Atasi Diare Secara Alami di Rumah

Atasi Diare Secara Alami di Rumah

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Tidak diragukan lagi bahwa sakit perut disertai diare sangat mengganggu dan dengan mudah merusak aktivitas harian. Semua orang yang mengalami diare pasti ingin segera sembuh. Jika sedang tidak punya obat diare, ikuti langkah alami berikut untuk mengatasi diare secara alami. Langkah ini juga bisa jadi penunjang jika Anda sudah mengonsumsi obat diare, supaya lebih cepat sembuh.

1. Minum probiotik

Probiotik adalah bakteri sehat yang mendukung sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi probiotik dapat meredakan diare dengan cepat. Selain itu, probiotik dapat membantu mencegah diare yang disebabkan oleh antibiotik. 

2. Minum oralit

Larutan rehidrasi oral (Oral Rehydration Solutions (ORS) adalah campuran garam, air, dan glukosa. Minuman ini tidak menghentikan diare tetapi membantu menyeimbangkan kembali kadar natrium dan air tubuh, sehingga meningkatkan fungsi pencernaan. Cara membuat dan menggunakan: Campur ½ sendok teh garam dan 6 sendok teh gula dalam 1 L air dan konsumsi.

3. Minum banyak air putih

Konsumsi 8–10 gelas air putih setiap hari, untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Diare dapat menyebabkan dehidrasi, yang mengharuskan penderita untuk minum banyak air untuk menghindari dehidrasi.

Bayi yang mengalami diare harus diberi sedikit air di antara pemberian susu formula atau makanan padat, tetapi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter, karena air mungkin tidak disarankan pada usia bayi tertentu.

4. Minum jahe hangat

Jahe berpotensi untuk mengobati diare. Jahe menghangatkan perut dan mampu mengatasi masalah sistem pencernaan. Ia juga memiliki sifat anti-inflamasi, analgesik, dan antibakteri yang membantu proses penyembuhan diare dan sakit perut. 

Antioksidannya memiliki efek positif pada kesehatan perut secara keseluruhan. Minum air jahe hangat dapat membantu merehidrasi tubuh Anda dan mengisi kembali cairan yang hilang selama diare.

5. Minum teh chamomile

Teh chamomile adalah teh herbal yang terbuat dari bunga chamomile yang dimasukan ke dalam air panas. Teh ini terkenal karena efeknya yang menenangkan dan dapat membantu meredakan sakit perut. Teh ini mengandung yang membantu menghilangkan parasit dan patogen berbahaya yang menjadi penyebab diare.

6. Konsumsi pisang

Mengonsumsi buah pisang sangat baik saat Anda mengalami diare. Pisang juga tinggi kalium, salah satu mineral penting yang perlu Anda isi kembali agar tidak dehidrasi.

7. Makan sup hangat

Saat Anda mengalami diare, Anda kehilangan cairan dan mineral lain yang menjaga keseimbangan hidrasi dalam tubuh Anda. Sup berbahan dasar kaldu membantu menggantikan nutrisi dan cairan untuk mencegah dehidrasi. Cobalah sup dengan bahan dasar kaldu ayam atau daging sapi.

8. Menyesuaikan pola makan

Diare menyebabkan peningkatan pergerakan usus yang dapat menyebabkan dehidrasi, kekurangan nutrisi dan elektrolit. Pola makan yang tepat berguna untuk mengatasi kondisi tersebut. 

Asupan kalori ditingkatkan secara bertahap, hingga naik 200-300 Kkal. Namun, gula berlebih harus dihindari untuk mencegah efek fermentatif yang dapat memperburuk kondisi diare. Makanan rendah serat juga membantu melawan diare atau memperlambat kerja pencernaan. Orang yang terkena diare tidak boleh kelaparan karena justru membuat kondisinya semakin parah. 

Baca Juga:5 Pilihan Obat Diare yang Bisa Anda Beli di Apotek

 

Sumber

Emedihealth. 2020. Diarrhea: Home Remedies, Self-Care, and Prevention. www.emedihealth.com

HealthLine. 2018. Can Ginger Treat Diarrhea?. www.healthline.com

HealthGrades. 2019. 7 Foods to Relieve Diarrhea. www.healthgrades.com

Lybrate. 2020. Diet Chart For Diarrhoea Patients. www.lybrate.com