Beragam Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan

Beragam Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan

Image: fitnessgrowup.com

Penulis: Dhiya | Editor: Niahappy

Apakah Anda pernah mencicipi buah plum? Buah yang umumnya berwarna ungu ini merupakan buah berair yang nikmat dan termasuk ke dalam keluarga buah persik, aprikot, dan nektarian. Plum secara luas dibagi menjadi tiga kelompok yaitu Eropa-Asia, Jepang, dan Damson. Cina merupakan negara yang memiliki banyak buah plum diikuti oleh Amerika Serikat, Serbia, dan Rumania.

Plum mengandung mineral dan merupakan sumber kalium yang sangat baik. Selain itu, buah ini juga kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Plum juga rendah kalori yang bisa menurunkan kadar gula darah Anda. Tidak hanya itu, buah plum memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti berikut ini:

Baca Juga : Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Buah plum yang kaya antioksidan bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda sehingga antioksidan mencegah oksidasi kolesterol dan mencegah penyakit jantung serta penyakit stroke. Satu buah plum segar berukuran sedang mengandung 113 miligram potasium dan mineral yang membantu mengelola tekanan darah tinggi. Selain itu, warna biru kemerahan di beberapa buah plum yang disebut anthocyanin dapat melindungi terhadap kanker dengan membersihkan radikal bebas yang berbahaya.

2. Mencegah Kanker

Buah plum telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan kanker. Kandungan epicatechin dalam plum membantu menghambat pertumbuhan dan proliferasi ganas. Plum yang juga mengandung antioksidan dan fitonutrien termasuk asma klorogenar dan neo-klorogenik memiliki efek kuratif pada sel kanker payudara, tanpa merusak sel-sel tubuh yang sehat. Tidak hanya kanker payudara, plum juga melindungi tubuh Anda terhadap rongga dan kanker mulut.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Menurut beberapa penelitian, buah plum dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Karena plum mengandung boron yang penting untuk menjaga kepadatan tulang dan menjaga kesehatan tulang. Buah yang mirip anggur ini juga kaya akan flavonoid dan senyawa fenolik yang membalikkan kehilangan tulang.

Selain mengonsumsi buah plum segar, Anda juga bisa mengonsumsi buah plum kering yang memberikan tindakan anabolik dan anti-resorptif yang membantu menjaga kesehatan tulang. Polifenol dan kalium yang ada dalam plum kering akan mendorong pembentukan tulang dan mencegah keropos tulang yang disebabkan oleh kekurangan hormon ovarium.

4. Menurunkan Kolesterol

Plum segar atau plum kering membantu mencegah hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia. Para peneliti telah membuktikan bahwa buah plum dapat mempertahankan kadar plasma dan kolesterol hati yang sehat. Kandungan serat yang terkandung di dalam buah plum juga menambah efek perlindungan jantung dengan mengurangi LDL atau kolesterol jahat dan membantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

5. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat selanjutnya dari buah plum adalah memperlambat perkembangan alzheimer karena kaya antioksidan. Selain itu, kandungan anthocyanin dan quercetin bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel otak. Jika Anda makan tiga hingga empat buah plum sehari dapat membantu menetralkan radikal bebas perusak sel yang mempengaruhi daya ingat Anda.

Penelitian juga telah menunjukan bahwa flavonoid  yang ada dalam buah plum efektif dalam memberikan perlindungan terhadap gangguan kognitif yang berkaitan dengan usia. Serta fitonutrien yang ada dalam buah plum juga membantu mengurangi peradangan di area neurologis untuk meningkatkan fungsi belajar dan memori otak.

6. Menurunkan Berat Badan

Buah plum kering bermanfaat untuk menurunkan berat badan atau mengurangi obesitas. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi buah plum membantu memerangi sindrom metabolik karena adanya senyawa bioaktif. Flavonoid dan komponen fenolik seperti antosianin, asam klorogenat, kuersetin, dan katekin memberikan efek anti-obesitas dan anti-inflamasi pada sel termasuk sel-sel lemak.

Telah disimpulkan bahwa mengonsumsi buah plum kering sebagai bagian dari diet pengontrol berat badan yang dapat mempercepat proses penurunan berat badan. Hal ini dibuktikan oleh 100 orang yang mengalami obesitas dan dibagi menjadi dua kelompok. Yang satu makan buah plum setiap hari sedangkan kelompok yang lain tidak. Selama 12 minggu, mereka mengonsumsi plum dan berhasil menghilangkan berat badan sebanyak 2 kilogram. Namun, jika Anda benar-benar ingin menurunkan badan tetap harus dibarengi diet sehat dan berolahraga Ya!

Baca Juga : 8 Camilan Sehat bagi Anda yang Sedang Diet

7. Nutrisi untuk Ibu Hamil

Nutrisionis merekomenadasikan untuk mengonsumsi setidaknya 2 -3 sajian buah plum organik seminggu sekali selama hamil. Banyaknya vitamin dan mineral dalam buah plum sangat penting untuk penglihatan mata, perkembangan tulang dan jaringan, serta kesehatan sel untuk ibu dan bayi yang sedang dikandung. Memasukkan buah plum dalam makanan Anda juga dapat memerangi berbagai infeksi dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

8. Meningkatkan Sistem Imun

Buah plum bermanfaat untuk memperkuat kekebalan tubuh karena adanya kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin tersebut meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan peradangan. Penelitian telah menunjukkan bahwa plum memiliki konstituen imunostimulan yang mendorong produksi oksida nitrat dalam tubuh, menghambat metastasis sel tumor, dan bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit. Selain itu, makan buah plum juga mencegah flu.

Setelah mengetahui beberapa manfaat buah plum, apakah Anda mulai tertarik untuk mengonsumsi buah yang satu ini? Jika Anda ingin membelinya, carilah buah plum yang segar dengan warna yang baik dan memiliki sedikit keputihan. Karena itu merupakan tanda bahwa buah tersebut belum ditangani secara berlebihan. Plum yang matang ditandai dengan tekstur buah yang lembut dan beraroma manis. Simpan dalam suhu ruangan yang normal dan pastikan buah plum Anda tidak membusuk.

Baca Juga :Tips Ampuk Kurangi Makan Makanan Tidak Sehat

Sumber:
Plumwood Inn. (2017). Health Benefits of Plum: 10 Reasons to Eat More Plums. www.plumwoodinn.com
Organic Facts. (2019). 21 Benefits of Plums. www.organicfacts.net
Best Health. 5 Health Benefits of Eating Plums. www.besthealthmag.ca
Real Food For Life. (2019). 10 Health Benefits of Plums and Crazy Facts. www.realfoodforlife.com
Natural Food Series. (2018). 13 Amazing Health Benefits of Plums. www.naturalfoodseries.com