Apa Pentingnya Mengetahui Tingkat Kolesterol Normal?

Apa Pentingnya Mengetahui Tingkat Kolesterol Normal?

Penulis: Fajar | Editor: Umi

Kadar kolesterol tinggi merupakan ancaman bagi kesehatan tubuh Anda. Namun, bukan berarti kolesterol tidak dibutuhkan tubuh.

Tubuh manusia membutuhkan kolesterol untuk memperlancar fungsi-fungsi penting dalam tubuh. Jadi, pada dasarnya seseorang harus memiliki kolesterol pada taraf yang pas.

Lalu, apa pentingnya mengetahui tingkat kolesterol normal? Simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga : Hati-Hati, Stres Bisa Sebabkan Kolesterol Tinggi

Definisi Kolesterol

Kolesterol merupakan senyawa lilin atau sejenis lemak yang terdapat pada tubuh manusia yang membantu kinerja sejumlah proses dalam tubuh manusia.

Kolesterol diproduksi hati secara alami, dan dibutuhkan untuk pembentukan membran sel, sejumlah hormon, serta vitamin D dalam tubuh.

Kolesterol tidak mampu larut dalam cairan, sehingga senyawa tersebut tidak bisa serta merta diangkut oleh darah. Kolesterol diangkut oleh lipoprotein yang dihasilkan oleh hati.

Lipoprotein sendiri merupakan partikel yang terbentuk dari lemak serta protein, dan menjadi wadah pembawa kolesterol saat mengalir melalui darah. Lipoprotein bisa memiliki densitas rendah atau LDL, bisa juga berdensitas tinggi atau HDL.

Kolesterol Jahat dan Kolesterol Baik

LDL sering disebut sebagai kolesterol jahat. Dalam LDL, kandungan kolesterol lebih besar daripada protein, sehingga memiliki bobot yang lebih ringan.

Dalam proses oksidasi, kolesterol jahat dapat meradang sehingga menumpuk pada dinding-dinding organ tubuh seperti jantung. Plak tebal tersebut berisiko tinggi menghambat aliran darah, yang mengakibatkan sejumlah gangguan medis pada tubuh.

Sementara itu, HDL kerap disebut kolesterol baik. Dalam HDL, kandungan protein lebih tinggi daripada kandungan kolesterol. Memiliki kadar HDL tinggi dalam tubuh mampu menekan risiko penyakit yang berkaitan dengan jantung.

Baca Juga : Apa Bedanya? LDL (Kolesterol Jahat) Vs HDL (Kolesterol Baik)

Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi terjadi ketika darah seseorang mengangkut terlalu banyak kolesterol LDL, atau kolesterol yang diangkut oleh lipoprotein dengan densitas rendah.

Kondisi kolesterol tinggi dapat membawa seseorang menghadapi sejumlah masalah kesehatan, di antaranya stroke atau serangan jantung.

Kolesterol tinggi pada dasarnya tidak memiliki alarm atau gejala. Maka dari itu, penting untuk seseorang bisa sadar sejauh mana tingkat kolesterol dalam tubuh.

Cek Kadar Kolesterol

American Heart Association menyarankan seseorang di atas usia 20 tahun untuk mengecek tingkat kolesterol 4 tahun sekali. Jika Anda memiliki riwayat kolesterol tinggi, sebaiknya pengecekan dilakukan lebih sering.

Dokter atau petugas medis menggunakan panel lipid untuk mengukur kadar kolesterol dalam tubuh seseorang. Melalui metode tersebut, akan terbaca kadar LDL dan HDL dalam tubuh.

Kondisi kadar kolesterol normal adalah ketika LDL tidak melebihi batas atas, dan HDL tidak melewati batas bawah atau terlalu rendah. Penting untuk terus memantau kadar kolesterol dalam diri Anda.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mencatat kadar normal kolesterol sebagai berikut:

  • Kolesterol LDL di bawah 100 mg / dL
  • Kolesterol HDL di atas 60 mg / dL
  • Trigliserida di bawah 150 mg / dL

Karena kolesterol tinggi merupakan kondisi tanpa gejala, maka dari itu mengecek kadar kolesterol menjadi hal yang amat penting, tapi sering diabaikan. Cek kadar kolesterol dilakukan dengan pengecekan darah oleh dokter atau tenaga medis lainnya. Biasanya, kondisi kolesterol tinggi ditandai dengan tekanan darah yang tinggi pada seseorang.

Baca Juga : Perbedaan Antara Kolesterol dan Trigliserida

Penyakit yang Disebabkan Kolesterol Tinggi

Sejumlah penyakit amat bisa dipicu dengan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh, atau besarnya kadar LDL. Kondisi tersebut dapat membawa Anda pada risiko mengidap sejumlah penyakit, di antaranya:

Tips Menjaga Kada Kolesterol

Terdapat sejumlah tips untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Berikut di antaranya:

  • Perhatikan jumlah asupan lemak jenuh, lemak trans, dan gula buatan dalam konsumsi harian Anda. Jika bisa mengukur, pastikan jumlah lemak jenuh dan gula buatan tidak lebih dari 10 persen total kalori yang masuk ke tubuh Anda.
  • Ganti makanan dengan yang mengandung lemak tak jenuh, seperti mengganti minyak dengan minyak zaitun. Hal tersebut juga bisa dilakukan dengan menghindari bagian lemak saat mengonsumsi daging.
  • Hindari makanan ringan olahan. Ganti kebiasaan ngemil makanan olahan dengan mengonsumsi kacang-kacangan atau biji-bijian alami.
  • Olahraga. Aktivitas tubuh dapat membantu Anda mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Berhenti merokok. Berhenti dari kebiasaan merokok dapat membuat kinerja jantung dan pembuluh darah Anda lebih baik. Hal tersebut dapat membantu Anda mengontrol kolesterol dalam tubuh.
  • Jaga berat badan Anda untuk menunjang keseimbangan kolesterol dalam tubuh dan menghindari Anda dari sejumlah penyakit.

Itulah fakta-fakta dan penjabaran mengenai pentingnya mengetahui tingkat kolesterol normal. Periksa kadar kolesterol secara rutin dan ubah gaya hidup Anda agar kolesterol tidak diam-diam membunuh Anda.

Baca Juga : Simvastatin untuk Menurunkan Kolesterol dalam Darah

 

Sumber

American Heart Association. 2020. What Your Cholesterol Levels Mean. www.heart.org
Centers for Disease Control and Prevention. Cholesterol. www.cdc.gov
Genesis Medical Associates. 2015. More Than A Number: The Importance Of Knowing Your Cholesterol Levels. www.genesismedical.org
Healthline. 2020. Everything You Need to Know About High Cholesterol. www.healthline.com
Mayo Clinic. 2020. Top 5 lifestyle changes to improve your cholesterol. www.mayoclinic.org
Verywell Health. 2019. Why Some Cholesterol Does Your Body Good. www.verywellhealth.com