melembabkan bibir. Oleskan sedikit madu pada permukaan bibir sambil dipijat perlahan. Madu sangat baik untuk melembabkan kulit, termasuk memberikan nutrisi pada bibir Anda supaya lembut dan tidak pecah-pecah.

6. Rajin melakukan scrub bibir

Lakukan scrubbing pada bibir setidaknya 2 kali seminggu untuk membantu mengangkat kulit kering yang mengelupas. Hal ini akan membantu dalam mengatasi pecah-pecah pada bibir.

Banyak sekali produk scrub bibir di jual di pasaran. Namun, supaya lebih aman Anda bisa membuat sendiri juga di rumah. Tidak sulit membuatnya, hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan gula pasir dan sedikit madu. Aduk rata, lalu gosokkan perlahan pada bibir.

7. Hindari kebiasaan menggigit atau menjilat bibir

Hindari kebiasaan menggigit dan menjilati bibir, ya. Air liur justru akan membuat bibir Anda semakin kering. Hal tersebut dikarenakan air liur yang cepat menguap. Selain itu, hindari juga menggigit bibir, apalagi bibir yang kering supaya tidak menimbulkan luka pada bibir atau pengelupasan yang semakin besar. Jika bibir terasa kering, segara lembabkan dengan minum air putih lalu gunakan lip balm.

Baca JugaKetahui 7 Manfaat Vitamin C untuk Kulit

 

Sumber :
The Body Shop. 10 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah. www.thebodyshop.co.id
Vaseline. 7 cara mengatasi bibir kering dan bibir pecah pecah yang efektif. www.vaseline.co.id
Beautynesia. (2016). Tips Merawat Bibir Kering dan Pecah-Pecah Saat Puasa. http://beautynesia.id