Berbagai Macam Manfaat Buah Goji Berry

Berbagai Macam Manfaat Buah Goji Berry

Penulis: Ericha | Editor: Ratna

Ditinjau oleh: dr. R.A Adaninggar Primadia Nariswari Sp.PD

Terakhir ditinjau: 12 Desember 2022

 

Buah goji berry, yang secara ilmiah dikenal sebagai Lycium barbarum atau wolfberry, fructus lycii, dan gouqizi. Ini adalah beri merah yang tumbuh pada semak cemara asli Tiongkok, Mongolia, dan Himalaya Tibet. Buah ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama lebih dari 2.000 tahun.

Rasanya manis, bisa dimakan mentah maupun dikonsumsi sebagai jus atau teh herbal. Buah ini seringkali diolah menjadi bentuk ekstrak, bubuk, dan tablet.

Semua buah beri berwarna biru tua atau merah, termasuk buah goji berry, mengandung antioksidan tingkat tinggi yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Buah ini mengandung antioksidan khusus atau Lycium barbarum polysaccharides (LPB), yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Fakta Nutrisi Goji Berry

Kandungan nutrisi goji berry sangat bervariasi tergantung pada jenis, kesegaran, dan cara pengolahannya. Kandungan nutrisi goji beri kering untuk 5 sendok makan (28g) adalah:

  • Kalori : 98
  • Lemak : 0,1 g
  • Besi: 11% dari Nilai Harian (DV)
  • Karbohidrat : 21,6g
  • Serat : 3,6 g
  • Gula : 21,8g
  • Protein : 4g
  • Vitamin A : 501% dari DV
  • Vitamin C : 15% dari DV

Mineral dan Vitamin

Goji berry juga menyediakan vitamin B, tembaga, mangan, magnesium, dan selenium. Warna oranye-merahnya akibat oleh karotenoid, termasuk zeaxanthin. Selain itu, mereka penuh dengan antioksidan kuat, termasuk karotenoid, likopen, lutein, dan polisakarida. Faktanya, polisakarida terbentuk 5-8% dari goji berry kering.

Seperti yang Anda lihat, bahkan porsi kecil buah ini mengandung serat, zat besi, dan vitamin A dan C. Zat besi adalah mineral penting yang terlibat dalam transportasi oksigen dan produksi sel darah merah yang sehat. Sementara itu, vitamin A dan C memainkan peran sentral dalam fungsi kekebalan dan bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh Anda.

Antioksidan adalah senyawa yang membantu menetralkan molekul berbahaya atau radikal bebas, berfungsi mencegah kerusakan sel.

Faktanya, suatu penelitian tabung reaksi menemukan bahwa merawat sel dengan ekstrak goji berry secara signifikan dapat meningkatkan kadar antioksidan dan mengurangi beberapa tanda-tanda stres oksidatif.

Penelitian menunjukkan bahwa menambah asupan antioksidan mengurangi peradangan dan melindungi dari kondisi kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Manfaat

Goji berry memiliki beberapa manfaat kesehatan, antara lain:

Melindungi Mata

Goji berry dapat melindungi dari penyakit mata terkait usia. Goji berry dapat membantu penglihatan karena mengandung antioksidan sehat tingkat tinggi, terutama zeaxanthin.

Antioksidan yang sama juga dapat menghentikan kerusakan dari sinar UV, radikal bebas, dan stres oksidatif.

Dalam sebuah jurnal American Academy of Optometry and Vision Science menemukan bahwa lansia yang minum jus goji berry selama 90 hari meningkatkan zeaxanthin dan tingkat antioksidan lainnya secara signifikan.

Kemudian, pada studi lain dalam jurnal Drug Design, Development and Therapy menunjukkan goji berry melindungi retina dari sel ganglion, sel yang bertanggung jawab untuk glaukoma, suatu kondisi yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Mencegah Gula Darah Tinggi

Lycium barbarum polysaccharide (LPB) diuji klinis terkontrol secara acak, LPB menunjukkan efektivitas dalam menurunkan gula darah untuk pasien diabetes. Manfaat tambahan juga diamati, seperti peningkatan HDL (kolesterol baik).

Tampaknya goji berry dapat membantu pengobatan diabetes, terutama bagi mereka yang kesulitan menjaga gula darah melalui perubahan pola makan saja. Untuk mencegah gula darah menjadi terlalu rendah, bicarakan dengan dokter Anda tentang menambahkan goji berry ke rencana pengelolaan diabetes Anda.

Baca Juga: 7 Makanan Penurun Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Memberikan Dukungan Sistem Kekebalan

Goji berry mengandung antioksidan yang sehat. Antioksidan dikenal karena kualitasnya yang meningkatkan kekebalan dan kemampuannya untuk melawan radikal bebas dan pembengkakan yang berbahaya.

Goji berry mengandung banyak vitamin A dan C, mirip dengan buah beri lainnya, termasuk blueberry dan raspberry. Vitamin A dan C sangat penting untuk membangun kekebalan dan mencegah penyakit, mulai dari flu biasa hingga kanker.

Membantu Menurunkan Risiko Kanker

Goji berry mengandung antioksidan tingkat tinggi, termasuk vitamin C, zeaxanthin, dan karotenoid, dan bertanggung jawab untuk melawan sel kanker. Antioksidan memperlambat pertumbuhan tumor, mengurangi peradangan, dan membantu menghilangkan zat berbahaya dari tubuh.

Asupan vitamin C yang cukup melalui konsumsi buah dan sayuran secara teratur berperan dalam penurunan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, payudara, esofagus, dan perut. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu menangkal radikal bebas untuk mencegah kerusakan sel.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Goji berry mengandung beta-karoten, yang merupakan fitokimia tanaman penting. Beta-karoten yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Beta-karoten adalah bahan yang digunakan dalam krim kulit untuk meningkatkan kesehatan kulit, mengurangi iritasi kulit, mengelola efek matahari, dan mengelola dampak penuaan.

Selain efek pencegahan kanker, vitamin C dalam goji berry adalah prekursor kolagen, komponen penting dari jaringan ikat. Kemampuan tubuh untuk sembuh dari cedera bergantung pada pembentukan kolagen baru.

Untuk alasan ini, asupan vitamin C dari makanan seperti goji berry sangatlah penting. Berikan tubuh Anda keuntungan untuk kulit yang sehat dengan memastikan makanan tinggi vitamin C menjadi bagian dari pola makan Anda.

Kandungan serat yang tinggi pada goji berry bisa sulit dicerna jika Anda tidak terbiasa mengonsumsi banyak serat. Tingkatkan asupan Anda secara bertahap untuk menghindari gangguan pencernaan.

Karena goji berry memiliki efek penurun gula darah, penting untuk memperhatikan obat lain yang mungkin Anda konsumsi yang menyebabkan efek yang sama untuk menghindari episode hipoglikemia (kadar gula darah rendah).

Baca Juga: Ketahui Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Tubuh

Sumber

Eco Watch. (2017). 9 Health Benefits of Goji Berries. www.ecowatch.com

Healthline. (2020). What are Goji Berries?. www.healthline.com

Medical News Today. (2018). What are the health benefits of goji berries?. www.medicalnewstoday.com

Verywell Fit. (2020). Goji Berry Nutrition Facts and Health Benefits. www.verywellfit.com