Berbagai Vitamin dan Suplemen untuk Otak

Berbagai Vitamin dan Suplemen untuk Otak

Penulis: Opie

Beberapa jenis vitamin dikenal dapat memperlambat atau mencegah kehilangan ingatan. Tak hanya vitamin, beberapa suplemen herbal, seperti ginkgo biloba, asam lemak omega-3 dan suplemen lainnya juga mampu meningkatkan fungsi otak Anda.

Selain dapat meningkatkan daya ingat, banyak diantaranya mampu meningkatkan motivasi, kreativitas, kewaspadaan, dan fungsi kognitif umum. Vitamin dan suplemen ini juga dapat mengurangi penurunan fungsi otak terkait usia.

Berikut adalah beberapa vitamin dan suplemen terbaik untuk meningkatkan fungsi otak Anda.

Baca Juga: 10 Makanan Alami untuk Tingkatkan Daya Ingat

1. Vitamin B12 

Kekurangan vitamin B12 umum dikaitkan dengan kehilangan ingatan, terutama pada lansia.

Vitamin ini juga dapat berperan dalam mencegah atrofi otak, yaitu hilangnya neuron di otak dan sering dikaitkan dengan kehilangan memori atau demensia.

Vitamin B12 dikenal berkontribusi pada kinerja memori yang buruk. Akibatnya, melengkapi asupan harian Anda dengan vitamin ini dapat meningkatkan daya ingat, bahkan tanpa adanya defisiensi yang didiagnosis secara klinis oleh dokter Anda.

2. Vitamin E 

Vitamin E sering disebut sebagai “vitamin kesuburan”. Beberapa studi menunjukkan bahwa kekurangan vitamin E dapat mengganggu fungsi reproduksi yang sehat. Di luar keadaan ini, vitamin E juga memiliki peran penting lainnya di seluruh tubuh, terutama di otak dan sistem saraf pusat lainnya.

Studi lain juga menunjukkan bahwa vitamin E dapat bermanfaat bagi pikiran dan ingatan pada lansia. Vitamin E dalam jumlah tinggi dapat membantu pasien dengan penyakit Alzheimer ringan hingga sedang.

3. Resveratrol

Resveratrol adalah antioksidan alami yang umumnya ditemukan pada kulit buah-buahan berwarna ungu dan merah, seperti anggur, raspberry, dan blueberry. Selain itu, resveratrol Itu juga ditemukan dalam anggur merah, coklat dan kacang.

Mengonsumsi suplemen dengan kandungan resveratrol dapat mencegah kerusakan hipokampus, yakni bagian penting dari otak yang terkait dengan memori atau daya ingat.

Dengan kata lain, rutin mengonsumsi suplemen ini bisa memperlambat penurunan fungsi otak yang Anda alami seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: 7 Makanan Terbaik untuk Perkembangan Otak Anak

4. Kafein 

Kafein meningkatkan rangsangan sistem saraf pusat, membuat Anda merasa terlalu lelah dan lebih waspada.

Kafein juga menjadi alasan utama mengapa kopi mampu meningkatkan fungsi otak. Stimulan ini memblokir adenosin, neurotransmitter penghambat di otak yang membuat Anda mengantuk.

Beberapa penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa kafein dapat membuat Anda merasa lebih berenergi, meningkatkan reaksi, daya ingat, dan fungsi otak secara umum.

Umumnya dosis tunggal, yakni sekitar 200-400 mg per hari dianggap aman dan cukup bermanfaat bagi kesehatan.

Sebaliknya, mengonsumsi terlalu banyak kafein dapat menjadi kontraproduktif dan dikaitkan dengan efek samping seperti kecemasan, mual, dan kesulitan tidur.

5. Phosphatidylserine

Phosphatidylserine dikonsumsi untuk mencegah kehilangan memori dan penurunan mental yang mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen dengan kandungan phosphatidylserine  dapat meningkatkan kekuatan otak Anda.

Orang yang mengonsumsi suplemen ini juga memiliki memori, suasana hati, dan konsentrasi jangka pendek yang lebih baik.

6. Asetil-L-Karnitin

Asetil-L-karnitin merupakan asam amino yang dihasilkan secara alami di dalam tubuh Anda. Kandungan Asetil-L-karnitin memiliki peran penting dalam metabolisme Anda, terutama dalam memproduksi energi di dalam tubuh.

Mengonsumsi suplemen asetil-L-karnitin diketahui dapat membuat Anda merasa lebih waspada, meningkatkan daya ingat, dan memperlambat kehilangan memori yang terkait dengan bertambahnya usia.

7. Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba merupakan tanaman yang sering diolah menjadi suplemen herbal. Suplemen ginkgo biloba sendiri sangat populer dan dikonsumsi banyak orang untuk meningkatkan kekuatan otak.

Beberapa penelitian mengklaim bahwa mengonsumsi suplemen ini dapat membantu mengurangi penurunan fungsi otak yang terkait dengan bertambahnya usia.

Selain itu, suplemen ini juga mampu membantu meningkatkan daya ingat dan keterampilan berpikir Anda.

8. Kreatin

Kreatin merupakan zat alami yang berperan penting dalam metabolisme energi. Kreatinin umumnya dapat ditemukan di otot dan di otak.

Selain itu, Anda juga dapat menemukannya pada beberapa makanan, seperti daging, ikan, dan telur.

Suplemen kreatin dapat meningkatkan daya ingat dan keterampilan berpikir pada orang yang tidak biasa mengonsumsi daging.

9. Kurkumin

Kurkumin yang sering ditemukan pada kunyit dikenal dengan kekuatan antioksidannya.

Sebuah studi menemukan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi kurkumin bernasib lebih baik dalam tes memori dan memiliki lebih sedikit penumpukan protein abnormal di otak mereka. Tetapi penelitian ini hanya melibatkan 40 orang, dan penelitian lain belum menemukan hasil ini, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian.

Baca Juga: Ketahui Jenis, Kegunaan, dan Efek Samping Cerebrovit

Sumber

WebMD. (2020). Brain Vitamins: Can Vitamins Boost Memory?. www.webmd.com 

Healthline. (2016). The 10 Best Nootropic Supplements to Boost Brain Power. www.healthline.com 

Healthline. (2016). Is Coffee Good For Your Brain?. www.healthline.com 

WebMD. (2019). Phosphatidylserine. www.webmd.com