9 Bahan Herbal untuk Redakan Nyeri Sendi dan Rematik

9 Bahan Herbal untuk Redakan Nyeri Sendi dan Rematik

Penulis: Ossy | Editor: Opie

Radang sendi dapat disebabkan berbagai macam sebab. Misalnya, rheumatoid arthritis (RA) atau osteoarthritis (OA).

Peradangan pada sendi tentulah mengakibatkan rasa sakit atau nyeri. Untuk menguranginya Anda dapat mencoba obat tradisional atau ramuan herbal berikut.

Namun, sebelum mencobanya, Anda sebaiknya tidak meminumnya bersamaan atau berdekatan dengan obat-obatan tertentu untuk menghindari reaksi obat.

Berkonsultasi dengan dokter mengenai penggunaan herbal tertentu pun disarankan. Nah, berikut beberapa tumbuhan herbal yang bisa dijadikan pertolongan pertama saat merasakan nyeri pada sendi.

Baca Juga: Pilihan Perawatan atau Pengobatan untuk Nyeri Sendi

1. Teh Hijau 

Anda dapat mencoba teh hijau yang memiliki kandungan antioksidan dan dapat mengurangi peradangan. Meminum teh hijau tanpa gula juga lebih menyehatkan ketimbang Anda meminum soda atau minuman manis lain.

2. Kayu Putih (Eucalyptus)

Minyak kayu putih mungkin sudah tidak asing kita dengar. Daun kayu putih diketahui mengandung tanin yang dapat meredakan nyeri sendi dan mengurangi pembengkakan.

Terlebih, efek hangat yang diberikan minyak kayu putih dapat memaksimalkan efek penyembuhan. Anda dapat membalurkan minyak kayu putih pada are yang mengalami peradangan.

3. Chamomile (Matricaria chamomilla )

Sejak dahulu, bunga kering dari tanaman chamomile digunakan sebagai pereda nyeri termasuk mengobati nyeri karena rematik. Chamomile mengandung beberapa senyawa fenolik seperti apigenin, quercetin, patuletin, luteolin, dan glukosida.

Senyawa tersebut memiliki peran sebagai anti-inflamasi. Berdasarkan penelitian, Anda disarankan mengonsumsi 6 g teh chamomile per hari untuk mengurangi gejala peradangan.

Baca Juga: Pilihan Obat Nyeri Sendi di Apotek

4. Kunyit

Sejak dulu kunyit memang dikenal memiliki senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang bagus untuk mengurangi peradangan. Anda dapat meminum jamu kunyit asam, membuat teh kunyit dan jahe, atau mencampurkan kunyit dalam makanan.

5. Kayu Manis

Tak hanya sebagai bumbu dapur, kayu manis juga memiliki senyawa antioksidan yang dapat melawan masuknya radikal bebas. Kayu manis juga menurunkan kadar gula darah dan kolestrol.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi 500 mg kapsul kayu manis  setiap hari dalam 8 minggu secara signifikan mengurangi peradangan, nyeri dan pembengkakakan pada wanita dengan rematik.

Tak hanya kapsul, Anda dapat menambahkan kayu manis dalam olahan makanan, atau mencampur ke dalam minuman.

6. Jahe

Kita sering menggunakan jahe untuk memasak. Ternyata, jahe memiliki kandungan yang bersifat antiinflamasi dan meredakan nyeri pada sendi. Berikut beberapa cara mengonsumsi yang bisa dicoba:

  • Membuat teh jahe
  • Wedang jahe
  • Tambahkan jahe pada masakan Anda

7. Bawang Putih

Tak hanya bumbu dapur yang menyedapkan masakan, bawang putih juga dapat meringankan nyeri rematik Anda. bawang putih mengandung dialil disulfida, senyawa anti-inflamasi yang dapat menurunkan gejala nyeri dan peradangan.

Karenanya, selain sebagai penyedap, menambahkan bawang putih pada masakan juga dapat mengurangi nyeri sendi.

8. Lada Hitam 

Bumbu penyedap satu ini memiliki memiliki efek antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan gastro-protektif. Efek tersebut dapat meredakan peradangan dan nyeri pada sendi.

Anda dapat menambahkan lada hitam pada masakan agar tak hanya nikmat, tetapi juga kaya manfaat bagi persendian.

9. Lidah Buaya

Tumbuhan ini dikenal memiliki sifat yang dapat menyembuhkan luka, lecet, maupun nyeri sendi. Anda dapat mengoleskan salep yang mengandung lidah buaya untuk mengurangi nyeri. Suplemen lidah buaya, atau es lidah buaya dapat Anda coba.

Menambahkan bumbu sebagai penyedap masakan atau meminum ramuan herbal seperti jamu kunyit asam atau teh jahe biasanya aman dan tidak memiliki efek samping selama tidak berlebihan. Namun, jika dalam bentuk suplemen, Anda perlu berkonsultasi ke dokter terkait efek samping jika dibarengi dengan obat yang Anda minum.

Baca Juga: Penyebab Nyeri Sendi dan Gejalanya

Sumber

Everyday health. (2019). 13 Herbs and Spices for Rheumatoid Arthritis Symptom Relief. www.everydayhealth.com

Healtline. (2020). 9 Herbs to Fight Arthritis Pain. www.healthline.com

Lindler, B. N., Long, K. E., Taylor, N. A., & Lei, W. (2020). Use of Herbal Medications for Treatment of Osteoarthritis and Rheumatoid Arthritis. Medicines (Basel, Switzerland), 7(11), 67. pubmed.ncbi.nlm.nih.gov

Medical news today. (2019). The best herbs for joint pain. www.medicalnewstoday.com