Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Kudis

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Kudis

Penulis: Opie | Editor: Handa

Scabies atau kudis adalah kondisi kulit tertentu yang menimbulkan rasa gatal. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi tungau kecil yang disebut Sarcoptes scabiei. Rasa gatal yang hebat ini biasa terjadi di area tempat tungau bersarang di kulit Anda. Dorongan untuk menggaruk mungkin sangat kuat terjadi di malam hari.

Di samping itu, perlu Anda ketahui bahwa kudis adalah penyakit kulit menular dan dapat menyebar dengan cepat melalui kontak fisik yang dekat dalam sebuah keluarga, kelompok penitipan anak, kelas sekolah, panti jompo atau penjara. Karena keadaan ini, para ahli sering merekomendasikan pengobatan serentak untuk seluruh keluarga atau kelompok yang saling melakukan kontak fisik.

Penyebab Kudis

Kudis disebabkan oleh tungau yang bersembunyi di lapisan atas kulit Anda untuk hidup, mencari makan, bahkan kawin dan berkembang biak. Selanjutnya, kulit Anda akan bereaksi terhadap tungau dan kotorannya, sehingga menyebabkan ruam-ruam merah dan rasa gatal yang mengganggu.

Anda perlu mewaspadai bahwa tungau ini mudah menular dan berpindah antar manusia dari kontak kulit-ke-kulit secara langsung. Selain itu, tungau ini juga dapat menyebar melalui hal-hal, seperti:

  • Pakaian
  • Sprai
  • Benda-benda di rumah
  • Handuk
  • Bantal dan guling

Baca Juga : Penyebab Selangkangan Gatal dan Cara Ampuh Mengatasinya

Cara Mengatasi Kudis

Walaupun menular dan terdengar menyeramkan, kudis bukanlah penyakit parah yang berbahaya. Bahkan, kudis bisa juga disembuhkan dengan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Berikut ini adalah berbagai macam cara untuk mengatasi kudis yang perlu Anda pahami, yaitu:

1. Krim Permethrin 5 Persen

Krim ini dikenal ampuh serta merupakan obat yang paling lazim digunakan untuk mengatasi kudis. Obat yang aman digunakan untuk anak berusia lebih di atas 2 bulan ini juga aman digunakan untuk ibu hamil. Walaupun begitu, pengawasan dokter tetaplah Anda perlukan.

Krim topikal ini dapat membunuh tungau dan telur tungau penyebab kudis. Untuk menghilangkan semua tungau, Anda perlu mengaplikasikan krim ini dua kali (atau lebih) dengan jarak sekitar satu minggu.

2. Lotion Crotamiton 10 Persen

Selain krim permethrin 5 persen, pengobatan kudis atau scabies dapat dilakukan dengan aplikasi lotion crotamiton 10 persen. Walaupun begitu, pengobatan dengan lotion ini hanya boleh dilakukan untuk orang dewasa dan dilarang diaplikasikan pada anak-anak.

3. Tea Tree Oil

Walaupun masih membutuhkan penelitian tambahan, minyak pohon teh atau yang lebih sering disebut sebagai tea tree oil dikatakan ampuh meredakan rasa gatal yang disebabkan oleh scabies. Namun, belum ada studi yang mengklaim bahwa minyak ini mampu membunuh telur-telur tungau yang tertanam di dalam kulit.

4. Daun Mimba

Daun mimba memiliki khasiat sebagai agen anti bakteri. Itulah sebabnya daun mimba bekerja secara ajaib pada infeksi, luka bakar dan segala jenis masalah  kulit.

Mimba adalah salah satu pohon obat dengan banyak manfaat. Campuran pasta mimba dan kunyit terbukti sangat membantu mengatasi kudis. Bahkan minyak ini juga dapat membantu meredakan nyeri dan gatal yang disebabkan oleh kudis.

5. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh menjadi salah satu tanaman komoditas di Indonesia yang juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan rokok ini dikenal mampu mengatasi kudis di kulit Anda. Sebuah penelitian tunggal menunjukkan bahwa minyak cengkeh efektif dalam mengobati kudis atau scabies.

Sebagai tambahan, minyak lain yang diuji tidak memiliki performa sebaik minyak cengkeh. Namun, ini adalah kasus di mana penelitian tambahan perlu dilakukan untuk sepenuhnya menguji apakah minyak cengkeh efektif pada kudis ataupun tidak.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak khasiat, salah satunya mempercepat proses penyembuhan kudis. Oleskan gel lidah buaya segar pada kulit yang terkena kudis.

Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat yang bersih. Ulangi dua atau tiga kali sehari selama beberapa hari dan Anda akan mulai melihat perbaikan pada kondisi kulit.

7. Mencuci Pakaian dengan Air Panas

Meskipun bukan pengobatan langsung untuk infeksi, Anda sebaiknya mencuci pakaian, selimut, atau kain lain yang bersentuhan dengan pengidap kudis. Tindakan ini akan efektif menghilangkan tungau yang bersembunyi di kain dan membantu mencegahnya menyebar ke area lain di tubuh Anda atau individu lain.

Baca Juga : Kenali Jenis-Jenis Ruam Kulit dan Penyebabnya

 

Sumber

Everyday Health.Scabies Treatment and Prevention: How to Get Rid of the Rash and Human Itch Mites.www.everydayhealth.com 
Healthline.2019.Everything You Need to Know About Scabies.www.healthline.com 
Mayo Clinic.Scabies.www.mayoclinic.org 
Medical News Today.2018.What is the best way to treat scabies at home?.www.medicalnewstoday.com 
NDTV Food.2018.7 Most Effective Home Remedies for Scabies.www.food.ndtv.com