Cara Mudah Hilangkan Kutu Rambut Si Kecil

Image: fitnistics.com

Penulis: Niahappy

Anak Anda seringkali mengeluh rasa gatal di kepala? Bisa jadi terdapat kutu di rambut anak Anda, sebab kutu akan membuat rambut yang ditempatinya terasa gatal-gatal hingga menyebabkan iritasi.

Kutu rambut adalah serangga kecil yang hidup di kepala manusia, ia mampu menghisap darah di kepala. Kutu juga bisa bertelur, telur kutu rambut biasanya menempel di helai-helai rambut.

Anak-anak yang masih sekolah, biasanya rentan terkena kutu rambut. Karena anak-anak cenderung lebih aktif bergerak di bawah terik matahari dan bermain kotor seperti bermain pasir, tanah atau terkena debu sehingga rambut menjadi kotor, lengket, dan lepek. Keadaan rambut itulah yang menyebabkan kutu rambut hidup.

Untuk mencegah rambut anak Anda dari kutu, seringlah mengecek rambut putra-putri Anda menggunakan sisir serit dan menjaga kebersihan rambut anak Anda dengan keramas dua kali sehari.

Jika kutu rambut terlanjur hidup di rambut anak Anda, tidak perlu khawatir, berikut cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami:

Baca Juga : 6 Cara Ampuh Rambut Anak Lebat dan Hitam 

1. Sisir Serit

Sisir serit sangat mudah ditemui. Sisir serit yang semakin sempit maka makin cepat dan efektif untuk menghilangkan kutu.

Caranya menggunakan sisir serit di rambut anak Anda, pertama basahi rambut terlebih dahulu. Karena rambut yang basah akan memperlambat jalannya kutu di kulit kepala, kondisi rambut yang lembap juga membuat kutu jadi lebih mudah terlihat. Lakukan menyisir rambut dengan sisir serit sesering mungkin hingga kutu benar-benar hilang dari kulit kepala anak Anda.

2. Cuka Sari Apel

Sifat asam dari cuka apel mampu untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan cepat. Namun karena sifatnya yang sangat asam, sebaiknya gunakanlah dengan hati-hati agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit kepala anak Anda. Anda dapat menambahkan beberapa cuka sari apel dengan tambahan air hangat untuk mengurangi keasamannya dan menggosoknya di seluruh kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas hingga benar-benar bersih.

3. Minyak Zaitun

Tidak perlu diragukan lagi manfaat minyak zaitun bagi manusia. Salah satunya dapat menghilangkan kutu di rambut lho. Jika Anda takut menggunakan cuka apel di kulit kepala anak Anda, Anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun, karena tidak sekeras cuka apel.

Caranya mudah oleskan minyak zaitun di seluruh kulit kepala dan rambut, kemudian tutup menggunakan shower cap. Diamkan selama satu jam, hal ini akan membuat kutu tak bisa bernafas dan akan segera mati. Setelah itu, keramaslah anak Anda menggunakan sampo dan bilas sampai bersih. Sisir rambut si kecil dalam kondisi basah untuk menghilangkan kutu-kutu yang mati. Lakukanlah secara rutin sampai kutu benar-benar hilang.

4. Baby Oil

Kegunaan baby oil selain untuk melembutkan kulit bayi ternyata juga bisa untuk menghilangkan kutu rambut lho. Baby oil dapat membuat kutu rambut mabuk dalam sekejap. Caranya masih sama seperti Anda menggunakan minyak zaitun. Cukup oleskan baby oil di kulit kepala anak Anda, kemudian diamkan selama satu jam kemudian bilas hingga bersih.

5. Jeruk Nipis

Jeruk nipis ternyata tidak hanya memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh saja lho, namun juga bisa digunakan sebagai obat pengusir kutu rambut. Campuran air perasan jeruk nipis dengan minyak kayu putih akan membuat bau menyengat sehingga kutu beserta telurnya akan mati dalam waktu singkat.

Untuk mengaplikasikannya, campurkan air perasan jeruk nipis dengan tambahan minyak kayu putih. Kemudian oleskan di kepala  anak Anda, lalu diamkan selama satu jam. Kemudian bilas hingga bersih dan langsung Anda sisir menggunakan serit agar kutu dan telurnya jatuh dan hilang.

6. Bawang Putih

Aroma bawang putih yang kuat ternyata dapat membasmi kutu rambut lho. Cara mengaplikasikannya mudah, siapkan sepuluh siung bawang putih yang sudah dihaluskan, kemudian campurkan dengan perasan air jeruk nipis. Oleskan pada kulit kepala anak Anda, diamkan selama kurang lebih satu jam. Setelah itu bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

Baca Juga : Cara Melatih Keterampilan Motorik pada Anak Berdasarkan Usia

Sumber:
Live Strong. How to Treat Fleas in Human Hair. www.livestrong.com
Our Everyday Life. (2017). How to Naturaly Get Rid of Fleas From Your Child’s Hair. www.oureveydaylife.com
Merdeka. (2018). 9 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Secara Alami dan Permanen. www.merdeka.com
Fleabites.net. How to Treat Fleas in Human Hair. www.fleabites.net