Cara Ampuh Hilangkan Kerutan di Bawah Mata dengan Bahan Alami

Image: nowloss.com

Penulis: Dhiya | Editor: Niahappy

Munculnya kerutan di bawah mata merupakan salah satu masalah bagi sebagian wanita. Sebab, kerutan di bawah mata akan membuat wajah Anda tampak lebih tua dan terlihat kurang segar lho. Kerutan di bawah mata tidak dialami oleh wanita dewasa saja, bahkan tidak sedikit wanita remaja sudah memiliki kerutan di bawah mata. Hal tersebut bisa saja terjadi karena faktor genetik.

Namun sebenarnya keriput di bawah mata bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti merokok, polusi udara, dan ekspresi wajah yang berlebih. Bagi Anda yang sudah memasuki usia dewasa, biasanya elastisitas kulit akan berkurang secara alami diakibatkan menurunnya produksi jaringan ikat dan minyak kulit.

Lalu bagaimana cara menghilangkannya? Terdapat beberapa bahan alami yang bisa membantu Anda mengatasi masalah kerutan di bawah mata berikut ini:

Baca Juga : 7 Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam Pada Mata Panda 

1. Aloe Vera Gel

Aloe vera gel yang populer dikenal sebagai pelembab wajah ini memiliki manfaat lain untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Sudah banyak produk aloe vera gel yang dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran. Namun, akan lebih baik jika Anda mendapatkannya langsung dari tanaman lidah buaya.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan satu potong daun lidah buaya, setelah itu kupas bagian kulitnya dan ambil gelnya. Lalu aplikasikan secukupnya pada kulit bawah mata. Anda bisa menggunakannya sebagai masker tidur atau diamkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Anda juga bisa mengkombinasikan aloe vera gel dengan kapsul vitamin E supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

2. Masker Alpukat

Salah satu buah yang biasa dijadikan jus ini memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Alpukat mengandung antioksidan, vitamin, dan lemak sehat. Alpukat juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang baik untuk membantu menghilangkan kerutan. Anda dapat menggunakan alpukat sebagai masker wajah.

Terdapat dua cara untuk mengaplikasikannya, yang pertama Anda dapat menggunakannya dengan cara mengiris tipis daging alpukat dan letakkan di bawah mata. Kedua, Anda dapat mengolahnya menjadi pasta dan aplikasikan pada seluruh wajah. Lalu diamkan selama beberapa menit dan posisikan tubuh Anda supaya rileks. Kemudian, bilas wajah Anda dengan air bersih.

3. Masker Putih Telur

Selain masker alpukat, masker putih telur juga dapat membantu Anda menghilangkan kerutan di bawah mata. Karena putih telur mengandung kolagen dan protein. Kolagen membantu mengatasi kerutan di bawah mata, sementara protein berfungsi untuk meningkatkan elastisitas kulit wajah. Putih telur juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori, serta membuat wajah tampak lebih cerah.

Untuk membuat masker putih telur, Anda perlu menyiapkan dua butir telur yang sudah dipisahkan dari kuning telur. Kocok putih telur sampai berbusa, kemudian aplikasikan sedikit pada bawah mata dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk wajah. Lakukan secara rutin supaya kulit di bawah mata terasa lebih kencang sehingga dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

Baca Juga : 9 Masker Homemade Ampuh, Praktis dan Ekonomis 

4.  Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung vitamin E yang tinggi sebagai nutrisi baik yang dapat mengatasi kerutan. Minyak kelapa juga mengandung antioksidan yang sangat berkhasiat untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Selain itu minyak kelapa juga akan membuat wajah Anda tampak cerah. Cara mengaplikasikannya pijat bagian mata Anda secara lembut dengan minyak kelapa, lakukan secara rutin sebelum tidur.

5.  Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang dikenal sebagai pelembap kulit yang mengandung vitamin A dan vitamin E. Kedua vitamin tersebut dapat membantu mengatasi kerutan di sekitar mata. Minyak zaitun juga merupakan penangkal radikal bebas yang menjadi penyebab rusaknya struktur kulit. Caranya aplikasikan minyak zaitun pada area bawah mata dan pijat secara lembut. Setelah itu biarkan minyak zaitun meresap, melembapkan, serta meregenerasi sel kulit.

6.  Timun

Timun memiliki khasiat untuk melembapkan serta mampu mengurangi munculnya kerutan di bawah mata. Caranya pun cukup mudah, potong seperempat bagian timun dan tumbuk sampai sedikit agak kental. Lalu aplikasikan langsung pada area bawah mata Anda dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut atau Anda juga bisa mendinginkannya terlebih dahulu di dalam kulkas yang berkhasiat untuk mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

7.   Jahe & Madu

Jahe dan madu dapat menjadi bagian dari rutinitas kecantikan harian Anda. Jahe memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Serta dapat mencegah rusaknya elastin, yaitu salah satu penyebab munculnya kerutan dan garis halus di wajah. Sedangkan madu merupakan pelembap alami yang paling baik.

Jika digunakan bersama-sama, jahe dan madu dapat membantu Anda menghilangkan kerutan di bawah mata. Caranya campurkan satu sendok teh ekstrak jahe dan satu sendok teh madu ke dalam mangkuk kecil. Lalu aplikasikan pada area bawah mata dengan memijatnya secara lembut dan diamkan selama satu jam.

Walaupun kerutan di bawah mata merupakan salah satu faktor usia, namun bukan berarti kerutan tidak bisa dicegah sejak dini. Jika Anda ingin menerapkan beberapa cara di atas, disarankan untuk melakukannya secara rutin supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa gunakan skincare secara rutin dan konsumsi makanan sehat untuk membantu mencegah kerutan di bawah mata.

Jadi, sudah tahu bahan alami mana yang akan Anda gunakan? Selamat mencoba!

Baca Juga : Tips Merawat Wajah Bagi Wanita Pekerja

Sumber:
OGLF. (2018). How To Get Rid of Under Eye Wrinkles. www.oglf.org
Sio Beauty. (2018). How To Get Rid of Wrinkles Under Your Eyes. www.siobeauty.com
Honestdocs. (2019). Cara Alami Menghilangkan Kerutan di Wajah yang Terbukti Ampuh. www.honestdocs.id
Sindo News. (2018). 8 Cara Atasi Kerutan di Bawah Mata. Lifestyle.sindonews.com
Live Strong. (2018). How to Reduce Eye Wrinkles Naturally. www.livestrong.com