Cara Alami Mengatasi Kaki Pecah-pecah

Cara Alami Mengatasi Kaki Pecah-pecah

Image: food.ndtv.com

Penulis: Dhiya | Editor: Niahappy

Apakah Anda sering merasa malu saat melepas sepatu karena kaki pecah-pecah? Hal tersebut merupakan mimpi buruk bagi sebagian orang, khususnya bagi wanita. Banyak yang melupakan untuk merawat kaki karena hanya fokus pada perawatan wajah. Padahal merawat kaki juga sangat penting untuk kecantikan dan kesehatan Anda.

Kaki yang pecah-pecah karena kering merupakan tanda Anda tidak memperhatikan kesehatan kaki. Kulit kaki yang cenderung lebih kering juga akibat dari tidak memiliki kelenjar minyak sehingga menyebabkan kulit retak. Kurangnya pelembap, polusi, dan beberapa kondisi medis seperti diabetes, tiroid, dan psoriasis menyebabkan kaki kering dan pecah-pecah. Anda bisa mengatasinya di rumah dengan menggunakan beberapa cara alami dan sederhana seperti berikut ini:

Baca Juga : Penyebab Kulit Dehidrasi!

1. Rendam dan Eksfoliasi Kaki Anda

Kulit kaki yang pecah-pecah seringkali lebih tebal dan lebih kering. Kulit ini cenderung pecah ketika Anda menekannya. Salah satu cara ampuh untuk mengatasinya adalah merendam dan mengeksfoliasi kaki Anda. Terdapat beberapa bahan yang bisa Anda gunakan seperti obat kumur dan cuka apel.

Obat kumur umumnya mengandung alkohol dan tiol yang membantu melawan jamur kuku kaki, menyembuhkan kaki retak, menenangkan kulit, dan mengobati kutil. Cuka apel memiliki asam yang ringan untuk melembutkan kulit yang kering dan mati sehingga mudah untuk dikelupas.

Caranya siapkan satu cangkir obat kumur, satu cangkir cuka apel, dan 2 gelas air. Rendam kaki Anda dalam campuran tersebut selama 15 menit. Kemudian angkat kaki Anda dan gosokan menggunakan batu apung untuk menghilangkan kulit mati. Terakhir bilas dengan air bersih dan keringkan. Lakukan setiap hari sampai kulit kaki Anda menjadi lebih baik.

2. Gunakan Pelembap

Pelembap merupakan bahan ampuh untuk semua bagian kulit, khususnya untuk kulit kaki yang pecah-pecah. Bahan alami yang berfungsi untuk melembapkan, melembutkan, dan mengelupas kulit mati ini dapat Anda temukan di drug store atau toko online. Sebaiknya oleskan pelembap atau potrelum jelly pada pagi hari untuk meningkatkan elastisitas kulit Anda.

Selain itu, gunakan dua hingga tiga kali sehari, jangan lupa juga gunakan sepatu yang melindungi tumit Anda. Tetapi beberapa pelembap dapat menyebabkan iritasi ringan dan itu normal. Anda bisa konsultasikan dengan dokter jika pelembap yang Anda gunakan menyebabkan reaksi yang berbeda. Anda juga perlu mengoleskan pelembap sebelum tidur secara rutin.

3. Madu

Madu merupakan bahan alami yang sudah tidak diragukan lagi. Memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, Anda bisa menggunakan madu untuk mengatasi kulit kaki pecah-pecah. Karena madu merupakan humektan alami yang artinya dapat menarik air dari jaringan bagian dalam ke lapisan luar kulit.

Pergeseran cairan ini menciptakan efek yang membantu kulit luar sembuh. Selain itu, madu juga memiliki sifat antimikroba dan antibakteri. Anda bisa menggunakan madu sebagai scrub kaki setelah berendam atau mengoleskannya sebagai masker kaki selama semalaman.

