10 Manfaat Buat Bit untuk Kesehatan

10 Manfaat Buat Bit untuk Kesehatan

Penulis: Novi | Editor: Handa

Sebagian besar orang mengenal bit sebagai kelompok buah-buahan. Sebenarnya, bit termasuk kelompok umbi-umbian yang digolongkan ke dalam jenis sayuran. Namun, apapun sebutannya, buah berwarna ungu kemerahan ini kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Pasalnya, bit mengandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral (seperti vitamin C, folat, kalium, magnesium, sodium, dan zat besi). Lantas, apa saja manfaat dari buah bit? Simak ulasan di bawah ini.

1. Melancarkan Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan

Bit termasuk bahan makanan yang tinggi akan serat. Di dalam ilmu kesehatan, serat dikenal sebagai nutrisi yang baik untuk tubuh, terutama untuk melancarkan sistem pencernaan. Mengonsumsi bit sesuai takaran yang tepat dapat membantu Anda terhindar dari sembelit.

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, sangat disarankan untuk mengonsumsi bit. Sebab kandungan serat dan air yang tinggi dalam bit dapat membuat tubuh merasa kenyang dalam waktu lama sehingga mengurangi nafsu makanan.

Selain itu, bit termasuk bahan makanan yang rendah kalori sehingga dapat mengurangi timbunan lemak akibat kalori yang tidak terpakai sebagai bahan bakar tubuh dalam beraktivitas. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa merebus, mengukus, juga bisa dijadikan jus atau dikonsumsi secara langsung.

2. Anti Peradangan

Proses peradangan sebenarnya merupakan respon alami untuk melawan benda asing di dalam tubuh. Namun, jika peradangan berlangsung lama, kemungkinan ada dampak buruk yang terjadi pada kesehatan tubuh Anda, seperti kerusakan jaringan tubuh atau pembuluh darah.

Sala satu manfaat bit yaitu dapat menekan peradangan dan mencegah kerusakan di dalam tubuh. Selain itu, beberapa penelitian telah menemukan bahwa antioksidan yang terkandung dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, seperti kanker, jantung, dan diabetes.

3. Membantu Detoksifikasi

Proses detoksifikasi di dalam tubuh dapat dibantu ketika Anda mengonsumsi bit secara langsung. Hal ini karena kandungan betalain di dalam bit mampu merangsang fungsi hati untuk mengeluarkan racun atau mendetoksifikasi tubuh.

Racun dari luar bisa dikeluarkan dengan mudah jika buah ini dikonsumsi setiap hari. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jusa aaua diolah terlebih dahulu dengan memasukkan ke dalam masakan atau minuman.

Baca Juga : Ketahui Manfaat dan Efek Samping Air Alkali

4. Menjaga Kesehatan Mata

Selain kandungan betalain, bit memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin A ini baik untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan buah ini diketahui dapat mengurangi risiko katarak serta mampu mengurangi degenerasi makula terkait usia jika dikonsumsi secara rutin.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Mengonsumsi bit sangat baik untuk menjaga kesehatan otak. Hal tersebut disebabkan bit mengandung nitrat yang dapat memperlebar pembuluh darah dan meningkatkan aliran oksigen ke otak.

Oksigen merupakan faktor utama yang memengaruhi kerja otak. Jika kadar oksigen di otak tercukupi, maka kinerja otak pun tidak akan terhambat. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari penurunan daya ingat atau demensia.

6. Membantu Stabilitas Gula Darah

Bit mengandung kadar antioksidan atau asam alfalipoat yang baik untuk penderita diabetes. Asam alfalipoat berfungsi untuk mengurangi kandungan gula dalam darah. Selain itu, nutrisi ini mampu meningkatkan sensitivitas insulin yang dapat mengubah glukosa menjadi energi secara maksimal.

7. Menurunkan Tekanan Darah dan Menyehatkan Jantung

Mengonsumsi bit secara rutin sangat dianjurkan bagi Anda yang mengalami tekanan darah tinggi. Pasalnya, kandungan nitrat yang tinggi dalam bit dapat menurunkan tekanan darah.

Secara umum, tekanan darah tinggi diketahui sebagai faktor utama terjadinya kardiovaskuler dan gangguan jantung lainnya. Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga kestabilan tekanan darah agar terhindar dari masalah jantung.

Baca Juga : Berbagai Manfaat Daun Sirsak dan Efek Sampingnya

8. Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Bit memiliki kandungan asam folat yang tinggi, sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Asam folat memiliki manfaat yang baik untuk janin yang ada di dalam kandungan. Pasalnya nutrisi ini mampu mencegah kelahiran prematur dan mencegah cacat pada janin.

9. Meningkatkan Kinerja Fisik

Selain dapat meningkatkan aliran darah ke otak serta menurunkan tekanan darah, kandungan nitrat di dalam buah bit juga mampu untuk meningkatkan kinerja fisik. Sebab, nitrat dapat meningkatkan fungsi mitokondria dalam menghasilkan energi, sehingga energi dalam tubuh tidak mudah habis.

10. Mencegah Kanker

Selain kandungan betalain, bit mengandung betasianin yang baik untuk tubuh. Tingginya kandungan betasianin dan antioksidan di dalam bit mampu mencegah sel kanker di dalam tubuh Anda. Untuk mengonsmsinya, Anda bisa menggabungkan buah ini dengan wortel lalu dijus dan diminum setiap hari untuk mencegah leukimia.

Baca Juga : 9 Manfaat Saffron untuk Kesehatan

Sumber


Food Revolution Network. 2019. 10 Healthy Reasons to Brighten Your Meals with Beets. Foodrevolution.org  
Healthline. 2017. 9 Impressive Health Benefits of Beets. www.healthline.com  
Verywell Health. 2020. What Are the Benefits of Drinking Beet Juice?. www.verywellhealth.com  
WebMD. The Truth About Beet Juice. www.webmd.com