Bahaya Penumpukan Karang Gigi

Bahaya Penumpukan Karang Gigi

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Kesehatan mulut Anda memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari Anda, seperti kesehatan Anda secara keseluruhan dan kepercayaan diri Anda. Setiap orang harus melindungi gigi dan gusi dari kerusakan. Memerangi penumpukan plak adalah salah satu hal sederhana dan sangat penting yang dapat Anda lakukan. 

Apa itu Plak dan Karang Gigi?

Plak gigi adalah lapisan yang terbuat dari bakteri dan produk sampingannya yang menutupi permukaan struktur di mulut.  Plak diproduksi ketika bakteri di mulut Anda berinteraksi dengan makanan yang Anda makan. Plak mungkin bening, atau bisa berwarna kuning pucat. Jika plak menetap pada gigi cukup lama, itu mengeras menjadi karang gigi, dan karang gigi tidak mungkin dihilangkan dengan sikat gigi biasa.

Bahaya Karang Gigi

Karang gigi berbahaya karena merupakan dasar dari apa yang menyebabkan dua penyakit mulut utama:

1. Kerusakan gigi

Bakteri memfermentasi sukrosa untuk membentuk asam yang melarutkan mineral email, sehingga menghasilkan plak yang juga menjadi asam. Asam tersebut akan melemahkan enamel gigi. Jika keasaman berlanjut cukup lama, akhirnya akan membuat lubang kecil di gigi. 

Dokter gigi bisa saja mengisi rongga tersebut untuk mencegahnya menjadi lebih buruk. Namun, jika rongga tetap tidak terawat, dan plak serta karang gigi terus menyerang gigi, kerusakan dapat mencapai titik di mana perawatan gigi menjadi lebih besar. Begitu bakteri masuk ke permukaan bagian dalam gigi, berpotensi merusak saraf dan menyebabkan rasa sakit dan sensitivitas gigi, nyeri, dan mungkin infeksi. Bahkan gigi bisa patah karena berlubang.

2. Penyakit gusi

Ketika plak dan karang gigi menumpuk di sepanjang garis gusi, itu bisa menyebabkan jaringan gusi menjadi meradang. Jenis peradangan ini dikenal sebagai gingivitis, tahap pertama penyakit gusi. Jika tidak diobati, radang gusi kemungkinan besar akan berkembang menjadi periodontitis, bentuk lanjutan dari penyakit gusi. Periodontitis juga dapat menyebabkan gigi tanggal. 

Bakteri jahat juga dapat masuk ke aliran darah melalui gusi dan berpotensi masuk ke arteri jantung, meningkatkan kemungkinan dan potensi penyakit jantung yang lebih parah.

3. Cara mengatasi plak

Untuk menjaga agar plak terkendali, sikat dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride setiap hari. Bisa juga menambahkan untuk memakai obat kumur antimikroba untuk mengurangi bakteri di mulut Anda. Bersihkan gigi Anda secara benar dan teratur.

Konsultasi dengan dokter gigi jika Anda memerlukan jadwal pemeriksaan gigi rutin. Cari tahu apakah Anda mungkin memerlukan lapisan pelindung atau sealant yang diaplikasikan pada permukaan gigi yang mengunyah di bagian belakang mulut tempat kerusakan gigi biasanya sering dimulai.

Baca Juga: Cara Mencegah dan Mengatai Karang Gigi

Sumber

Great Impression Dental. 2019. PLAQUE ATTACK! THE DANGERS OF PLAQUE BUILDUP ON YOUR TEETH. www.greatimpressiondental.com

Green Valley Dental. 2019. Dental plaque – why it’s harmful and how to avoid it. www.greenvalleydental.com.au

WebMD. 2020. Dangers of Plaque & Gingivitis to Your Health. www.webmd.com



Add Your Comment