Kurangi Konsumsi Obat, Ini 8 Cara Alami Mengobati Vertigo

Kurangi Konsumsi Obat, Ini 8 Cara Alami Mengobati Vertigo

Penulis: Susi | Editor: Opie

Vertigo merupakan sensasi pusing dan berputar yang membuat kepala terasa sakit. Hal ini disebabkan karena otak merasa bahwa tubuh sedang tidak seimbang. Padahal, sebenarnya tidak demikian.

Biasanya, vertigo hanya terjadi sekali. Namun, dalam beberapa kasus vertigo dapat terjadi berulang sebagai gejala dari suatu penyakit tertentu. Gejala yang dapat ditimbulkan oleh vertigo antara lain, pusing, mual, muntah, melemahnya kaki dan lengan.

Sakit yang ditimbulkan oleh vertigo dapat menyulitkan Anda dalam melakukan aktivitas harian. Bahkan, hanya untuk sekedar berdiri pun rasanya akan sulit sekali. Maka, saat merasa pusing dan kaki melemah, Anda harus segera duduk untuk mengurangi kemungkinan jatuh.

Baca Juga: Gejala dan Penyebab Vertigo

Cara Alami Mengobati Vertigo

1. Terapi Maneuver Epley

Cara alami pertama yang dapat Anda coba untuk mengobati vertigo adalah melakukan terapi. Kebanyakan orang dengan gangguan vertigo menjadikan terapi manuver Epley sebagai pengobatan pertama.

Di sisi lain, penelitian juga menunjukkan bahwa melakukan terapi dengan teknik ini dapat mengobati vertigo secara efektif.  Anda dapat melakukan terapi ini 3 kali dalam sehari. Reda dari vertigo dapat Anda rasakan setelah 24 jam.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Duduklah dengan tegak di atas kasur
  • Luruskan kaki dan siapkan bantal di belakang Anda
  • Putar kepala Anda ke arah kanan hingga 45 derajat
  • Kemudian, masih dengan posisi kepala yang menoleh ke kanan, segeralah berbaring. Pastikan kepala Anda berada di atas bantal. Pertahankan posisi selama 30 detik
  • Lalu, secara perlahan putar kepala Anda ke arah kiri hingga 90 derajat tanpa mengangkat kepala. Pertahankan posisi selama 30 detik
  • Putar tubuh Anda keseluruhan ke arah kiri. Pertahankan posisi selama 30 detik
  • Selanjutnya, kembalikan tubuh dan kepala ke posisi awal dan bangun secara perlahan.

2. Mengelola Stress

Kadangkala, rasa pusing dan berputar yang ditimbulkan vertigo memberikan efek stress tersendiri. Beberapa kondisi yang menyebabkan gejala vertigo juga dapat diperburuk oleh stress.

Oleh sebab itu, mengelola stress mampu menjadi cara alternatif untuk menurunkan kemungkinan terjadinya vertigo dan tidak memperparahnya. Selain itu, mengelola tingkat stress dengan baik nyatanya penting untuk Kesehatan diri Anda secara keseluruhan.

3. Menghindari Alkohol

Menurut Asosiasi Gangguan Vestibular (VDA), mengonsumsi alkohol dapat mengubah komposisi cairan di telinga bagian dalam. Akibatnya akan mempengaruhi keseimbangan diri Anda. Di samping itu, alkohol dapat membuat tubuh dehidrasi.

Itulah sebabnya, orang yang mengalami vertigo sebaiknya menghindari konsumsi alkohol. Bahkan, lebih baik tidak meminumnya sama sekali.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Wajib Dihindari saat Vertigo

4. Menggunakan Minyak Esensial

Cara berikutnya yang patut Anda coba adalah dengan menggunakan minyak esensial. Tidak hanya memiliki aroma yang harum dan menenangkan, minyak esensial juga mampu meringankan gejala vertigo seperti, mual dan pusing.

Anda bisa menghirup uap minyak ini setelah diteteskan ke dalam air panas. Minyak ini juga bisa dioleskan ke daerah pelipis, dahi atau leher bagian belakang sebelum Anda memijatnya. Beberapa minyak esensial yang direkomendasikan untuk mengobati vertigo di antaranya, peppermint, lavender, jahe dan lemon.

5. Memperbaiki Kadar Vitamin D

Sebuah penelitian dari National Institutes of Health menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat memperburuk gejala vertigo pada Sebagian orang. Oleh karena itu, Anda dapat memperbaiki kadar vitamin D dengan memperbanyak mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D, mengonsumsi suplemen tambahan, atau mendapatkan sinar matahari pagi.

6. Mengonsumsi Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba merupakan ramuan herbal asal Cina yang telah dikenal mampu mengatasi gejala vertigo. Kandungan dalam ginkgo biloba bekerja dengan cara mengatur aliran darah ke otak untuk meredakan pusing dan masalah keseimbangan.

Dalam studi yang terdapat dalam International Journal of Otolaryngology mengemukakan bahwa penggunaan ginkgo biloba sama efektifnya dengan penggunaan obat resep terkemuka.

7. Menjaga Hidrasi dengan Minum Air Putih

Dari sekian banyak penyebab vertigo yang ada, terkadang dehidrasi menjadi salah satunya. Kegiatan yang Anda lakukan atau cuaca di lingkungan sekitar dapat menyebabkan Anda kekurangan cairan dalam tubuh.

Maka, penting bagi Anda untuk selalu memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Sebab, tubuh membutuhkan 8-12 gelas cairan per hari. Cara yang paling mudah dan hemat adalah dengan memperbanyak minum air putih.

Baca Juga: Berbagai Pilihan Obat Vertigo, Mulai Dari Obat Alami Hingga Pengobatan Medis

Sumber