Cara Kerja Nifedipine untuk Atasi Hipertensi

Cara Kerja Nifedipine untuk Atasi Hipertensi

Penulis: Fajar | Editor: Ratna

Nifedipine merupakan obat untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Obat ini berfungsi untuk mencegah beberapa jenis nyeri dada (angina).

Obat ini memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih banyak dan mengurangi frekuensi serangan angina. Nifedipine termasuk dalam kelas obat penghambat saluran kalsium.

Ia bekerja dengan merelaksasi pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir lebih mudah. Obat ini harus diminum secara teratur agar efektif.

Nifedipin dapat digunakan sebagai bagian dari terapi kombinasi. Anda mungkin perlu meminumnya dengan obat-obatan lain.

Jika Anda menggunakannya untuk mengobati tekanan darah tinggi, Anda dapat meminumnya dengan obat lain yang menurunkan tekanan darah. Jika Anda menggunakannya untuk mengobati angina, Anda dapat meminumnya dengan nitrat (produk nitrogliserin) atau beta-blocker.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Sebelum Mengkonsumsi Nifedipine

Anda tidak boleh menggunakan nifedipine jika Anda memiliki penyakit arteri koroner yang parah, atau jika Anda pernah mengalami serangan jantung dalam 2 minggu terakhir.

Sebelum mengonsumsi nifedipine, beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki penyakit ginjal atau hati, penyumbatan pada saluran pencernaan (lambung atau usus), riwayat operasi perut, penyakit arteri koroner, tiroid yang kurang aktif, diabetes, atau gagal jantung kongestif.

Jika Anda memerlukan pembedahan, beri tahu ahli bedah sebelumnya bahwa Anda menggunakan nifedipin. Anda mungkin perlu berhenti mengonsumsinya dalam waktu yang singkat.

Jangan berhenti minum nifedipine tanpa terlebih dahulu berbicara dengan dokter Anda, bahkan jika Anda merasa baik-baik saja.

Berhenti tiba-tiba dapat memperburuk kondisi Anda. Tekanan darah tinggi seringkali tidak menunjukkan gejala.

Belum diketahui apakah nifedipine akan membahayakan bayi yang belum lahir. Konsultasikan dokter Anda jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil saat menggunakan obat ini.

Obat ini dapat masuk ke dalam ASI dan dapat membahayakan bayi yang menyusui. Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang menyusui bayi.

Tablet extended-release nifedipine mungkin mengandung laktosa. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum menggunakan bentuk nifedipine ini jika Anda memiliki intoleransi galaktosa, atau masalah parah dengan laktosa (gula susu).

Efek Samping

Tablet oral nifedipine tidak menyebabkan kantuk. Namun, itu dapat menyebabkan efek samping lain. Efek samping yang lebih umum yang mungkin muncul, antara lain:

  • Sakit kepala
  • Mual
  • Pusing atau sakit kepala ringan
  • Flushing (kemerahan pada kulit)
  • Maag
  • Kram otot
  • Sembelit
  • Batuk
  • Penurunan kemampuan atau keinginan seksual
  • Edema (pembengkakan di kaki atau kaki)

Efek ringan ini bisa hilang dalam beberapa hari atau beberapa minggu. Jika muncul efek lebih parah atau tidak hilang, bicarakan dengan dokter atau apoteker Anda.

Efek samping serius

Hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius. Efek samping yang serius dan gejalanya dapat meliputi:

  • Edema (retensi cairan) dengan gejala Pembengkakan di lengan, tangan, kaki bagian bawah, kaki, atau pergelangan kaki.
  • Reaksi alergi dengan gejala kesulitan bernapas, kesulitan menelan, ruam atau gatal-gatal, pembengkakan pada wajah, mata, bibir, atau lidah.
  • Tekanan darah rendah atau detak jantung rendah dengan gejala pusing, pingsan.
  • Kerusakan hati dengan gejala menguningnya kulit, menguningnya bagian putih mata.
  • Nyeri dada (angina) yang lebih buruk atau lebih sering terjadi

Obat lain yang akan mempengaruhi nifedipine

Obat lain dapat bereaksi jika digunakan bersamaan dengan nifedipine, termasuk obat resep dan obat bebas, vitamin, dan produk herbal. Beri tahu setiap penyedia layanan kesehatan Anda tentang semua obat yang Anda gunakan sekarang dan obat apa pun yang Anda mulai atau hentikan penggunaannya.

Baca Juga: Obat Antihipertensi untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sumber

Drugs. (2020). Nifedipine . www.drugs.com

Healthline. (2018). Nifedipine, Oral Tablet. www.healthline.com

Mayo Clinic. (2021). Nifedipine (Oral Route). www.mayoclinic.org

Web MD. Nifedipine. www.webmd.com