Berbagai Manfaat Daun Kale bagi Kesehatan

Image: fruithillfarm.com

Penulis: Helen | Editor: Niahappy

Tidak semua orang tahu tentang sayur kale, mungkin bagi beberapa orang, sayur tersebut tidak begitu familiar untuk beberapa orang yang ada di Indonesia. Namun, menurut beberapa penelitian sayur kale memiliki beragam manfaat yang juga penting untuk kesehatan tubuh manusia.

Sebelum membahas manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsi sayur kale, mari mengenal apa sebenarnya sayur kale tersebut. Sayur kale merupakan jenis sayuran yang berdaun hijau dan tergolong sebagai keluarga kubis, contohnya brokoli, kembang kol, dan juga sawi. 

Kale sendiri memiliki dua macam warna yaitu hijau dan juga ungu. Selain itu, kale mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A, C, D, E, B1, B2, B3, B6, B9, Magnesium, fosfor, dan juga garam. Karena memiliki banyak vitamin, tentu saja Anda akan merasakan banyak manfaat ketika Anda mengonsumsi kale. Nah, apa sajakah manfaatnya?

Baca Juga : Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari

1. Menjaga Kesehatan Mata

Sayur kale mengandung banyak vitamin A, maka salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsi sayur kale adalah kesehatan mata Anda akan terjaga. Hal ini dikarenakan kale yang memiliki berbagai jenis warna seperti hijau, putih, ungu, dan hijau kebiruan. Hal itu disebabkan oleh zat lutein yang bermanfaat untuk menjaga fungsi mata. Selain dimasak, Anda bisa merebus daun kale dan diambil sarinya sebanyak satu gelas yang mengandung vitamin A sebanyak 6.600 per hari.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Tahukah Anda bahwa ketika Anda mengonsumsi sayur kale, Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin K sebanyak 680 persen dalam satu hari. Untuk mengonsumsinya Anda bisa merebus dan tidak perlu menambahkan garam, hal ini bertujuan untuk meningkatkan nilai vitamin K sebanyak 1300 persen. Berdasarkan penelitian, ketika Anda rajin mengonsumsi sayur kale, Anda bisa terhindar dari penyakit jantung, karena vitamin K yang ada di sayur kale bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh manusia.

3. Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Karena sayur kale mengandung zat yang disebut sulforaphane, wanita yang rajin mengonsumsi sayur kale dapat terhindar dari penyakit kanker payudara. Zat tersebut merupakan zat yang berfungsi sebagai antioksidan serta simulator dari enzim detoksifikasi, yang membantu untuk menghambat bibit kanker payudara bertumbuh. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan pada tahun 2010, hasilnya sayur kale berhasil menurunkan sel kanker aktif sebanyak 65-80 persen.

4. Melancarkan Pencernaan

Dikarenakan kale sangat tinggi serat serta memiliki kadar kalori yang cukup rendah dan lemak yang tidak banyak, maka kale bisa menjadi solusi ketika Anda mengalami masalah dalam pencernaan. Meski masih ada kandungan lemak, tetapi lemak yang ada adalah asam lemak omega 3 yang biasa disebut Alpha linolenic acid.

5. Kale Sebagai Fungsi Antioksidan

Kale, seperti sayuran hijau lainnya, sangat tinggi antioksidan. Ini termasuk beta-karoten dan vitamin C, serta berbagai flavonoid dan polifenol. Antioksidan adalah zat yang membantu menangkal kerusakan oksidatif oleh radikal bebas dalam tubuh sehingga Anda bisa terhindar dari beberapa penyakit.

6. Sayur Kale Sebagai Sumber Mineral

Kale kaya akan mineral yang sangat dibutuhkan oleh beberapa orang, terutama ketika mereka habis beraktivitas yang berat. Ini adalah sumber kalsium nabati yang baik, nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan berperan dalam semua jenis fungsi seluler. Selain itu, kale juga merupakan sumber magnesium yang layak, mineral yang sangat penting yang kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup.

Makan banyak magnesium mungkin melindungi terhadap diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Kale juga mengandung sedikit kalium, mineral yang membantu menjaga gradien listrik di sel-sel tubuh. Asupan kalium yang memadai telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Nah, itulah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika Anda rajin mengonsumsi sayur kale. Jadi, jangan lupa untuk memperbanyak mengonsumsi sayur kale, ya. Selamat hidup sehat.

Baca Juga : Pengaruh Emosi terhadap Kesehatan Tubuh

Sumber:
Medicalnewstoday (2017). What are the Health Benefits of Kale? www.medicalnewstoday.com
Healthline (2018). 10 Health Benefits of Kale. www.healthline.com
Goodhousekeeping (2019). Kale is Actually One of the Healthiest Things You Can Eat. www.goodhousekeeping.com
TheDailyMeal (2017). Eating Raw Kale is Actually Really Bad for You. www.thedailymeal.com