Cara Mencegah dan Mengatasi Karang Gigi

Image: tourtooth.com

Penulis: Dina R | Editor: Niahappy

Sebagian orang pasti mengalami masalah pada gigi. Karang gigi merupakan salah satu masalah yang sering dijumpai. Sebelumnya, Anda perlu tahu terlebih dahulu apa itu karang gigi?

Karang gigi atau kalkulus gigi adalah plak yang mengeras pada permukaan gigi. Sisa makanan yang menempel, dan tidak dibersihkan dengan benar ataupun kebiasaan merokok biasanya akan menjadi plak lalu mengendap menjadi karang gigi.

Nah, karang gigi ini bertekstur kasar. Ada yang berwarna kuning, kekuningan, kecoklatan ataupun kehitaman. Karang gigi juga merupakan tempat melekatnya kuman-kuman dalam mulut.

Tak main-main, karang gigi dapat merusak penampilan gigi Anda bahkan membuat mulut menjadi bau lho! Tentu saja hal tersebut dapat membuat rasa percaya diri berkurang.

Selain itu, karang gigi juga dapat menyebabkan penyakit gusi berdarah dan bernanah, gigi renggang, linu, goyang bahkan lepas.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengetahui cara mencegah dan mengatasi karang pada gigi. Cara mencegah terbentuknya karang gigi yaitu dengan menjaga kebersihan gigi, seperti berikut:

Baca Juga : Cara Merawat dan Menangani Gigi Berlubang

1. Menyikat gigi dengan benar minimal dua kali sehari.

Pastikan semua bagian gigi disikat dengan bersih sehingga tidak ada sisa makanan atau kotoran yang menempel. Biasanya sebagian orang malas untuk menyikat gigi apalagi dua kali sehari, namun bila ingin mencegah terbentuknya karang gigi. Maka, rajin-rajinlah menyikat gigi minimal dua kali sehari ya!

2. Jangan makan sembarangan.

Bakteri di mulut tentu saja berasal dari makanan yang Anda makan. Saat bakteri bertemu dengan makanan manis dan bertepung, maka bakteri akan mengeluarkan zat asam. Hal tersebut menjadi kesempatan bagi mereka untuk berkembang biak. Jadi, Anda harus berhati-hati dalam memilih makan lho!

3. Hindari merokok.

Karang gigi lebih banyak ditemui pada para perokok ketimbang non perokok. Zat-zat yang terkandung dalam rokok dapat menimbulkan karang gigi yang sulit sekali dibersihkan. Oleh sebab itu, untuk mencegah terbentuknya karang gigi sebaiknya Anda tidak merokok ya!

Baca Juga : Mana Lebih Baik: Rokok Tembakau vs Rokok Elektrik

4. Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, dan menggunakan pembersih mulut.

Fluoride dapat mencegah plak berkembang sehingga gigi Anda dapat terhindar dari pembentukan karang gigi. Lalu, pembersih mulut juga dapat menjadi perlindungan ekstra bagi kesehatan gigi dan mulut Anda.

5. Periksalah ke dokter gigi setiap enam bulan sekali

Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengecek kesehatan gigi Anda. Tidak ada salahnya memeriksa ke dokter gigi, dengan begitu Anda jadi tahu apakah pada gigi Anda terdapat karang gigi ataukah tidak? Selain itu, kesehatan gigi Anda pun menjadi terkontrol lho!

Tapi, bila karang gigi sudah terlanjur muncul pada gigi Anda. Apa yang harus dilakukan? Nah, tenang dulu ya. Berikut cara mengatasi karang pada gigi:

1. Melakukan scaling ke dokter gigi

Scaling adalah pembersihan karang gigi yang dilakukan oleh dokter gigi dengan alat khusus. Dokter gigi akan memeriksa karang gigi pada gigi Anda, lalu membersihkannya sekitar 20-30 menit. Dokter juga akan memberi obat kumur agar gigi Anda jadi lebih bersih.

2. Gunakan baking soda

Bila Anda tidak ingin ke dokter, ada cara alternatif untuk mengatasi karang gigi salah satunya dengan menggunakan baking soda. Baking soda dapat dijadikan sebagai pasta gigi. Adapun caranya yaitu campurkan 1 sdm baking soda dengan garam, dan aduk hingga rata. Lalu, celupkan sikat gigi pada campuran tersebut. Sikatkan pada gigi selama 2 menit, kemudian kumur. Jangan lupa, lakukan dengan rutin yaa!

3. Gosok dengan kulit jeruk

Jeruk adalah buah yang mengandung banyak vitamin, dan nutrisi. Jeruk juga dapat dijadikan bahan alami untuk mengatasi karang gigi lho! Pertama, bersihkan dulu kulit jeruk tersebut. Kemudian, gosok secara langsung dengan rata pada gigi. Setelah digosok, diamkan semalam dan berkumurlah ketika esok. Sebaiknya, lakukanlah setiap hari saat menjelang tidur.

4. Kunyah daun sirih

Pasti Anda tahu kalau orang yang sudah tua biasanya suka mengunyah daun sirih bukan? Kebiasaan tersebut dilakukan agar gigi kuat, dan mulut tidak bau. Daun sirih juga dapat membersihkan karang gigi, lho! Caranya yaitu dengan ambil selembar daun sirih, dan tambah dengan 1 batang cengkeh. Kemudian, haluskan tapi jangan terlalu halus, lalu kunyah.

5. Kunyah biji wijen

Biji wijen ampuh mengatasi karang pada gigi karena dapat menjadi scrub alami. Caranya juga terbilang mudah, tak perlu ditumbuk atau dijadikan pasta gigi. Melainkan, ambil segenggam biji wijen dan kunyahlah. Tapi, jangan ditelan ya!

Selama Anda rajin menjaga kesehatan gigi dan mulut, tentu gigi Anda dapat terhindar dari karang gigi. Nah, sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Bila gigi dan mulut Anda sehat dan bersih, tentu Anda akan percaya diri. Jadi, jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan gigi dan mulut, ya!

Baca Juga : 8 Penyebab Bau Mulut dan Tips Menghilangkannya

Sumber:
Sintawati & Indirawati Tjahja N. (2007). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebersihan Gigi dan Mulut Masyarakat DKI Jakarta Tahun 2007. Jurnal Ekologi Kesehatan Vol. 8 No. 1.
Ni Wayan Arini. (2013). Perilaku Pasien Terhadap Upaya Pembersihan Karang Gigi di BPG Puskesmas II Denpasar Timur Kota Denpasar. Jurnal Kesehatan Gigi Vol. 1 No. 1.
Fimela. (2017). Ladies, Membersihkan Karang Gigi Ternyata Bisa Mengusir Bau Mulut. www.fimela.com
Liputan6. (2018) 11 Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Harus Pergi ke Dokter Gigi. www.liputan6.com
Merdeka (2018). 4 Bahan Dapur Ini Ampuh Bersihkan Karang Gigi. www.merdeka.com