Berbagai Manfaat dan Tips Berenang Saat Hamil

Berbagai Manfaat dan Tips Berenang Saat Hamil

Penulis: Anita | Editor: Ratna

Olahraga perlu dilakukan untuk menjaga bentuk dan kesehatan tubuh. Bahkan, ketika Anda sedang hamil, olahraga juga perlu dilakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat kehamilan dan membantu proses persalinan.

Para bumil tidak perlu pusing soal olahraga apa yang bisa dilakukan karena berenang adalah salah satu aktivitas fisik yang aman untuk dicoba oleh calon ibu. Penasaran apa saja manfaat dan tips berenang saat hamil? Cari tahu selengkapnya melalui artikel ini!

Baca Juga: Cara Mudah Belajar Berenang Untuk Orang Dewasa

Apakah Berenang Aman dilakukan Saat Kehamilan?

Ternyata berenang adalah salah satu olahraga yang aman untuk dilakukan saat kehamilan. Anda tetap bisa mempertahankan kekuatan dan ketahanan otot melalui aktivitas fisik ini.

Berenang tidak memberikan tekanan yang kuat ke persendian serta tulang dan lebih fokus ke bagian otot inti tubuh atau core muscle. Anda juga tidak perlu melakukan gerakan yang memutar perut saat sedang melakukan olahraga ini.

Para bumil juga tidak perlu khawatir dengan kandungan klorin dalam air kolam renang karena tidak ada efek yang membahayakan janin saat Anda berenang di dalamnya.

Tapi, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum berenang, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu

Manfaat Berenang Saat Hamil

Saat sedang hamil, para calon ibu tetap perlu beraktivitas fisik untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Berenang adalah salah satu olahraga yang patut Anda coba karena selain aman, terdapat berbagai manfaat berenang saat hamil, seperti:

1. Tidur Lebih Nyenyak

Para calon ibu yang kesulitan untuk beristirahat di malam hari dapat merasakan manfaat berenang saat hamil yang satu ini. Seusai berenang, Anda bisa lebih mudah terlelap dengan nyenyak.

2. Baik untuk Tulang dan Persendian

Berenang termasuk olahraga low impact atau yang tidak memberikan tekanan pada tulang dan persendian. Saat berenang, berat dan tekanan pada tubuh justru akan berkurang karena Anda bergerak di dalam air.

3. Mengurangi Bengkak di Daerah Kaki

Berendam di dalam air bisa membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi pembengkakan di tubuh bagian bawah saat sedang hamil.

4. Menguatkan Otot tubuh

Salah satu manfaat berenang saat hamil adalah meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot, khususnya pada bagian lengan dan paha. Tidak hanya itu, berenang juga bisa mengurangi kecenderungan Anda mengalami nyeri punggung dengan menguatkan otot di sekitarnya dan membantu saat proses persalinan nanti.

5. Mengurangi Morning Sickness

Beberapa calon ibu mengalami penurunan mual dan muntah saat hamil setelah melakukan olahraga renang.

6. Mengurangi Rasa Sakit

Rasa nyeri bisa terjadi saat Anda mengalami ketidaknyaman akibat kehamilan, seperti nyeri pinggang, pembengkakan, dan kenaikan berat badan. Berada dalam air bisa membantu mengurangi rasa sakit saat kehamilan.

Selain itu, Anda juga tidak akan mudah kepanasan saat sedang berenang di dalam air yang menyejukkan.

Tips Berenang Saat Hamil

Meskipun tergolong aman, calon ibu tetap harus memperhatikan beberapa hal saat sedang berenang untuk melindungi diri dan janin. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk berenang dengan aman di tengah kehamilan:

1. Lakukan Stretching

Sama seperti olahraga lainnya, Anda juga tetap perlu melakukan stretching ringan sebelum mulai berenang untuk melenturkan otot.

2. Cek Lokasi Berenang

Sebelum terjun ke dalam air, cek dulu tempat di mana Anda akan berenang. Sebaiknya lakukan olahraga berenang di tempat yang tidak berombak dan tidak terkontaminasi dengan kotoran, zat kimia, virus atau bakteri.

Selain itu, pastikan suhu air tidak terlalu panas karena air yang dengan temperatur yang tinggi dapat meningkatkan suhu tubuh dan berpotensi menimbulkan kecacatan pada janin atau bahkan keguguran, khususnya saat Anda sedang di trimester pertama.

Sementara itu, suhu air yang terlalu dingin bisa membuat tubuh mengalami syok dan berdampak pada kesehatan tubuh serta perkembangan janin. Oleh karena itu, berenanglah di air yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

3. Hati-hati Saat Melangkah

Selalu perhatikan tempat Anda berpijak, terutama jika lantai di sekitar kolam atau tempat berenang licin, berbatu-batu, atau penuh genangan air.

4. Gunakan Baju Renang Nyaman

Pastikan baju renang yang digunakan pas di tubuh dan tidak membuat Anda merasa sesak saat sedang berenang. Para bumil bisa membeli baju renang yang pas dan elastis di tubuh.

5. Oleskan Sunblock atau Sunscreen

Selalu gunakan sunblock atau sunscreen dengan setidaknya SPF 30. Sebaiknya hindari berenang di saat matahari sedang terik-teriknya, yaitu antara jam 10 pagi sampai 4 sore.

6. Gunakan Alat Bantu

Saat berenang, calon ibu juga bisa menggunakan alat bantu untuk berenang seperti pelampung ataupun papan renang untuk memudahkan aktivitas berolahraga.

7. Atur Jadwal Berenang

Untuk mencegah kecapean, para bumil bisa melakukan kegiatan berenang selama 20-30 menit sebanyak 3-5 kali per minggu. Anda juga bisa meminta bantuan pelatih renang jika baru pertama kali mencoba olahraga ini.

Sebaiknya jangan berenang sendirian agar ada orang yang bisa sigap menolong Anda jika terjadi apa-apa.

7. Jangan Lupa Minum Air

Meskipun Anda sedang berenang, Anda tetap perlu mengonsumsi air secukupnya agar tidak mengalami dehidrasi. Minumlah air setidaknya tiap 20 menit saat berolahraga, terutama ketika cuaca sedang panas atau lembab.

8. Pilih Gerakan yang Cocok

Ada banyak gaya berenang yang bisa Anda lakukan, mulai dari gaya renang bebas sampai gaya dada. Pilih gaya renang mana yang cocok dan nyaman untuk dilakukan.

9. Jaga Stamina

Setidaknya 30 menit sebelum mulai berenang, bumil harus mengonsumsi makanan terlebih dahulu untuk meningkatkan energi agar bisa berenang dengan lebih maksimal. Anda tetap memerlukan tambahan asupan energi karena sedang hamil.

10. Jangan Sampai Kelelahan

Saat sedang hamil, wajar saja Anda lebih mudah merasa lelah. Jangan paksakan diri untuk terus berenang jika Anda mulai mengalami ketidaknyamanan seperti sakit perut, nyeri pinggul, merasa kepanasan, mual, atau terdapat cairan atau darah yang keluar dari alat kelamin.

Jika Anda mengalami ketidaknyamanan seusai berenang saat sedang hamil, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Manfaat Berenang untuk Kesehatan Tubuh

Sumber

American Pregnancy Association. Exercise During Pregnancy. www.americanpregnancy.org

BabyCenter. Swimming During Pregnancy. www.babycenter.com

Harvard Health Publishing. (2019). The Importance of Stretching. www.health.harvard.edu

Healthline. (2020). What You Should Know About Swimming During Pregnancy. www.healthline.com

What to Expect. Your Guide To Swimming While Pregnant. www.whattoexpect.com