Cara Ampuh Haluskan Telapak Tangan Kasar dan Kering

Image : youqueen.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Telapak tangan yang kasar dan kering seringkali menjadi masalah bagi setiap orang. Tangan yang kasar dan kering biasanya disebabkan oleh beberapa sebab yaitu karena kurangnya nutrisi yang didapat kulit telapak tangan, suhu yang sering berubah-ubah dan karena aktivitas yang dilakukan.

Ada banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya adalah dengan memberikan sunscreen (tabir surya) pada telapak tangan. Kita semua tahu pentingnya memakai tabir surya, tetapi kebanyakan dari kita tidak pernah mengoleskannya di telapak tangan. Alasannya adalah, karena biasanya sunscreen / tabir surya ini berminyak dan lengket.

Maka dari itu, ikuti ragam cara ampuh berikut untuk haluskan telapak tangan kasar dan kering.

1. Gunakan Sarung Tangan Saat Membersihkan Sesuatu

Menjaga tangan Anda tetap tertutup saat memegang kotoran, lumpur, atau bahan pembersih adalah cara termudah untuk menjaga tangan Anda tetap lembut dan lembab.

Saat mencuci piring misalnya, pada saat mencuci piring, tangan kita akan terkena sabun. Sabun cuci piring bukanlah sabun yang dapat digunakan untuk mencuci tangan. Jika kulit telapak tangan Anda sensitif, tentu saja kulit Anda dapat kering dan kasar.

Saat ini di swalayan sudah banyak yang menjual sarung tangan khusus untuk membersihkan sesuatu supaya tangan kita terlindungi dari bahan-bahan kimia yang sangat tidak cocok untuk kesehatan kulit.

2. Menggunakan Body Lotion Setiap Hari

Pada umumnya, hand & body lotion mempunyai manfaat melembutkan kulit karena digunakan di seluruh bagian tangan dan kaki. Fungsi utama dari body lotion ini adalah melembabkan.

Anda tentu pernah menggunakan body lotion kan? Jika pernah, pasti Anda akan merasakan tangan Anda yang terasa lembut dari sebelumnya secara instan.

Ada baiknya juga Anda menggunakan body lotion juga saat malam hari. Jika Anda kurang menyukai tekstur body lotion yang terasa lengket, gunakan body serum yang bekerja efektif untuk melembabkan dan tanpa rasa lengket karena mudah meresap di kulit.

Baca Juga : Ketahui Perbedaan Body Serum, Body Lotion, dan Body Butter

3. Oleskan Masker Alami dari Madu dan Minyak Almond

Saat waktu senggang, lakukan perawatan kulit telapak tangan Anda dengan masker alami dari madu atau minyak almond. Campurkan madu atau minyak almond dengan perasan lemon. Anda juga bisa menambahkan kuning telur pada adonan masker tersebut.

Madu dan minyak almond merupakan pelembab alami yang sangat aman bagi kulit. Selain itu, lemon yang kaya akan vitamin C dan kuning telur yang kaya akan vitamin A juga baik untuk memberikan nutrisi pada kulit.

Jika sulit untuk mendapatkan minyak almond, Anda juga bisa menggantinya dengan minyak kelapa / coconut oil.

Baca Juga : Ketahui 7 Manfaat Vitamin C untuk Kulit

4. Hindari Air Panas untuk Mencuci Tangan Anda

Air panas dapat menyebabkan kulit telapak tangan Anda kering dan kasar karena menyebabkan pembuluh darah berkumpul di telapak tangan Anda sehingga kapiler terbuka dan lebih banyak darah mengalir ke tangan Anda, dan akan menyebabkan telapak tangan Anda kehilangan lebih banyak cairan.

Perlu diingat, bahwa mencuci tangan dengan air panas dan sabun akan memperparah kasarnya telapak tangan Anda karena akan kering. Cukup gunakan air yang cukup hangat saja untuk mencuci tangan Anda supaya hal itu tidak terjadi.

5. Gunakan Sabun dengan Kandungan Pelembab

Carilah sabun yang mengandung pelembab alami seperti lidah buaya, olive oil, alpukat atau cocoa butter. Sabun dengan vitamin E dan minyak jojoba juga dapat membantu melindungi dari kondisi kulit kering.

Pilihlah sendiri sesuai kebutuhan Anda, karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Bagaimanapun, hindari sabun yang membuat kulit Anda terasa kering.

6. Minum Banyak Air Putih

Para ahli sepakat bahwa 8 gelas per hari diperlukan manusia untuk tetap terhidrasi. Ingat, kulit Anda adalah organ dan membutuhkan air seperti organ lain agar dapat  berfungsi dengan baik.

Tanpa air, kulit Anda akan menjadi kering dan pecah-pecah. Hindari alkohol, yang membuat kulit Anda dehidrasi. Dengan menaruh botol berisi air atau segelas air di dekat ruang kerja Anda akan membantu Anda mengingat untuk minum air sepanjang hari.

Baca Juga : Cara Ampuh Hilangkan Kerutan di Bawah Mata dengan Bahan Alami

 

Sumber : 
Live Strong. How to Get Smooth & Soft Hands & Feet. livestrong.com
Ann Marie. 10 Solution for Rough, Dry, Overworked Hands. www.annmariegianni.com
Pulse. (2018). 4 Natural Ways Get Soft Palms. pulse.com
You Queen. (2012). 7 Rules to Make Your Hands Soft. youqueen.com