Berbagai Macam Manfaat Daun Beluntas bagi Kesehatan

Berbagai Macam Manfaat Daun Beluntas bagi Kesehatan

Penulis: Lely | Editor: Ratna

Khasiat daun beluntas untuk kesehatan sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu, karena mengandung berbagai bahan aktif didalamnya. Daun beluntas sudah banyak digunakan sebagai obat tradisional di beberapa negara Asia Tenggara, terutama Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Dikenal dengan tanaman herbal berkhasiat tinggi, daun ini mampu mengobati berbagai penyakit kronis, sehingga tidak perlu diragukan lagi efeknya terhadap kesehatan Anda. Daun beluntas seringkali dikonsumsi dengan cara direbus atau daunnya diolah menjadi teh. Daun beluntas yang diolah menjadi ramuan herbal banyak dijual dan cukup dikenal untuk dikonsumsi sebagai minuman kesehatan.

Manfaat dan Kegunaan

Manfaat daun beluntas tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang melimpah di dalamnya. Ekstrak daun beluntas dikenal mengandung serat, kalsium, beta karoten, dan berbagai jenis antioksidan lainnya, seperti asam klorogenat, kafein, quercetin, dan flavonoid yang sangat baik untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat daun beluntas untuk kesehatan:

1. Mengontrol kadar gula darah

Daun beluntas dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya agar tetap stabil, sekaligus menghambat proses penyerapan gula, serta meningkatkan proses produksi dan fungsi hormon insulin.

Daun beluntas dianggap berpotensi dalam membantu mencegah masalah kesehatan seperti mengobati diabetes. Namun, hingga saat ini belum ada bukti tentang efektivitas daun beluntas sebagai salah satu pilihan pengobatan terhadap diabetes dan perlu diteliti lebih lanjut.

Baca Juga: Cermati Tinggi Rendahnya Kadar Gula Darah dalam Tubuh

2. Menurunkan kadar kolesterol

Daun ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Dengan kadar kolesterol LDL yang lebih rendah, Anda akan terhindar dari penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

Namun, untuk menjaga kadar kolesterol dan mencegah penyakit tersebut, Anda juga perlu menerapkan gaya hidup sehat, yaitu dengan tidak merokok, berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat, dan menjaga berat badan ideal.

3. Mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas

Daun beluntas merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak antioksidan. Berkat kandungan tersebut, tanaman ini dapat digunakan untuk melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas atau stres oksidatif.

Dengan mengurangi kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan radikal bebas, maka risiko berkembangnya berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung, juga bisa dikurangi. Anda dapat mendapatkan ekstrak daun tersebut dalam bentuk suplemen, jamu, atau teh herbal. Agar mendapatkan manfaat penuh dari daun herbal ini.

4. Mengurangi risiko kanker

Sebuah penelitian pada ekstrak daun beluntas menunjukkan bahwa kandungan dari tanaman ini memiliki sifat antikanker. Daun ini diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker ganas, seperti glioblastoma dan kanker serviks.

Namun, efektivitas ramuan ini sebagai pengobatan kanker masih perlu diteliti lebih lanjut. Saat ini, belum ada hasil penelitian yang menyebutkan tentang kejelasan akan daun beluntas terkait efek yang sama dengan obat kemoterapi untuk kanker.

5. Mempercepat proses penyembuhan luka

Daun beluntas juga memiliki kandungan sifat anti inflamasi dan antibakteri. Tak hanya itu, tanaman ini sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati nyeri. Karena khasiatnya tersebut, daun ini dianggap sebagai salah satu tanaman herbal yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain berbagai manfaat yang telah disebutkan, daun beluntas memiliki potensi lain, yaitu untuk menjaga kesehatan dan fungsi sistem pencernaan Anda, meredakan nyeri dan kram otot, serta mengatasi keputihan.

6. Untuk menghilangkan bau badan

Memiliki masalah dengan bau badan tentunya sangat mengganggu dan memalukan, dan lebih buruk terutama ketika Anda bersosialisasi dengan orang lain. Bau yang tidak sedap dapat mengganggu dan orang-orang disekitar Anda mungkin mempertanyakan kebersihan diri dan berpikir bahwa Anda tidak baik dalam merawat tubuh. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun beluntas secara teratur dapat menghilangkan bau badan yang tidak sedap.

7. Untuk mengobati keputihan

Daun beluntas yang umumnya tumbuh liar ini banyak digunakan untuk mengobati keputihan. Manfaatnya dari rebusan daun beluntas dapat menghilangkan keputihan dalam waktu yang cukup singkat, serta bermanfaat juga untuk meredakan nyeri haid.

Karena potensinya yang besar, terkait dengan berbagai manfaat daun beluntas di atas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Dan sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan efektivitas dan keamanan daun beluntas sebagai obat atau suplemen.

Baca Juga: Ketahui Berbagai Macam Manfaat Daun Kersen

Sumber

Window Of World. (2021). 5 Benefits Of Beluntas Leaves For Health. www.windowofworld.com

Steemit. (2019). The Benefits of Beluntas Plant. steemit.com

Ngawangkong.com. (2021). Knowing the Benefits of Beluntas Plants for Health. ngawangkong.com

DrHealthBenefits.com. (2021). 7 Health Benefits of Beluntas Leaves for Medical Treatment. drhealthbenefits.com