Berbagai Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Setiap Hari

Berbagai Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Setiap Hari

Penulis: Dea | Editor: Handa

Mengonsumsi makanan sehat menjadi salah satu gaya hidup penting yang perlu Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, makanan sehat terdapat beberapa kandungan gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.

Gizi-gizi tersebut bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan melindunginya dari berbagai penyakit kronis. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak menyukainya, karena rasanya yang tidak enak. Padahal masih banyak jenis makanan sehat dengan rasa yang lezat, seperti 15 jenis makanan sehat berikut ini:

1. Apel

Apel terkenal kaya akan kandungan serat, vitamin C, dan antioksidan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Fungsi antioksidan adalah untuk melawan radikal bebas, yaitu zat perusak yang dihasilkan oleh tubuh Anda dan bisa memicu kondisi kronis, seperti proses penuaan.

Sedangkan vitamin C berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan tulang rawan, tulang, gigi, serta membantu penyerapan zat besi. Serat berfungsi untuk menurunkan kolesterol dan mencegah konstipasi.

2. Alpukat

Alpukat kaya akan kandungan lemak sehat. Lemak sehat berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat. Hal ini ditunjukkan melalui sebuah tinjauan studi pada tahun 2018 yang mengatakan alpukat mampu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

HDL berperan penting untuk menghilangkan lebih banyak kolesterol jahat dari aliran darah. Kandungan gizi lainnya yang juga terkandung dalam alpukat adalah serat, vitamin C, vitamin B, vitamin K, vitamin E, dan potasium.

3. Bluberi

Bluberi kaya akan serat, antioksidan, vitamin C, dan Fitonutrisi. Fitonutrisi berperan membantu mencegah penyakit dan mempertahankan fungsi vital tubuh.

Menurut sebuah uji klinis pada tahun 2015, mengonsumsi 22 gram bluberi beku yang dikeringkan setiap hari selama 8 minggu dapat menurunkan tekanan darah yang signifikan pada para perempuan yang mengalami Hipertensi stadium 1. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dijadikan jus.

4. Stroberi

Stroberi kaya akan vitamin C, serat, dan mangan yang bermanfaat bagi tubuh. Mangan adalah sejenis trace mineral, yaitu bagian dari enzim yang membantu proses metabolisme tubuh, dan pemulihan luka. Tidak hanya itu saja, stroberi juga rendah kalori.

Baca Juga : 10 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

5. Jeruk

Jeruk dikenal sebagai sumber vitamin C tinggi. Nutrisi lainnya yang tidak kalah penting dalam jeruk adalah serat, folat, dan mangan. Folat berfungsi untuk membentuk sel darah merah dengan bantuan vitamin B12.

6. Pisang

Pisang terkenal sebagai sumber potasium terbaik. Potasium merupakan sejenis mineral makro yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan, transmisi saraf, dan kontraksi otot. Kandungan lainnya adalah vitamin B6 dan serat. Vitamin B6 sendiri berfungsi untuk membentuk sel darah merah dan meningkatkan fungsi otak.

7. Brokoli

Brokoli kaya akan serat, vitamin C, kalsium, potasium, folat, beta karoten, dan fitonutrisi. Satu porsi setengah cangkir brokoli setara dengan 85 persen kebutuhan vitamin C harian seseorang.

Berdasarkan sebuah studi pada tahun 2019, brokoli juga mengandung sulforaphane yang berfungsi sebagai anti kanker dan anti inflamasi. Brokoli juga dikenal sebagai salah satu antioksidan terbaik.

8. Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran berdaun hijau yang mengandung antioksidan tinggi. Kandungan nutrisi lainnya, yaitu serat, zat besi, vitamin A, B6, C, E, dan K, zat besi, kalsium, potasium, fosfor, mangan, dan kandungan gizi penting lainnya. Mengonsumsi lebih banyak sayuran seperti bayam dapat membantu menurunkan berat badan dan melawan kanker.

Baca Juga : 12 Cara Mencegah Buang Gas Berlebih

9. Timun

Timun adalah jenis sayuran yang memiliki kandungan air sangat tinggi. Air bermanfaat untuk mengaktifkan fungsi vital tubuh, seperti mendistribusikan nutrisi-nutrisi penting ke sel Anda. Selain itu, kandungan karbohidrat dan kalori di dalam timun sangat rendah.

10. Telur

Telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Selain protein, sejumlah nutrisi penting juga terkandung pada telur, seperti vitamin B2 dan B12. Kedua vitamin tersebut berfungsi untuk mempertahankan energi dan menghasilkan sel darah merah.

11. Salmon

Salmon adalah salah satu jenis ikan berminyak yang populer dengan rasanya yang lezat dan bergizi tinggi. Kandungan nutrisi yang banyak terkandung dalam salmon adalah asam lemak omega-3 dan protein.

Asam lemak omega-3 sangat bermanfaat bagi jantung dan otak Anda. Kandungan nutrisi lainnya yang tidak kalah penting adalah vitamin D yang bermanfaat untuk membentuk tulang.

12. Dada Ayam

Dada ayam mengandung kadar protein yang tinggi serta rendah lemak dan kalori. Protein sendiri berperan penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, seperti kulit, otot, tulang, dan rambut.

13. Oat

Oat merupakan sumber karbohidrat kompleks serta serat yang larut dalam air yang berperan membantu menstabilkan kadar glukosa darah dan memperlambat pencernaan. Oat juga kaya akan folat dan potasium yang juga bermanfaat bagi tubuh Anda.

14. Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik yaitu sejenis bakteri sehat yang hidup di dalam saluran pencernaan dan berperan menjaga kesehatan usus Anda, dengan cara mengurangi pertumbuhan bakteri berbahaya di dalam saluran pencernaan. Hal ini bermanfaat dalam menstabilkan tingkat pH dalam tubuh yang dapat meningkatkan sistem imun. Kandungan kalsium dan protein dalam yoghurt bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

15.  Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis lemak sehat yang berperan dalam mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Lemak utama yang ditemukan dalam minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acids). Lemak tak jenuh tunggal telah terbukti dapat menurunkan kolesterol dan membantu menstabilkan pembekuan darah.

Baca Juga : 9 Makanan Terbaik untuk Mengatasi Sembelit

Sumber

Harvard Health Publishing Harvard Medical School. 2018. Eat These Foods Daily (or at Least Often). www.health.harvard.edu
Healthline. 2019. 50 Foods That Are Super Healthy. www.healthline.com
Medical News Today. 2020. What Are The Most Healthful Foods? www.medicalnewstoday.com
Verywell Fit. 2020. 10 Superfoods to Eat Daily for Optimal Health. www.verywellfit.com 
Better Health Channel. Healthy Eating. www.betterhealth.vic.gov.au
Eating Well. 2020. 10 Everyday Superfoods. www.eatingwell.com
University of Michigan. 2019. Minerals: Their Functions and Sources. www.uofmhealth.org



Add Your Comment