Cara Alami Atasi Pusing dan Mual

Image: Newshealthadvisor.com

Penulis: Niahappy

Saat kepala Anda pusing seringkali dibarengi rasa mual hal itu bisa terjadi karena berbagai faktor. Pusing dan mual bisa terjadi karena siklus menstruasi yang semakin dekat, mabuk perjalanan, gejala kehamilan bahkan masalah kesehatan serius seperti Diabetes hingga Liver.  

Gejala yang muncul terlalu sering tidak selalu menunjukkan masalah kesehatan yang serius. Namun, Anda tetap harus waspada ketika alami pusing dan mual. Untuk mengatasi gejala tersebut Anda bisa lakukan beberapa cara untuk mengurangi rasa pusing dan mual. Berikut tips atasi pusing dan mual:

Baca Juga: 11 Tanda Awal Deteksi Kehamilan Sedini Mungkin

1. Latihan Pernapasan Dalam-Dalam

Menarik napas dalam-dalam dari diafragma bisa mengaktifkan sistem saraf parasimpatis. Hal ini membantu menenangkan pikiran yang mungkin terjadi saat Anda merasa sakit.

Hal pertama yang dilakukan adalah ambil napas dalam-dalam dengan menghirup udara melalui hidung dan masuk ke paru-paru. Lalu, buang napas perlahan melalui mulut atau hidung. Ulangi beberapa kali untuk membantu menenangkan perut dan pikiran Anda.

2. Melakukan Akupresur

Akupresur adalah obat tradisional dari Tiongkok yang cukup populer di bidang kesehatan. Anda hanya butuh kurang lebih 30 detik dengan memijat pergelangan tangan.

Caranya, tekan pada bagian dalam pergelangan tangan menggunakan jari telunjuk dan tengah. Letaknya di tengah-tengah, lalu pijat dan tekan secara perlahan. Cara ini sering digunakan ahli terapi akupuntur dan akupresur untuk membantu mengurangi pusing dan mual.

3. Perbanyak Air Putih

Tidak perlu diragukan lagi khasiat meminum air putih bagi kesehatan tubuh. Saat Anda merasakan mual hingga muntah sangat penting untuk minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi. Untuk itu Anda perlu perbanyak minum air putih untuk membantu kerja sistem pencernaan, mengeluarkan kotoran dan racun dalam tubuh serta meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh.

4. Mengoleskan Minyak Esensial.

Mengoles minyak esensial seperti minyak kayu putih dan minyak rosemary pada bagian perut, leher dan dada dapat mengurangi rasa mual serta pusing. Penelitian menemukan bahwa mengoleskan minyak kayu putih dapat memberikan efek relaksasi pada otot dan pikiran sehingga dapat membantu meredakan sakit kepala.

Ada sejumlah cara untuk menggunakan minyak tersebut. Anda bisa memijat di pelipis atau dahi secara perlahan atau dengan menghirupnya dalam-dalam agar perasaan dan pikiran Anda terasa lebih rileks.

5. Mengonsumsi Jahe

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman herbal yang satu ini. Jahe cukup populer di Indonesia sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah kesehatan salah satunya perut mual dan maag. Tidak hanya itu lho, jahe juga bisa membantu menetralkan asam lambung yang berlebih. Nah, bagi Anda yang sering alami mual jahe pun bisa menjadi obatnya. Namun, jangan dikonsumsi secara berlebihan ya!

6. Konsumsi Vitamin

Mengonsumsi vitamin C dan E dapat membantu Anda meredakan pusing serta mual. Jika Anda sering mengalami vertigo Anda bisa mengonsumsi vitamin C yang bisa ditemui dari sebagian besar buah-buahan dan sayuran, seperti jeruk, stoberi, lemon, brokoli, cabai dan paprika.

Nah, selain itu dengan mengonsumsi vitamin E dapat menjaga elastisitas pembuluh darah serta dapat membantu mencegah masalah sirkulasi darah pada tubuh Anda. Vitamin E bisa Anda temukan pada buah kiwi, kacang-kacangan dan sayur bayam.

Baca Juga: 6 Makanan Penyebab Perut Kembung

Sumber:
Mayoclinic. Diseases Conditions Dizziness. www.mayoclinic.org
Healthline. Treatment for Dizziness. www.Heathline.com
TribunJabar. (2018). Khasiat Menakjubkan Jahe Atasi Berbagai Penyakit. www.jabar.tribunnews.
Healthline. (2017). Stop Vomiting and Nausea: Remedies, Tips, and More. www.healthline.com
Kompas. (2016). 4 Terapi Tradisional Redakan Mual. www.lifestyle.kompas.com