Cara Efektif Hilangkan Bekas Cacar Air

hilangkan bekas cacar

Penulis: Dita | Editor: Atsa

Cacar air merupakan salah satu penyakit kulit yang sangat mudah menular. Ada jutaan orang di seluruh dunia yang setidaknya pernah sekali seumur hidup terkena cacar. Selain rasa gatal yang kerap menyerang dan membuat tidak nyaman, bekas luka yang ditinggalkan bisa sangat mengganggu. Apalagi jika berada di area-area terbuka seperti wajah.

Luka bekas cacar umumnya tidak bisa hilang begitu saja. Mengembalikan warna kulit menjadi sama seperti semula membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Dengan beberapa langkah mudah, Anda bisa mengurangi jejak-jejak luka yang ditinggalkan oleh cacar air yang Anda derita. Simak langkah-langkah menghilangkan bekas cacar air berikut ini!

Pemberian Vitamin E

Vitamin E telah lama dianggap sebagai obat mujarab untuk berbagai masalah kerusakan kulit. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya mampu menjaga kulit dari berbagai macam radikal bebas. Beberapa bahan makanan seperti kacang almond, bayam, lemon dan avokad bisa menjadi sumber vitamin E yang cukup tinggi.

Anda juga bisa menggunakan suplemen vitamin E yang banyak dijual di pasaran. Pertama-tama bersihkan bekas luka lalu keringkan. Setelahnya ambil satu butir kapsul vitamin E, keluarkan isinya lalu oleskan di atas bekas luka sebelum tidur.

Krim Retinol

Retinol merupakan turunan yang kuat dari vitamin A yang terbukti secara klinis meningkatkan produksi kolagen. Gabungan dari retinol dan asam glikolat terbukti ampuh menghilangkan bekas luka seperti jerawat. Oleskan krim retinol di atas bekas luka sebelum tidur untuk menstimulasi kolagen di area tersebut.

Krim Penghilang Bekas Luka

Krim penghilang bekas luka mengandung berbagai kombinasi bahan yang diperkirakan dapat membantu mencegah bekas luka dan mengurangi tampilannya yang tampak mengganggu. Anda bisa bertanya kepada tenaga kesehatan di sekitar Anda untuk merek krim penghilang bekas luka terbaik.

Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan proses penghilangan sel-sel kulit yang sudah tua dan mati. Pada bekas luka, melakukan eksfoliasi bisa membantu menghilangkan jaringan yang kasar bekas luka cacar air. Dengan begitu, jaringan yang lebih muda di bawahnya bisa menggantikan yang sudah rusak.

Proses eksfoliasi bisa dilakukan dengan dua cara yakni cara mekanik dan kimia. Eksfoliasi mekanis termasuk menggunakan scrub wajah atau batu apung yang memiliki tekstur kasar untuk mengikis sel-sel kulit mati. Sementara itu proses eksfoliasi kimia bisa Anda coba lakukan dengan menggunakan losion, salep atau sabun mandi yang mengandung zat kimia yang mampu menyingkirkan lapisan sel kulit yang sudah tua.

Peremajaan Fotofasial

Untuk hilangkan bekas luka cacar air yang berada di wajah, teknik photofacial rejuvenation bisa Anda pilih untuk membantu menghilangkannya sisa cacar air. Peremajaan fotofasial ini merupakan perawatan laser yang berfokus pada lesi kulit. Dengan menggunakan energi cahaya berintensitas tinggi, sel kulit akan dibantu untuk melalui proses peremajaan. Perawatan ini juga bisa meningkatkan produksi kolagen sehingga permukaan kulit terasa halus. Bonus lainnya, bekas kemerahan dan kerutan juga bisa diatasi dengan menggunakan teknik photofacial rejuvenation.

Eksisi Bekas Luka

Untuk hilangkan bekas luka cacar air yang parah dan tidak bisa diatasi dengan pengobatan alami, Anda bisa melakukan penghilangan dengan proses eksisi. Setelah Anda dibius, dokter akan melakukan prosedur operasi untuk mengangkat jaringan bekas luka. Untuk luka berlubang yang dalam dan cekung, metode ini cenderung paling efektif.

Microneedling

Microneedling masih termasuk salah satu prosedur baru dalam penghilangan bekas luka yang dilakukan dengan menggunakan alat khusus. Setelah daerah bekas luka diolesi obat bius, dokter akan menggunakan alat microneedling dengan tekanan yang cukup besar. Proses ini membantu menstimulasi produksi kolagen sehingga permukaan kulit perlahan akan kembali tampak halus seperti semula. Untuk hasil yang maksimal, Anda perlu mengulang prosedur ini selama beberapa kali.

Itulah beberapa prosedur menghilangkan bekas luka cacar air baik secara alami hingga menggunakan metode kedokteran rumit seperti bedah dan laser.

Baca Juga: Cara Mencegah Munculnya Luka Bekas Cacar Air

 

Sumber:
Made Of (2019). Removing Chicken Pox Scars – The Top 13 Ways For Safe Removal. www.madeof.com
Healthline (2018). What Treatments Fade or Remove Chickenpox Scars? www.healthline.com
Visi How (2016). Get Rid of Chickenpox Scars. www.visihow.com
Medical News Today (2018). Best Treatments for Chickenpox Scar Removal. www.medicalnewstoday.com