Berbagai Manfaat Lengkuas bagi Kesehatan

Berbagai Manfaat Lengkuas bagi Kesehatan

Penulis: Ericha | Editor: Ratna

Lengkuas adalah istilah luas untuk empat spesies rempah rimpang yang berbeda dari keluarga jahe, Zingiberaceae. Empat jenis utama lengkuas adalah Alpinia galanga, Alpinia officinarum, Boesenbergia rotunda, dan Kaempferia galanga.

Rimpang dari keempat tanaman ini biasa digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan Asia termasuk Tiongkok, Indonesia, Malaysia, dan Thailand, terutama dalam sup atau masakan bersantan karena menawarkan rasa yang kuat dan pedas.

Lengkuas mengandung banyak fitonutrien dan antioksidan yang bermanfaat, yang menurunkan peradangan dalam tubuh dan melawan kerusakan akibat radikal bebas untuk mencegah kanker.

Selain itu, lengkuas juga kaya serat makanan, vitamin A, dan vitamin C, yang masing-masing untuk meningkatkan pencernaan, penglihatan optimal, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Fakta Nutrisi Lengkuas

Menurut data yang diberikan oleh US Nutrition Database, berikut ini adalah nilai gizi akar lengkuas per 100 g.

  • Makronutrien: Karbohidrat 9,62 g, Serat makanan 1 g, Lemak 0,04 g, Protein 0,76 g
  • Mikronutrien: Vitamin (Tiamin (B1) 3%, Riboflavin (B2) 2%, Niasin (B3) 1%, Vitamin B6 3%, Vitamin C 73%), mineral (Besi  1%, Kalsium 5%, Magnesium 2%, Mangan 1%, Fosfor 2%, Kalium 5%, Seng 1%)

Manfaat Lengkuas

Lengkuas telah digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat untuk berbagai penyakit, berikut ini manfaatnya.

Kaya antioksidan

Lengkuas merupakan sumber yang kaya antioksidan, dan merupakan senyawa tanaman bermanfaat yang membantu melawan penyakit dan melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas yang merusak.

Lengkuas sangat kaya akan polifenol, sekelompok antioksidan yang terkait dengan manfaat kesehatan, seperti meningkatkan memori dan menurunkan gula darah dan kadar kolesterol LDL (jahat).

Potensi Antikanker

Akar lengkuas mengandung nutrisi yang kuat, terutama bioflavonoid, kelas antioksidan nabati. Ini secara signifikan mengurangi gejala kanker pankreas dan usus.

Lengkuas juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan kelebihan estrogen, hormon reproduksi perempuan yang terlibat dalam perkembangan payudara dan dengan demikian mencegah kanker payudara.

Serat makanan yang melekat dalam lengkuas menangkal kanker usus besar dan meningkatkan kesehatan usus.

Antiinflamasi

Mirip dengan kunyit dan jahe, rempah-rempah ini dikenal untuk mengurangi kondisi peradangan, termasuk rheumatoid arthritis, asam urat, sakit kepala, sindrom iritasi usus, dan masalah umum lainnya.

Meningkatkan Imunitas

Menjadi pembangkit tenaga vitamin C dan sejumlah flavonoid dan karoten, akar lengkuas adalah agen ampuh untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dalam situasi sakit.

Karena fungsi organ di bawah optimal selama sakit, mengkonsumsi masakan dengan lengkuas menanamkan vitamin C ke sel darah, yang kemudian diangkut ke organ lain untuk memulihkan tingkat fungsi puncaknya. Ini juga membantu memulihkan diri dari kelelahan.

Mengatasi Kerusakan Gusi

Kurangnya nutrisi yang tepat dari makanan dapat menyebabkan pendarahan gusi dan jaringan longgar. Hal ini terutama disebabkan karena kekurangan vitamin C.

Selain itu, lapisan epidermis yang melapisi gusi juga harus dirawat dan penipisan kolagen dapat menyebabkan kerusakan pada gusi dan gigi. Lengkuas membantu mengatasi masalah gigi.

Melawan penyakit kuning

Daun lengkuas mengandung zat yang disebut polifenol, tanin, dan quersetin, yang memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem pertahanan dan fungsi hati dalam tubuh.

Selain itu, daun lengkuas juga mengandung vitamin C dalam jumlah yang luar biasa, yang menambah fungsi pertahanan dan kapasitas antioksidan pada mereka yang menderita penyakit kuning.

Baca Juga: Penyakit Kuning pada Bayi, Apakah Kondisi Ini Berbahaya?

Mencegah Pilek dan Flu

Konsumsi lengkuas segar memperkaya sirkulasi darah dengan antioksidan kuat, yang melakukan tugas penting untuk mencegah penumpukan racun dalam sistem.

Akumulasi zat berbahaya memicu penyakit seperti pilek, alergi, asma, dan lain sebagainya di mana sistem kekebalan tubuh gagal beroperasi secara normal. Lengkuas memasok banyak vitamin C untuk meningkatkan mekanisme pertahanan bawaan tubuh dan menghindari terjadinya pilek dan flu.

Membantu Menyembuhkan Anemia

Vitamin C juga melakukan satu fungsi yang sangat vital dalam tubuh manusia yaitu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan yang dicerna.

Kekurangan jumlah zat besi menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai anemia di mana ada kekurangan sel darah merah yang cukup dalam tubuh untuk mengangkut nutrisi dan oksigen ke semua sel dan jaringan.

Lengkuas dalam makanan akan menjamin penyerapan zat besi yang cukup, dari makanan, ke dalam sistem dan meningkatkan sintesis sel darah merah dan aliran darah.

Baca Juga: Berbagai Macam Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Sumber

Drugs. (2021). Galangal. www.drugs.com

Healthline. (2019). Galangal Root: Benefits, Uses, and Side Effects. www.healthline.com

Netmeds. (2021). Galangal: Health Benefits, Nutrition, Side Effects. www.m.netmeds.com

Organic Facts. (2020). 6 Surprising Benefits Of Galangal. www.organicfacts.net