9 Penyebab Lidah Berwarna Putih

9 Penyebab Lidah Berwarna Putih

Penulis: Opie | Editor: Handa

Lidah dikenal sebagai indera perasa yang juga merupakan organ pendukung artikulasi seseorang ketika sedang berbicara. Tugas lain dari lidah adalah membantu proses mengunyah dan menelan. Lidah yang sehat adalah lidah yang bebas dari hal-hal kurang nyaman, seperti rasa sakit, rasa tersengat, terbakar, bengkak, atau mati rasa, serta lembab dengan permukaan kasar dan berwarna merah muda.

Untuk itu, ketika mendapati lidah Anda berwarna putih keabu-abuan, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan. Pasalnya, lidah berwarna putih biasanya disebabkan oleh bakteri, sisa-sisa makanan dan gula, serta sel-sel mati yang terperangkap di antara papila yang terdapat di permukaan lidah Anda. Berikut ini beberapa kondisi lain yang menyebabkan lidah berwarna putih:

1. Mulut Kering

Tidak menghasilkan air liur yang cukup dapat menyebabkan mulut Anda kering dan meningkatkan pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Kondisi ini memunculkan lapisan putih yang tidak nyaman pada lidah Anda.

Untuk itu, minumlah air putih secukupnya agar Anda tidak mengalami dehidrasi yang berujung pada mulut kering. Selain itu, cobalah menggunakan obat kumur yang khusus untuk memerangi gejala mulut kering pada rutinitas perawatan mulut Anda.

2. Kandidiasis Mulut

Kandidiasis mulut merupakan infeksi di mulut dan disebabkan oleh jamur candida. Meskipun candida sangat lazim ditemukan di dalam mulut Anda, hal ini menjadi masalah ketika jamur ini tumbuh terlalu banyak. Untuk mengobatinya, dokter biasanya akan meresepkan obat, seperti nistatin, ampoterisin B, atau ketokonazol.

3. Diabetes yang Tidak Terdiagnosis

Lidah berwarna putih terkadang juga dapat mengindikasi bahwa Anda memiliki diabetes. Pasalnya, lidah berwarna putih sering dihubungkan dengan infeksi tertentu.

Penderita diabetes cenderung memiliki waktu yang lebih lama untuk memulihkan diri dari infeksi tersebut. Jika menemukan keadaan dimana lidah Anda berwarna putih yang sulit sembuh, sebaiknya Anda melakukan sesi konsultasi kepada dokter.

Baca Juga : Cegah Diabetes dengan Batasi Konsumsi Gula

4. Kekurangan Nutrisi

Asupan nutrisi yang cukup dan tepat sangat penting untuk tubuh Anda secara keseluruhan. Terlalu banyak atau terlalu sedikit mengonsumsi vitamin dan mineral juga dapat menyebabkan kondisi tertentu pada tubuh Anda, salah satunya menyebabkan lidah  Anda berubah warna menjadi putih.

Pada kasus ini, Anda kemungkinan telah mengembangkan candida, yakni jenis infeksi jamur mulut. Untuk mengatasinya, Anda memerlukan obat infeksi jamur di mulut serta melakukan konsultasi dengan ahli guna mencari tahu nutrisi apa yang Anda butuhkan.

5. Kelainan Autoimun

Faktor lain mengapa candida merajalela di tubuh dan muncul di mulut Anda adalah karena gangguan autoimun. Anda mungkin akan menghubungkan penyakit autoimun dengan HIV/AIDS, tetapi ada juga beberapa gangguan autoimun lain yang dapat menyebabkan masalah ini.

Sindrom lupus dan sjogren adalah dua kelainan autoimun yang paling sering dikaitkan dengan lidah putih dan mulut kering. Kedua penyakit ini tidak dapat disepelekan karena bisa mengancam jiwa penderitanya.

6. Sifilis

Sifilis atau raja singa adalah infeksi bakteri dan infeksi menular seksual (IMS), yang ditandai dengan banyak gejala, salah satunya lidah berwarna putih. Tanpa penanganan yang cepat dan tepat, penyakit ini dapat merusak organ otak, jantung, dan beberapa organ lain.

7. Lidah Geografis

Jika Anda menemukan keadaan di mana terdapat bercak putih yang berbentuk menyerupai kepulauan di lidah, ada kemungkinan Anda terkena lidah geografis. Lidah geografis merupakan keadaan yang terjadi saat kulit lidah mengalami pertumbuhan kembali.

Beberapa bagian lidah tumbuh dengan cepat, namun bagian lainnya lebih lama tumbuh. Keadaan ini terkadang menyebabkan lidah Anda mengalami infeksi.

Dilansir dari e-Jurnal Pustaka Kesehatan, tahun 2018, peradangan yang terjadi di lidah ini bersifat jinak dan tidak memiliki kecenderungan berubah menjadi ganas. Lebih dari itu, lidah geografis bukanlah suatu keadaan yang menular.

Baca Juga : 9 Tips Mengatasi Bibir Pecah-pecah Saat Puasa

8. Leukoplakia

Leukoplakia adalah kondisi umum yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih sel-sel pada lapisan mulut Anda. Sel-sel ini bergabung dengan protein keratin (ditemukan di rambut Anda). Kondisi ini menyebabkan munculnya bercak putih pada pipi bagian dalam, area gusi, dan juga lidah Anda.

Pada banyak kasus, seorang peminum dan perokok lebih beresiko mengidap leukoplakia dibandingkan mereka yang tidak memiliki kebiasaan tersebut. Walaupun begitu, terkadang tidak ada penyebab yang jelas mengapa seseorang terkena leukoplakia.

Penyakit ini bukanlah penyakit yang mematikan, namun dalam beberapa kasus, leukoplakia dapat berubah menjadi kanker mulut setelah bertahun-tahun atau bahkan beberapa dekade setelah pertama kali muncul. Oleh sebab  itu, Anda tetap harus menjaga pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rajin berolahraga, serta hindari merokok.

9. Oral Lichen Planus (OLP)

OLP adalah kondisi inflamasi mulut kronis jangka panjang yang disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan tubuh dan ancaman mikroskopis lain yang Anda alami.

Berdasarkan Indonesian Journal of Dentistry tahun 2009, OLP cukup umum terjadi dan diidap oleh sekitar 1-2 persen populasi, serta lebih sering mengenai wanita dibandingkan pria. Penyakit yang biasanya terjadi pada seseorang dengan usia 30 hingga 60 tahun ini bukanlah penyakit menular, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir.

Jika Anda memiliki lidah berwarna putih yang tidak biasa untuk jangka waktu yang lebih lama dari biasanya, ada baiknya periksakan diri Anda ke dokter. Lidah berwarna putih terkadang memang bukan masalah yang besar, tetapi keadaan ini mungkin sebagai tanda tentang kesehatan Anda.

Baca Juga : Mulut Sering Terasa Pahit? Ketahui 9 Penyebabnya

Sumber


Cleveland Clinic.White Tongue.www.my.clevelandclinic.org
Cres.Why Is My Tongue White?.www.crest.com 
National Health Portal India. Tongue Diagnosis.www.nhp.gov.in 
The Joint Chiropractic.What a White Tongue May be Saying About Your Health – 1st Week. www.thejoint.com 
Tarigan, R.N. and Setyawati, T., 2009. Tantangan dalam Perawatan Oral Lichen Planus pada Pasien Diabetes Melitus (Laporan Kasus). Journal of Dentistry Indonesia, 16(1), pp.8-17.www.researchgate.net 
 



Add Your Comment