Baca Juga : 8 Manfaat Penting Madu bagi Kesehatan Tubuh

4. Minyak Alami

Memiliki efek yang ampuh untuk melembapkan, terdapat beberapa minyak alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi kaki pecah-pecah seperti minyak kelapa. Minyak kelapa direkomendasikan untuk kulit kering, eksim, dan psoriasis. Ini dapat membantu kulit Anda mempertahankan kelembapan. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa setelah berendam.

Selain itu, minyak sayur juga dapat mengatasi kulit kaki pecah-pecah. Kandungan lemak dalam minyak sayur terhidrogenasi menyehatkan kulit dan menyembuhkan kaki pecah-pecah. Gunakan minyak sayur pada malam hari sebelum tidur kemudian pakai kaus kaki untuk didiamkan selama semalaman. Lalu cuci kaki Anda pada pagi hari. Sebaiknya lakukan cara ini setiap hari.

Baca Juga : 8 Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan dan Kecantikan

5. Masker Pisang dan Alpukat

Pisang dan alpukat merupakan buah-buahan yang mampu melembapkan kulit Anda. Alpukat yang kaya akan minyak esensial, vitamin, dan lemak yang membantu memperbaiki kulit kering. Serta pisang yang berfunsgi sebagai pelembap dan membuat kulit Anda lebih halus.

Untuk membuat masker ini anda harus menyiapkan satu buah pisang dan setengah alpukat kemudian blender keduanya. Oleskan pasta kental tersebut pada kaki yang pecah-pecah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Terakhir cuci kaki Anda dengan air hangat. Lakukan setiap hari sampai kulit kaki Anda menjadi lembut.

 6. Oatmeal

Tidak hanya untuk sarapan, oatmeal juga bisa mengatasi kaki yang pecah-pecah. Anda bisa menggunakan satu sendok makan bubuk oatmeal dan 5 tetes minyak zaitun. Sebaiknya campurkan bubuk oatmeal dengan minyak zaitun sampai berbentuk pasta. Oleskan di bagian kulit yang pecah-pecah dan biarkan sekitar 30 menit. Lalu bilas dengan air dingin dan keringkan. Oatmeal memiliki sifat anti inflamasi dan pelembap yang membantu mengangkat sel kulit mati dan melembutkan kulit. Lakukan setiap hari sampai Anda berhasil menyingkirkan kulit kaki yang pecah-pecah.

 7. Aloe vera gel

Aloe vera gel biasanya populer banyak digunakan untuk merawat kulit wajah. Padahal aloe vera gel juga dapat mengatasi kaki yang pecah-pecah. Aloe vera gel mengandung vitamin A, C, dan E yang memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi. Anda bisa melakukannya dengan dua cara yaitu mengoleskannya pada malam hari dengan mengenakan kaus kaki atau Anda juga bisa menggunakannya untuk merendam dengan air hangat dan gosok kaki Anda dengan batu apung supaya kulit matinya hilang. Lakukan setiap malam selama 4 sampai 5 hari untuk melihat hasilnya.

Cara-cara di atas efektif untuk mengatasi kulit kaki pecah-pecah akibat kaki kering saja. Namun, bagi Anda yang mengalami kaki pecah-pecah karena kondisi medis, cara di atas tidak dianjurkan karena Anda lebih memerlukan perawatan khusus dari dokter kaki sehingga dokter dapat menyarankan perawatan terbaik untuk kasus kesehatan Anda.

Baca Juga : 4 Cara Membersihkan Wajah untuk Kulit Kering

Sumber:
Livestrong. Home Remedies for Fractured Foot Bones. www.livestrong.com
Healthline. How to Fix Cracked Heels at Home. www.healthline.com
Stylecraze. (2019). 20 Simple Home Remedies for Cracked Heels. www.stylecraze.com
Bright Side. 10 Home Remedies to Remove Cracked Heels anda Get Beautiful Feet. www.brightside.me