Berat Badan Naik saat Puasa? Inilah 5 Penyebabnya!

Image: bodyandsoul.com.au

Penulis: Gladiola | Editor: Niahappy

Bulan puasa biasanya seringkali dimanfaatkan sebagian orang untuk menurunkan berat karena hanya makan dua kali saat sahur dan buka puasa. Namun, tidak sedikit orang yang mengeluh berat badannya naik saat puasa.

Memang benar bahwa berpuasa yaitu, makan sedikit atau tidak ada makanan akan menghasilkan penurunan berat badan, setidaknya dalam jangka pendek. Namun, jika niat puasa Anda hanya untuk menurunkan berat badan risikonya jauh lebih besar daripada manfaatnya dan pada akhirnya puasa dapat menyebabkan berat badan Anda naik dari sebelumnya.

Sebagian besar berat badan naik selama bulan puasa karena pola makan dan aktivitas fisik yang berkurang yang berdampak pada perubahan fisiologis bagi tubuh. Berikut ini penyebab berat badan Anda naik saat puasa yang harus Anda waspadai:

Baca Juga : Inilah 8 Alasan tak Terduga Berat Badan Anda Naik

1. Makan Berlebihan Saat Berbuka

Setelah seharian menahan makan dan minum, biasanya seseorang cenderung balas dendam dengan makan sebanyak-banyak saat berbuka. Tidak hanya itu, seseorang pun seringkali tidak dapat menahan godaan untuk melahap makanan apa saja mulai dari gorengan, makanan manis, makanan berkarbohidrat tinggi, dan tinggi lemak. Hal itulah yang menyebabkan berat badan Anda justru bertambah, bahkan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit menyerang Anda.

Untuk itu, saat berbuka puasa mulailah untuk membatalkannya dengan segelas air putih lalu disusul mengonsumsi buah-buahan, salad, sup, dan takjil lainnya. Jika Anda menginginkan makanan manis atau gorengan batasi porsi Anda dan ingat tujuan Anda berpuasa. Selain menjalankan kewajiban ibadah, menjadi lebih sehat juga kewajiban diri Anda, dengan menjalankan pola makan yang lebih sehat sangat memungkinan berat badan Anda juga akan menurun.

2. Menurunnya Aktivitas Fisik

Saat sedang berpuasa tubuh Anda cenderung mudah lelah, lemas, dan letih saat melakukan aktivitas. Ketika Anda merasakan hal itu, tidak heran Anda menghabiskan waktu dengan tidur dan tidak melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Alih-alih olahraga, berjalan pun seringkali lelah.

Jika Anda mengonsumsi makanan saat sahur dan tidak melakukan aktivitas fisik, maka kalori saat Anda sahur tersebut akan mengendap di tubuh Anda, ditambah pula dengan makan berlebih saat berbuka kalori makin bertambah dan dapat meningkatkan berat badan Anda. Itu sebabnya, selama puasa Anda harus melakukan aktivitas fisik yang dapat membuat Anda selalu bergerak dan berolahraga. Puasa bukan berarti Anda harus bermalas-malasan bukan?

3. Makan Terlalu Cepat

Saat sahur, waktu Anda makan terbatas dengan itu Anda makan lebih cepat. Hal ini telah terbukti dapat meningkatkan berat badan Anda, lho. Makanan yang dikonsumsi terlalu cepat cenderung tidak halus saat Anda mengunyahnya. Hal ini akan membuat usus Anda bekerja lebih lambat dalam mencernanya. Kondisi ini menyebabkan tubuh lebih lama memberikan sinyal rasa kenyang pada otak sehingga Anda masih merasa lapar, padahal asupan makan Anda sudah cukup.

Oleh karena itu, usahakan agar Anda mengonsumsi dengan santai tidak terburu-buru dan mengonsumsi makanan yang tidak sulit dicerna, seperti buah-buahan, sup, umbi-umbian, dan sayur-sayuran.

4. Kurang Tidur

Selama berpuasa seringkali seseorang mengalami susah tidur. Kondisi itulah yang memicu orang takut tidak bangun sahur dan memilih begadang semalaman sampai waktu sahur kemudian baru tidur. Hal itu justru membahayakan tubuh Anda.

Saat Anda mengalami gangguan tidur, dapat berpengaruh terhadap hormon yang mengatur metabolisme tubuh dan kontrol nafsu makan Anda. Anda cenderung terus merasa lapar walaupun telah makan banyak. Akibatnya, Anda makan berlebih saat berbuka dan saat sahur sehingga waktu puasa Anda hanya dihabiskan untuk tidur di siang hari dan hal itulah yang menyebabkan berat Anda justru bertambah bukannya berkurang.

5. Langsung Tidur Setelah Sahur

Kebiasaan langsung tidur setelah sahur dapat menyebabkan berat badan Anda naik, lho. Kondisi ini terjadi karena langsung tidur setelah makan sahut dapat menghambat proses pencernaan dan menumpuknya kalori dan lemak. Seharusnya kalori dibakar malah dibiarkan menumpuk karena Anda langsung tidur. Hal itulah, yang menyebabkan perut Anda buncit dan berat badan Anda pun naik.

Nah, itulah beberapa penyebab berat badan Anda naik saat puasa. Mulailah biasakan pola hidup sehat dengan mengatur apa yang Anda konsumsi, porsi makan Anda, waktu tidur, dan berolahraga. Baik puasa atau tidak mengganti pola hidup sehat sangat perlu agar tidak terserang penyakit berbahaya.

Baca Juga : Faktor Lingkungan Penyebab Berat Badan Naik
Sumber:
Liputan6. 2016. 4 Penyebab Berat Badan Malah Naik Saat Puasa. www.liputan6.com
Bodyandsoul. Struggling to lose weight intermittent fasting? Here’s why. www.bodyandsoul.com.au
Lifehacker. 2019. Intermittent Fasting Is Not a Miracle Weight Loss Tool. www.lifehacker.com
Kumparan. 2018. Berat Badan Bertambah saat Puasa, Apa Penyebabnya? www.kumparan.com